Main, main dan main

Ini hasil jalan-jalan di hari Sabtu (270107), dan motifnya yaitu untuk lebih mencintai Semarang lagi. Kalau mungkin tempat tersebut sudah tidak asing lagi, aku hanya ingin memberitahu yang masih asing saja. Wonderia terletak di Jln. Sriwijaya, akses dari Simpang Lima yaitu ke arah Jln. Pahlawan, kemudian di traffic-lamp pertama, belok kiri. Wonderia terletak di sebelah kanan jalan dengan tampak muka yaitu arena parkir yang cukup luas dan ditanami pohon perdu yang saat ini masih belia.

Wonderia itu DuFan a la Semarang. Kalau dipertimbangkan, di Semarang memang perlu dibuat sebuah tempat hiburan untuk anak-anak, agar mereka tidak melulu bermain NFS-Underground, CS, atau Warcraft. Dan salah satu tempatnya di Wonderia, yang letaknya strategis di pusat kota, walaupun keberadaannya sedikit tidak tepat, karena bersebelahan dengan Taman Budaya Raden Saleh (TBRS), yang dilihat dari namanya jelas kalaupun ada pertunjukan juga pertunjukan wayang dan sejenisnya. Hanya wacana saja, ketika di TBRS diadakan pagelaran wayang, dari Wonderia menyainginya dengan konser dangdut ala tempat hiburan yang meriah. Meski sama-sama tempat hiburan, mereka beda zaman. Seperti kawan-kawan dengan simbah atau buyutnya, meski hidup berdampingan, tetap saja suatu saat akan terjadi beda pandangan dan akhirnya eyel-eyelan.

Balik ke Wonderia, HTM ke tempat ini Rp 5.000 untuk masuknya saja, untuk tiket free-ride semua wahana tanpa harus membeli koin lagi, HTM-nya Rp 30.000. Untuk koin sendiri digunakan untuk bisa bermain di wahana dengan jenis koin yang berbeda di tiap wahananya. Koin bisa dibeli di Wonder Booth yang tersebar di arena. Koin tersebut terdiri dari 3 jenis, yaitu : Koin logam harga Rp 3.000, koin putih harga Rp 4.000, dan koin biru harga Rp 5.000. Wahana yang ada di sana ada boom boom cars (mobil berbemper karet), ada ghost house (semacam wahana misteri), fire brigade (semacam kendaraan pemadam kebakaran yang bergerak seperti roda kereta api), ada kincir (semacam odong-odong), ada minicoaster (semacam roller-coaster tapi mini), ada balon udara yang melayang di atas, yang wajib pasti ada kuda-kudaan muter, ada juga jenis gajah dan ikan, selain itu juga ada rockin’tug (kapal montang-manting), ada mandi bola juga, ada juga wonderzone (arena ketangkasan indoor seperti di mall-mall), dan beberapa mainan ketangkasan outdoor semacam jungkat-jungkit dan prosotan.

Di sisi belakang area Wonderia, ada open stage, yaitu panggung hiburan untuk acara-acara dengan penonton festival yang dilengkapi dengan alat-alat musik beserta sound-system yang selalu mendendangkan lagu-lagu meriah.

Sebelum open stage, ada hall utama yang dimungkinkan untuk pagelaran. Hall tersebut dikelilingi railway untuk MRT (Mono Rail Train) mini. Ternyata Semarang sudah punya MRT….

Wonderia buka 13 – 14 jam sehari 7 hari seminggu, Hari Minggu – Jumat/hari besar pukul 09.00 – 22.00, dan hari Sabtu pukul 09.00 – 23.00.

Mungkin ini hanya referensi saja, kalau sudah merasa bosan dengan tempat hiburan semacam pub atau cafe, sekali-kalilah mencoba Wonderia. Untuk teman-teman yang bingung cari tempat nge-date sama pacar baru, cobalah Wonderia. Jadikan momen itu tak terlupakan…. Untuk yang sedang patah hati karena putus cinta, bisa jadi Wonderia solusinya. Kalau malu ke sana sendiri, pinjamlah anak tetangga, dan pergilah ke Wonderia. Kalau tak tahu malu, ya sudah, datang sendiri saja….

19 thoughts on “Main, main dan main

  1. Fany says:

    gengsi sih enggak, Dey.. tapi males kalo hari wiken atau libur, mesti rame banget..
    dulu kan pada mo ke sana gak jadi.

    yuk kapan2 kopdar di sana, tapi jgn pas wiken/libur ya 😀

  2. Yogie says:

    aheuhauehauhea….
    Wonderia, pernah jadi tempatku mencari nafkah pas jamane band-band-nan R&B + Top40….
    hehehhee…..

  3. sapi says:

    wonderia ki bukannya puanas banget to?
    lha wong kemarin dulu ponakan saya ndak mau kok diajak ke wunderia…. heheheh 😀

  4. ika says:

    waaaa walaupun aku masih di kawasan ungaran yang notabene deket dgn smg,,tapi aku lom pernah ke wonderia,,emang rencananya bulan depan mau maen ke wonderia kalo pas gak lembur,,heheheh,,,murah juga masuknya tak kirain mahal lowh,,aku rencananya mau bawa adekna temenku soale aku malu kalo kesana sendirian,,hihihi umurku khan tidak muda lagee…(23 taun..;p)

  5. ari says:

    Gimana orang yg diluar semarang mau menyukai semarang, kl orang semarang-nya aja berasa ilfeel????

  6. esgeha says:

    wonderia tuh tempat ter bt disemarang.Karena disana tempat gebetanku kerja,sekaligus tempat dia nemuin tambatan hati.Yang sayangnya itu bukab aku..hik..hik..hik…Makanya aku terus berdoa agar warga semarang diberi kebosanan terhadap wonderia.Biar wonderia tutup aja…………

  7. pengagum says:

    wonderia permainannya ada yg berbahaya banyak kejadian yg membuat aku takut:x:x:oo->~o)[-x;)):)]:-$

  8. K-trox says:

    :):(:d:”>:((:d/:x8-|/:):o:-?:-“:-&#119;;)[-(:)>-#:-s(~~)**==*-:)o:-)3:-o:(|):)):-??:-ss< ):)<:-p=:)>:d< @};-[-o<^:)^#-o:-@:-@:>:-< :-:*:-&:-$:)]8-}8-x8->(:|(*)(%)%-(%%-$-):-b:-j:-l:p:-s:-c:-h:-t:|:o):@):^o;));;)=((=))=d>=p~>-)>:)>:/>:p@-)b-(b-)|-)l-)o-+o->o=>x([-x~:>~o)~X(=;

  9. bowo says:

    Salam..kenal buat semua wong semarang….aku bangga ternyata semarang punya tempat hiburan yg tak kalah menarik dengan ancol..walaupun aku sudah 18th tinggalin semarang, tapi buatku kota semarang memang kota yg menyenangkan…nanti kalau pulang aku coba sempetin datang ke Wonderia sambil mengenang masa lalu…
    salam juga buat alumnus SMA Diponegero..angkt Th 1989-1990. terima kasih.

  10. bowo says:

    Salam..kenal buat semua wong semarang….aku bangga ternyata semarang punya tempat hiburan yg tak kalah menarik dengan ancol..walaupun aku sudah 18th tinggalin semarang, tapi buatku kota semarang memang kota yg menyenangkan…nanti kalau pulang aku coba sempetin datang ke Wonderia sambil mengenang masa lalu…
    salam juga buat alumnus SMA Diponegero..angkt Th 1989-1990. terima kasih. :d/:)[-x

  11. Areef Mulder says:

    Haluw semarang….

    Saya Areef dari bandung…
    Saya punya sodara di semarang jadi aga tau dikit2 semarang…

    Kebetulan saya punya Event Organizer di bandung…saya tertarik buat bikin rame semarang…kira2 ada yang tertarik ga buat join sama kita di sini bikin sesuatu yang aneh di sana…Di bandung mulai crowded uy….Saya juga sekarang lagi berusaha bikin suatu wahana hiburan yang baru di semarang…doain aja…biar kita bisa bikin semarang SERU…ok..

  12. mr. j says:

    kurang nya perawatan dan pengamanan terhadap wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata di wonderia ,dikarenakan banyaknya alat permainan yang sudah tidak layak di gunakan .kurang nya pangawasan oleh departemen terkait terhadap obyek wisata wonderia dan kurang nya pemasaran produk produk wisata.

    .mahasiswa stiepari semarang

  13. iin says:

    Aku cinta kotaku semarang, hari ini ku buka bbrp site ttg kotaku tercinta semarang untuk melepas kerinduan….oh…semarang…mengapa sampai saat ini tak ada geliat pmbangunan wahana wisata dikotaku,miskiinnn….bangett…mengapa mo main heboh aja harus ke JKT (Dufan ancol dll..)tertinggal pula sama malang (bukankah bandungan juga bisa..?). Sementara kotaku masi jalan kayak kura2. MM…kebetulan aku sering berpindah tugas kerja, Jayapura sj sudah membangun PTC / Ancolnya Papua lha kok SMG ketinggalan yachhh…Baru aja aku baca ada water blaster di SMG lumayan walo masi harus banyak tempat lagi yg dibangun supaya penduduknya gak ngacir pigi keluar hanya karna KURANG TEMPAT HIBURAN. Semoga pemerintahnya gak korupsi terust…spy semarangku gak jalan di tempat. Ayoo…majulah kota tercintaku…jd jika ku pulang nanti aku bs bangga padamu..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *