No Comment?! No Problem

Banyak orang memulai karir blognya dari nol, tanpa teman, tanpa link bahkan tanpa komen satu pun di blog nya. Kondisi seperti ini bagi sebagian orang akan terasa berat terutama bagi yang bermotivasi mencari kenalan di dunia maya.

Biasanya komentar menjadi patokan tersendiri bagi pembuat blog untuk menilai kesuksekan blognya. Bila melihat blog mereka sepi komentar maka biasanya mereka akan segera melakukan perubahan. Buat mereka yang pantang menyerah mereka akan berusaha untuk memperbaiki kualitas tulisan sampai mempermak habis tampilan situs blognya, misalnya dengan membuat banner, menambahkan shoutbox, RSS, Trackback dan tool-tool lain untuk keperluan blogging.
Tetapi bagi mereka yang putus asa, pada akhirnya mereka akan memutuskan untuk ‘bunuh diri‘ bersama blognya karena sepinya tanggapan dari blogger lain. Hal ini seringkali menimpa blogger-blogger pemula yang bingung harus berbuat apa untuk mengembangkan blognya.

Buat mereka yang memutuskan ‘bunuh diri’, sebelum kamu ‘mati bersama blogmu’ ada sedikit pesan dari saya… Jangan Menyerah! Kalau alasan kamu nge-blog sekarang gak sukses masih banyak alasan lain yang bisa kamu pake buat nge-blog. Jangan jadikan komentar dari orang lain tujuan utamamu dalam ngeblog.
Kalau mo bikin blog, buat blog yang mencerminkan diri kamu sendiri… niscaya kamu akan enjoy menjalaninya. Anggap blog mu sebagai sebuah buku entah itu buku catatan, buku memasak, buku perjalanan hidup, buku menggambar dsb.

Tetapi jangan lantas kamu terkucil dalam blog mu sendiri. Syarat utama menjadi seorang blogger adalah narsis. Karena itu terus promosikan blog mu ke orang lain, baik dengan memberi komentar atau sekedar ‘say Hello’ di Shout Box. Ikuti banyak komunitas blogger, jangan cuma satu, jadi kamu akan mendapat lebih banyak orang yang bisa kamu ajak interaksi dan kunjungi.

29 thoughts on “No Comment?! No Problem

  1. adi says:

    hmmmm…dulu saya hampir putus asa walaupun tidak berniat ‘bunuh diri’ 😛 *jadi pengen ‘idupin’ blog yg lama

  2. ikan koi says:

    Benar apa kata avante, aku contohnya, jarang ada para bloger yang berkunjung ke blogku, tapi aku sedikitpun tak pernah berhenti untuk terus ngeblog, malah aku semakin menggila dalam ngeblog. kenapa bisa begitu ? aku ngeblog tak pernah sedikitpun terbesit niat hanya biar bisa dikenal ato tulisan blogku di baca orang, aku ngeblog tujuan utamaku adalah ingin menyalurkan bakat terpendam menulisku, walaupun tulisanku tidak bermutu. dan yang paling penting adalah menyalurkan uneg-uneg yang ada dalam pikiranku. Jadi masa bodoh blogku dibaca orang ato tidak, aku akan terus nulis di blog. pepatah bilang ‘biar anjing mengoggong kafilah tetap berlalu’ benar ga.

  3. Yogie says:

    Ya saya?
    *ke summon pepatah-nya ikan koi*

    Hmm…
    kalo menulis, ya nulis aja.. nggak usah berharap tulisannya dibaca. Kalo tulisannya nggak dibaca, berarti belum layak dibaca dan harus berusaha lagi agar tulisannya layak dibaca.

    heheheh….

  4. tukang komen says:

    kalo ingin banyak dikomentari, bikin postingan yang SENSASIONAL dan BOMBASTIS!!

    dijamin banyak yang komen tuh..

    semakin populer suatu blog, harus menerima konsekuensi sbg seleblog. misal, di-SPAM,

    so, jadi terkenal atau tidak di dunia blog, ada untung dan ruginya masing-masing..

    jadi silakan memilih.. 🙂

  5. say says:

    bunuh diri itu apa to…? hiks… aku gak tau je…????

    aku juga selalu berharap poostingan diblogku selalu dicomentari. tapi gimana ya… aku sendiri sekarang jarang poost. aku malah jadi binggung mereka mo coment apa ya…???

  6. prast says:

    makacih ama resepnya, tapi, gara gara punya blog di wordpress. tu blog nggak bisa diapa-apain selain nulis thok. ga bisa ditambah shoutbox dll. kalau pengen harus mbayar. capek deh. ada nggak yang mo kasih tutorial wordpress. ato kasih cara nambah script di wordpress. bye

  7. jhiban says:

    mbok kayak aku ini lhoo…29 taon hidup nge-blog gak pernah berharap di comment, soyo rak payu soyo lucu+nggilani 😀 “rak payu itu indah”

  8. Fany says:

    aku cuma ikutan 1 komunitas blogger ini loh.. 😉 eh blogfam ikut jg tp gak aktip sama sekale.

    yg penting sih kita & blog kita bisa berinteraksi dengan makhluk2 blogsphere.. 😉

    Selaen masukan dr blogger2 oke di komen2 di postinganku itu, mau nambahin aja dikit
    – bikin layout yang simple tapi menarik, jangan norak2, kecuali kl blognya memang isinya sengaja diisi hal norak.. ;)) bikin yg rapi, karena enak dipandangnya 🙂
    – anggap saja nulis = bicara. jadi harus bisa ‘berkomunikasi’ lewat tulisan.

    – gak usah majang foto diri gedhe2 di blog kecuali kalo loe cantik/ganteng, kalo gak ya pengunjung bakalan merinding…hiiii…. *eh kok nglantur.. * eh tp bener, foto bannerku aja skrg tak perkecil :-“

  9. dendi says:

    fany :
    – gak usah majang foto diri gedhe2 di blog kecuali kalo loe cantik/ganteng, kalo gak ya pengunjung bakalan merinding…hiiii….

    *tersinggung*

  10. Indah says:

    Karena itu terus promosikan blog mu ke orang lain, baik dengan memberi komentar atau sekedar ’say Hello’ di Shout Box.

    ==> Ngikutin saran di atas makanya mo ikutan berkomentar di sini dhee, hahaha.. :p Anyway.. setuju dhe soal bagian yg bilang kalo yg penting tuh kita enjoy dlm ‘menjalankan’ blog kitaa.. soal komen anggap aja sbg ‘bonus’ tambahan 😀

    Salam kenal yaa 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *