Karena Loenpia Lebih Enak Dimakan Bersama!

Kenapa Saya Ngeblog ?

11

 

Blogging

“ Apa itu blogger ? ”
Yup, pertanyaan seperti itu sudah cukup sering saya dengar, dilontarkan oleh orang-orang di sekitar saya. Sebagian mereka tahu kalau saya blogger dan sebagian mereka yang tidak mengerti kemudian bertanya apa itu blogger dan blog. Akhirnya saya kembali harus mengulang-ngulang definisi dasar tentang blog dan blogger sampai kadang-kadang sudah seperti sebuah jawaban otomatis yang keluar dari mesin.

“ Kenapa jadi blogger ? “
Nah, itu pertanyaan yang lain. Pertanyaan yang hanya diucapkan beberapa orang yang benar-benar ingin tahu apa itu blog dan blogger. Tidak semua yang bertanya tentang definisi blog dan blogger kemudian bertanya kenapa jadi blogger, hanya mereka yang benar-benar ingin tahu tentang blog dan blogger saja yang melanjutkan dengan pertanyaan seperti itu. Dan untuk menjawab pertanyaan itu saya juga tidak bisa secara otomatis menjawab, perlu berpikir sejenak untuk mencari jawaban yang tepat.

Kenapa jadi blogger ? Kenapa ya ? Untuk menjawabnya saya butuh kembali ke waktu-waktu yang sudah lama lewat.

Dari kecil saya senang menulis. Dulu saya sampai punya buku kecil yang saya anggap sebagai diari. Di buku itu saya sering sekali menuliskan catatan-catatan kecil tentang perasaan, pegalaman atau apa yang saya pikirkan. Saya juga suka menulis cerpen meski tidak ada satupun yang selesai 100%

Dari dulu juga saya selalu bermimpi tulisan saya dimuat di sebuah majalan atau surat kabar. Saya membayangkan tentu rasanya menyenangkan bila tulisan saya bisa dinikmati orang banyak. Tapi, agar tulisan kita bisa dinikmati oleh orang banyak tentu bukan hal mudah. Tidak sembarang majalah atau Koran yang mau memuat tulisan kita. Apalagi menerbitkan buku ? Jauhh sodara-sodara !!

Jaman sekarang ada yang namanya internet. Segala macam turunannya kemudian berkembang pesat, hingga kemudian lahir yang namanya layanan blog. Anda tidak perlu repot-repot untuk mengirim tulisan ke majalah atau Koran agar tulisan kita bisa dibaca orang banyak. Cukup membuat blog, promosikan dan tarada !! tulisan anda akan dibaca orang banyak.

i love blogging

Saya membuat blog dan kemudian merasa kebutuhan dan keinginan agar tulisan saya dibaca orang banyak bisa terpenuhi. Tak perlu repot-repot mengirim ke majalah atau surat kabar dan tak perlu kuatir akan menghadapi penolakan dari redaksi. Blog itu punya kita, terserah kita mau diapakan.

Lewat blog saya juga menemukan beberapa teman yang luar biasa. Lewat blog pula saya akhirnya bisa terhisap masuk ke dalam pusaran beberapa komunitas yang bisa saya nikmati. Komunitas yang rasanya memenuhi kebutuhan alamiah saya untuk dimengerti dan berbagi. Saya bisa menemukan beberapa orang yang bisa saya ajak diskusi, bisa saya tempati belajar dan bisa berbagi banyak hal. Lewat blog juga saya menemukan orang-orang yang mungkin sama anehnya dengan saya.

Saya mengisi blog saya dengan apa saja yang singgah di pikiran saya. Saya tidak peduli 100% tentang berapa banyak orang yang mampir ke blog saya dan membaca apa yang saya tulis. Saya hanya peduli dengan apa yang saya rasakan dan apa yang ingin saya tulis, meski tentu saja di waktu luang saya juga menyempatkan diri untuk bersosialisasi dengan blogger lainnya, untuk memenuhi kebutuhan lain dalam diri saya. Perlahan saya juga belajar banyak untuk meningkatkan kemampuan menulis saya, saya tidak mau stuck dengan kemampuan yang itu-itu saja, saya ingin memperbaiki diri. Blog tidak sepenuhnya membuat saya egois, saya juga merasa perlu untuk membuat orang lain senang, orang lain yang datang menghampiri blog saya.

“ Manusia boleh pandai setinggi langit, tapi kalau dia tidak menulis dia akan hilang ditelan waktu”, kira-kira seperti itu kata-kata yang saya baca dari Pramoedya. Saya bukan orang yang pintarnya setinggi langit, setinggi plafond saja mungkin tidak, jadi kalau saya tidak menulis niscaya saya akan dengan cepat hilang ditelan masa. Saya tertantang untuk menuliskan sesuatu, mencatatkan sesuatu dan membuat monumen yang bisa dibaca siapa saja sampai kapan saja.

Saya mencintai blog saya, saya memperhatikan dan merawatnya lebih daripada saya memperhatikan dan merawat akun saya di facebook. Blog sudah berhasil memenuhi beberapa kebutuhan mental saya, blog membuat saya menemukan beberapa keajaiban yang menyenangkan. Blog mempertemukan saya dengan banyak orang yang luar biasa, orang yang bisa saya anggap sebagai guru dan teman. Dan karenanya saya merasa bahagia sudah memilih menjadi blogger. Jawaban yang cukup panjang untuk sebuah pertanyaan yang pendek bukan ?

Bagaimana dengan anda ? kenapa anda jadi blogger ?

11 Comments
  1. danie says

    saya juga suka nulis meskipun berantakan.

  2. lowo says

    saya jadi blogger karena alibi.. 😀

  3. didut says

    saya jadi blogger karena sering ditraktir makanan enak ^^

  4. Hari Mulya says

    kehabisan tiket Jalan Sehat Spektakuler nih, ada yang bisa bantu ga?

  5. johan_ali says

    ana ni newbie di blogging, yg buat ana pengin bikin blog, ya agan-agan yg terhormat smua, karena postingan2 yg menurut ana fresh smua

  6. syafi says

    makasih ya bang…… ikut2 gabung he……….

  7. DC says

    memperkenalkan ideology saya …

  8. sigit.priyanto says

    boleh masuk anggota ngak

  9. Alfi Kozawa says

    Blog menurutku adalah Empire atau kerajaan di mana kita adalah raja yang menguasai. Kantor, di mana kita yang memanage dan memaintainnya ato istilahnya kitalah manajernya..
    Salam dari Newbie in WP

  10. putRey says

    saya jadi blogger untuk menjaga supaya otak tetap aktif mengingat keseharian sebagai ibu rumah tangga kadang terlalu menggoda untuk ‘meninggalkan’ hobi menulis dan membaca saya 🙂

  11. havik martoyo says

    ok kang saya suka baca tulisannya..sekarang tolong bantu saya yang sedang kesulitan buat blog…saya sudah ikuti langkah demi langkah..tapi di akhir selalu ada tulisan ‘Google tidak bisa membuat akun anda’…ini ada apa ya? atas pencerahannya saya ucapkan terima kasih

Leave A Reply

Your email address will not be published.