Curug Tujuh Bidadari

Sudah pernah mendengar Curug Tujuh Bidadari? Jika belum ya wajar saja, karena tempat wisata ini memang belum begitu terkenal seperti Grojogan Sewu di Tawang Mangu ataupun Air Terjun Semirang di Ungaran.

Curug Tujuh Bidadari terletak di Desa Keseneng, Sumowono, Kabupaten Semarang. Dari Pasar Bandungan jalan terus saja ke arah Pasar Sumowono. Dari Pasar ini, ambil jalan yang ke arah Limbangan, Boja. Setelah melewati barak TNI AD di Bantir, ambil pertigaan pertama ke kiri, dan ikuti papan penunjuk jalannya. Perjalanan dari Kota Semarang memakan waktu kurang lebih sejam.

Curug Tujuh Bidadari terdiri dari beberapa curug kecil, yang membentuk tiga tingkat, dengan kolam berbentuk mangkuk di tiap tingkatnya. Lingkungan di sekitarnya masih berupa pegunungan yang lebat, dan hamparan terasering sawah yang asri dan hijau.

Pengembangan kawasan wisata Curug Tujuh Bidadari ini dilakukan secara swadaya oleh masyarakat Desa Keseneng dan sekitarnya. Saat kami berkunjung ke sana, sedang dilakukan pengerasan jalan dengan batu yang dilakukan sendiri oleh warga. Dengan memanfaatkan batuan yang dibawa aliran sungai sekitar curug.

Sampai jumpa di liputan Team Touring Betmen selanjutnya 🙂

Fian, Wedhouz, Yogie, Pepeng, Mizan

14 thoughts on “Curug Tujuh Bidadari

Berikan komentarmu...