Karena Loenpia Lebih Enak Dimakan Bersama!

Selamat Ulang Tahun Semarang!

13
Tugu Muda dan Lawang Sewu, ikon Semarang

2 Mei 2011, kota Semarang yang juga adalah ibukota Jawa Tengah itu genap berusia 464 tahun. Sebuah perjalanan yang cukup panjang untuk sebuah kota. Ragam perkembangan dan perubahan juga mewarnai sejarah panjang kota di pesisir utara pulau Jawa itu.

Semarang adalah salah satu kota dengan struktur geografis yang unik. Semarang bawah berada beberapa senti di bawah permukaan laut sementara semarang atas berada beberapa puluh meter di atas permukaan laut, tak heran kalau Semarang juga terkenal sebagai kota dengan banyak pemandangan yang memanjakan mata.

Di ulang tahunnya yang ke 464, banyak doa dan harapan dari warganya yang dipanjatkan kepada kota tercinta ini, baik oleh warga yang memang lahir dan tinggal di Semarang ataupun mereka yang pernah singgah di kota yang terkenal dengan lumpia-nya ini.

Di milis Loenpia.Net, ucapan serupa juga bertebaran. Berikut adalah kesan, doa dan harapan para penghuni milis blogger Semarang tersebut.

Pepeng :

salam
kota semarang ulang tahun hari ini (2 mei ).
bagi saya pribadi,semarang sudah menjadi rumah ke dua. terus kota yg tak ada bom2an…
semarang punya tempat yg bagus kalo malam..yaitu bukit gombel…trs sangat menarik juga lihat semarang kalo malam di bukit gunung pati…
semarang kota metropolitan yg masih jawani…..

di saku punya 5ribu,masih bisa kenyang…itulah menariknya semarang mnrtku…

lebihnya..?? krn di situ ada loenpia.net !

Eva Noviana :

Pokoe aku cinta Semarang!

k1n6k0n9 :

semarang tempat paling nyaman memiliki karakter unik
ada suatu gojek kere antar pengusaha
klo bisa sukses di semarang berarti bisa sukses di kota manapun…
dan tak lupa semarang ada keluarga loenpia

Mizan :

1. Kota Lama bisa bebas banjir/rob, menjadi lebih indah dan terawat, sehingga bisa jadi tempat wisata
2. transportasi publik ditingkatkan, angkutan masal seperti trem / monorail perlu dipersiapkan, terutama ke kota-kota satelit seperti kendal, ungaran, demak

Okky :

Semarang itu kota yg eksotis dan aman.

Ke depannya semoga:

1. Waduk jatibarang dan urban drainage kota Semarang itu cepat selesai jadi Semarang bebas banjir, juga pasokan air bersih ke warga Semarang tercukupi.

2. Coastal project untuk pantai marina segera terjadi dan jadi pantai yang indah.

Amin.. Selamat ulangtahun Semarang

 

Erik :

selamat ultah semarang , kota yang mbuh ya mulai beda dengan beberapa tahun yang lalu, mulai semprawut

Jeep :

aku pengen area simpang 5 dan sekitarnya  termasuk taman kb BEBAS PARKIR
*ngimpi

Slams :

semarang bisa bebas banjir / rob gak ya? semarang mulai sering macet…semoga jalan tol bisa cepat dipakai

Muhammad Cordiaz :

Saya suka kota semarang, karena, kemana-mana masih enak naek motor 🙂 Selamat ultah kota semarang ke-464 , pertahankan keunikan kota tua dan bangunan-bangunan tuanya.

Jangan tiru kota lain menggusur bangunan tua….

Rian Adhivira Prabowo :

Semarang
kekurangan:
lahan hijaunya nggak rata, harusnya dibikin merata dong. Kurang taman, pilihan buat @piknikasik jadi terbatas. Kurang jalan alternatif, terutama daerah kalibanteng, dalane siji tok tapi seng make sakbajek.

kelebihan:
harga-harga masih terjangkau, bener kata mas veveng, 5rb masih bisa kenyang. Orange juga ramah-ramah. Banyak teman sama keluarga disini.
heheheh 😀

Stey :

Oia..semarang, saya terlalu suka ambiance kota ini..cinta mati saya sm semarang..:)

Hyudee :

semarang buat aku itu unik … dan fantastik ….
mau dibilang metropolitan ya enggak … mau dibilang ndesa yaa enggak juga …
intinya semarang … u know who u are ….  :))
jangan diimbangi sama okb okb yg seringkali bikin macet ….

luv u semarang ….
luv u loenpia.net ….

Arief Prasetyo

Kalo saya harapannya:
Segera ada yang berani memulai bikin trem/ monorail utk mengurangi kepadatan lalu lintas.
Sejahterakan masyarakatnya (tambah lapangan kerja, pelihara orang miskin), karena pengemis kok semakin pating tlecek. Makan tahu gimbal di Taman KB, panganane durung siap kok wis ditekani ping 3. Di kawasan pandanaran juga yg jadi sentral oleh2 penuh dengan pengemis yg selalu standby di pintu keluar. Di bunderan kalibanteng, lampu merah pertama setelah airport, juga penuh pengemis.
Di beberapa gang (jalan tikus), masih ada anak2 bahkan orang dewasa buang hajat di selokan atau di kali. Really?? Setelah 464 tahun usianya??.

Indah.Sachiko

nek cah ABG ki nulis semarang : Che-ma-rank :))
betewe.. dulunya saya biasa wae sama Semarang, tapi setelah merantau selama 3 tahun di Purwokerto dan jauh dari Semarang, rasane iso kangen luar biasa ik..
ya kangen sama logatnya, kangen sama keramaiannya, sama hal2 yang ngga bisa ditemukan di tempat lain.

ternyata aku sangat mencintai Semarang..:)

Dirgahayu Semarang!
semoga lebih banyak lagi taman2 hijau dan ruang publiknya..

Nining Sutrisnaningsih

semarang kuwi aku byanget, dibuat di semarang, lahir di semarang dan besar di semarang…
.. kalau jakarta its a nice place to make money, jogja nice place to study.. lha semarang is a nice place to live..

aku kangen mall2 nya semarang, …
trus tempat2 restonya,..
nek tak perhatikan semarang tempat makan lebih banyak yg target nya untuk keluarga daripada untuk pacaran atau kumpul2…..

Munif :

semarang banyak potensi tapi pengelolaan kurang
kesadaran warga jg kurang, ini karena yg seharusnya jadi contoh jg ga memberi contoh yg baik

pengamen, pengemis, tukang parkir, pkl menjadi hal yg perlu ditangani secara serius
karena mereka yang bertemu langsung dengan tamu yg datang ke semarang

 

Nah, ada juga komentar mereka tentang kuliner Semarang. Berikut kutipannya :

Black Coffee :

Semarang punya Tahu Petis n Mbok Berek. Aseeeeeeeek….

Erik :

semarang itu tahu gimbalnya enak. Pak sangklek juga enak ding
apalagi kepiiting nya, gedi gedi beda dengan salatiga kepiting anakan di dol yo rak enek daginge
pertama kesemarang acaranya ke jalan sriwijaya tapi keblabasen tekan mbangkong
dan akhirnya numpak becak mergo mbalik ,
mesake bapake becak

Dan, ada juga komentar dan harapan tentang Semarang dari mereka yang bukan sepenuhnya orang Semarang. Pendatang atau mereka yang punya kecintaan khusus tentang Semarang. Termasuk saya tentunya. Berikut komentarnya :

 

Ipul :

Saya baru akrab dengan Semarang sekitar 10 tahun belakangan ini. pertama ke Semarang tahun 2001 dan kemudian setelahnya jadi makin sering dan bahkan sudah jadi kampung kedua saya.

Semarang menurut saya adalah kota yang eksotik, tidak banyak kota besar di Indonesia yang masih menyisakan bangunan lamanya tanpa penggusuran besar-besaran. meski memang tidak semua bangunan tua Semarang dikaryakan dan dipelihara sebagaimana mestinya.
Semarang menurut saya adalah kota yang menggambarkan ciri khas orang Jawa Tengah yang relatif santai dan tenang menjalani hidup, tanpa riak yang berlebihan dan tanpa gelora ambisi yang terlalu membara.

Semoga Semarang tidak mengulang kesalahan yang dilakukan oleh Jakarta dan banyak kota besar lainnya di Indonesia ( termasuk Makassar ).
Semoga Semarang tidak sampai kebablasan menjadi kota metropolitan yang justru mengenyahkan ragam kearifan lokal.

Aminn..

 

Muslifa Aseani :

Ngekor Daeng, jadi penghuni Semarang, baru 6 th terakhir (masuk di Juni 2004).
Dari luas wilayah, brasa ngiderin sepulo lombok. Momen pertama hidup berbahasa jawa dan glantungan di bis.

Sedihnya, ada seseorang yg bikin image orang jawa yg halus bertutur-berbahasa-bersikap, rusak total….:((

Eh, eniwe, met ultah Semarang.
Ternyata, Semarang tidak sepenuhnya diplanet Mars…:D (secara pas baru datang, blas gak isa boso jowo)..

kalo bali terkenal karna terasering sawah2nya, aku takjub ma ‘terasering’ rumah2nya penduduk disebagian suburban semarang.
even, mertua  kakungku yg baru, rumahnya dipucuk atas lembah daerah kawi-belakang rs elizabeth. stiap nglongok dari jendela, aku takjub ma kemahiran bermotor yg pada tinggal didasar lembah, juga ketangguhan betis yg pada jalan.

Masya Allah..

 

Ali Furrahman :

ikut reply.
Pertama kali bener2 mampir ke semarang sekitar tahun 96an, masih ga serame sekarang. terus bener2 tinggal (ngekos) di semarang pas tahun 2000.
bener2 di semarang cuma 3 tahun. Semarang kota yang unik dan enak buat tinggal, pertama kali kenal dengan kucingan yo di semarang. moll saat itu masih dikit, sekarang udah banyak. yang jelas orangnya ramah2.

untuk kedepannya semarang harus lebih maju, tapi tetap berbudaya jawa dan tetep menjaga warisan budaya. jangan terkena virus jakarta yang ngga memiliki jatidiri, cuma mengadopsi jadine cuma campur2 tok.

transportasi dan drainase kayanya sekarang jadi masalh utama di semarang. mumpung sebelum complicated seperti kota lain seharusnya semarang sudah membuat terobosan baru dalam pengelolaan transportasi dan drainase.

Eh, tapi komentar para blogger Semarang itu tidak selamanya serius rupanya karena ada juga komentar yang mengandung multitafsir. Seperti berikut ini :

 

Raditya Jatismara :

Semarang mau dijadikan kota apa ya…
*terawangjauh
*ngudekteh

H4rs :

semarang kota yang paling nyaman dan tentram untuk ditinggali. Ungaran kabupaten yang sejuk
sekian. Hehehehe

Fiandigital :

semarang?

huuufff…

Jeep :

semarang menurutku biasa wae
tp banyumanik menurutku luar biasa
#eaaaa

 

Fyiuhh…itulah ragam komentar para warga Loenpia yang terangkum dalam sebuah thread di milis Loenpia.net.

Apapun itu, warga Loenpia dan seluruh warga kota Semarang tentu menaruh harapan yang indah pada kota ini. Semoga Semarang bisa menjadi kota yang lebih nyaman bagi para warganya dan juga bagi mereka yang datang dan berkunjung ke Semarang.

Selamat Ulang Tahun Semarang.

13 Comments
  1. bunsal says

    Yak ampun…:P
    Langsung mejeng mak jreng tho…

    Gak di edit bagian yg apik2 wae?..:P

  2. [H]Yudee says

    mantaaaaaaaaph ….

  3. erik says

    manteb pak daeng

  4. nita says

    nggak bisa jadi anggota ya kalau dari blogger?

  5. SEM SUPER JEANS says

    Kangen sama semarang …
    udah 5 bulan g kesana …
    ntar habis semesteran pulkam…
    Hore.. Hore…
    jangan lupa Berkunjung balik Iya…

  6. jabon says

    ayo cah semarang pada kumpul

  7. Bisnis di internet says

    Selamat berulang tahun kota Semarang tercinta. Semoga kota Semarang tercinta makin Jaya, dan makin menjadi kota tujuan wisata.

  8. stey says

    +100M

  9. Sinauw says

    selamat ultah semarang smoga kotanya tambah hijau biar gak panas. Salam cah mangkang semarang.

  10. marvine says

    selamat ulang tahun semarang.

    from jogja 🙂

  11. Masdjudi says

    Kota semakin semrawut, hujan atau rob gampang banjr, banyak nyamuk, sumuk,….. mudah-mudahan sedikit demi sedikit berubah setelah usia yg ke 464. Nyanyian: ” Semarang kaline banjir…. semoga nggak dinyanyikan lagi…….

  12. Hotel murah di Semarang says

    wah ultah semarang mlh q sendiri lupa hehehe

  13. safetyk3 says

    hmmm.. kangen bangettt karo semarang

Leave A Reply

Your email address will not be published.