Karena Loenpia Lebih Enak Dimakan Bersama!

Stasiun Tambaksari, Stasiun KA Pertama

16

Salah, jika Anda mengira stasiun kereta api pertama di Semarang adalah Stasiun Tawang. Yang benar adalah stasiun Tambaksari, bahkan stasiun ini merupakan stasiun kereta api yang pertama di Indonesia. Stasiun kereta api ini didirikan karena pemerintah Belanda saat itu membutuhkan jalur dan sarana transportasi yang cepat, massal dan efisien untuk mengangkut hasil perkebunan seperti tebu dan kopi yang mulai berkembang pesat di daerah pedalaman.

Sejarah
Stasiun ini mulai dibangun pada tanggal 16 Juni 1864 ditandai dengan pencangkulan pertama oleh Gubernur Jendral Baron Sloet van de Beele. Sebagai penanggung jawab pengoperasian jalur ini pemerintah Belanda menunjuk Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij ( NIS ), yang kantor pusatnya sekarang dikenal dengan nama Gedung Lawang Sewu. Dan tepat pada tanggal 10 Agustus 1867 sebuah kereta api meluncur untuk pertama kalinya di stasiun Tambaksari. Merentang sepanjang 25 km dari Semarang ke Tanggung, melalui halte Alas Tuwo dan Brumbung.

Lokasi
Lokasi stasiun Tambaksari ini terletak di kelurahan Kemijen, tepatnya di ujung jalan Ronggowarsito, sekitar satu kilometer dari Kota Lama dan tidak jauh dari pelabuhan. Keadaannya saat ini sungguh menyedihkan karena dikepung oleh rob (air laut pasang) sehingga kita hanya bisa melihatnya dari kejauhan saja. Dan stasiun ini sudah tidak difungsikan lagi.

Object:

Tambaksari Train Station
Where at:

Kemijen, at the end of Ronggowarsito street, around 1 km away from the Old City of Semarang, and not too far from the harbor.
Highlight:

The first train station in Semarang, dated back to June 16, 1864. The first train left this station on August 10, 1867.

16 Comments
  1. arief says

    Wah menarik sekali sebenernya ini. Sayangnya kok fotonya kurang “cetho” ya? Nama Gubernurnya keren euy… “Baron Sloet van de Beele”

  2. nabeela says

    lhoo,,ternyata tawang bukan yg pertama to?

  3. kian says

    gambare..berat dibuka.ik…btw..mas andi iku foto kereta apa sawah to…..hehehee..maaf kalo agak2 gmn…tapiii..pengen jalan-jalan ke semarang!!!

  4. jaja says

    weleh nembe ngerti aku mas nek tawang sanes stasiun pertama. lha stasiun terakhire opo kang mas?

  5. deddy says

    wah ternyata qta warga semarang patut bangga nich!!!
    soalnya Qta punya stasiun paling tuo di indonesia tp sayang,,,,,pemkot semarang kurang memperhatikan bangunan bersejarah sperti ini….khan sayang,seharusnya bisa dijadikan sebagai obyek wisata tuh…minimal dijadikan museum gt

  6. happy says

    Lebih menarik lagi kalau ada gambar lama-nya..dan ada gambar keadaan bangunan itu sekarang ini…jadi bisa jadi perbandingan kalau pemkot kota SMG belum punya team khusus utk melestarikan bangunan-bangunan kuno di SMG…Setau saya cuman team buat bikin ruko…ama mal aja yg digalakkan….habisnya kurang menguntungkan kali????
    Semarang juga punya gedung opera walaupun kecil…tapi sayang..sdh tinggal temboknya ajaa….sayang..ihik!!

  7. […] menurut Semarang.loenpia.net, stasiun ini mulai dibangun pada tanggal 16 Juni 1864 ditandai dengan pencangkulan pertama oleh […]

  8. sulis says

    tentang stasiun KA tambaksari, aku sangat prihatin sekali, mengapa pemkot semarang menelantarkannya begitu saja.padahal KA sangat besar jasanya bagi Indonesia baik sekarang pada umumnya,maupun masa perjuangan fisik pada khususnya.

  9. psis says

    kulo piyambak wonten semarang wiwit th.1959 inggih dereng nate mriko,padahal jaman erg-ereg sampun dugi bon laut (tirta ria) lho !!!

  10. nino says

    selama ini yang banyak beredar adalah stasiun kemijen sebagai stasiun pertama di Indonesia. karena tambaksari terletak di kelurahan kemijen, apakah stasiun tamabaksari samadengan stasiun kemijen?

  11. nino says

    numpang tanya sekalian, posisi stasiun kemijen dan stasiun tambaksari ada di jalur mana dari semarang?saya belum pernah liat, atau udah dibongkar ya?

  12. nopex says

    walah, kemaren muncul di ujian cpns sukoharjo, jalur pertama kereta api, ternyata semarang(kemijen)-tanggung oalah alah, lha sopo sing mudeng byuh byuh

  13. ardo says

    wah kena banjir, sayang ya, juga bangunan di sekitar tawang itu kalau malam kayak kota mati karena rob,,,apa pompa air ngga bs ditambah lagi ya,,,katanya jaman belanda dulu ngga peranh terjadi banjir karena air slalu dipompa,

  14. rina dh says

    saya sangat senang bila pemkot menata rapi kembali peninggalan jaman dulu, karena ternyata sejarah semarang sangat indah dan potensial sebagai objek wisata. bila perlu dana tambahan kenapa tidak buka saja pos peduli bangunan sejarah untuk menunjang wisata, saya rasa banyak kok yang berminat untuk menjadi donatur, dan banyak cara untuk menggerakkan donatur. setiap niat baik untuk kemakmuran rakyat selalu ada jalannya. InsyaAllah

  15. Bagus railfans says

    Sayang bener…. bangunan bersejarah kayak gini di biarkan…..

    Klo boleh saya tambahkan… ini stasiun semarang gudang…

    Saya sebagai RAILFANS turut perihatin atas ini…..

  16. apit says

    Setahu saya setasiun didaerah kemijen yaa nama nya stasiun kemijen bukan stasiun tambak sari

Leave A Reply

Your email address will not be published.