Keep Semarang Heritage – Kota Lama

Komunitas Blogger Semarang kembali bikin acara setelah meraih gelar komunitas terfavorit se Jawa bali mengungguli ratusan komunitas lain. Tema yang diangkat kali ini adalah “Keep Semarang Heritage”, datang dari keresahan anggota milis yang ingin mengangkat gairah wisata kota lama yang terkesan terbengkalai oleh pemerintah daerah. Acara berlangsung di Gedung Marabunta Kota Lama, hari Minggu 9 Juni 2013.

78 peserta, banyak juga anak muda dan warga semarang yang ikut serta, bahkan ada yang datang jauh dari jepara. Ternyata banyak peserta yang masih minim pengetahuan sejarah tentang kota lama semarang yang dijuluki dengan Little Netherland. Pak Sukawi, ST, MT Dosen Arsitektur UNDIP memberikan pengetahuan tentang kondisi Semarang, membeberkan sejarah jaman dahulu, sekarang, dan prediksi 25 tahun ke depan yang berujung kata “wow jebule!”.  Kemudian perbincangan yang paling banyak ditanyakan adalah mengapa semarang lebih dikenal dengan syair lagu “semarang kaline banjir”.

Acara dilanjutkan dengan jelajah kota lama. Pada POS 1 di Taman Srigunting, @Hyudee sebagai sharing knowledge tentang landscape fotografi. Disini diberitahukan mekanisme lomba photo twit. Pos 2 Treasure hunt, Taman Garuda dengan kegiatan memburu scramble yang bila beruntung akan mendapatkan hadiah yang menarik dari telkomsel.

Pos 3 Blogging, bertempat di Polder Tawang. Peserta diberikan edukasi singkat tentang blogging dan jurnalisme public oleh @slamsr. Harapannya setelah pulang dari acara, peserta mampu menuliskan dan memberikan informasi tentang kota lama dengan media blog.  berikut video jelajahnya :

Danindra Kusuma Selaku KORLAP (koordinator lapangan) menjelaskan, Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk mengedukasi onliner semarang pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk bisa mendayagunakan dan menghidupkan kota lama serta menjaganya sebagai warisan cagar budaya yang harus di lindungi.

Harapannya, masyarakat mendapatkan edukasi yang tepat terhadap kelangsungan eksistensi kota lama sebagai cagar budaya. Dengan mendapat edukasi ini diharapkan masyarakat turut serta menjaga kelestarian dan kelangsungan kota lama. Kalau bisa masyarakat bisa mendapatkan manfaat secara ekonomis. Misal memberdayakan kota lama sebagai paket wisata.

Terimakasih kepada semua tukang loenpia yang sudah berpartisipasi di lapangan, yang sudah sumbang ide dan tenaga, kemdian tak lupa para peserta yang sudah hadir dan sponsor. Loenpia memang enaknya dimakan rame rame

berikut album foto yang diambil dari twitter dan hyudee

6 thoughts on “Keep Semarang Heritage – Kota Lama

  1. slamsr says:

    @iyan : cieeee sing entuk hadiahh cieeeee
    @suke : min admin, benekke min, padahal udah disetting lebanya cuma 360, gak bisa diubah

Berikan komentarmu...