Karena Loenpia Lebih Enak Dimakan Bersama!

NgaBlogburit Offline di Pabrik AQUA, Pandaan

4

Rasanya sudah lama Loenpia tidak mengikuti acara kunjungan bersama dengan komunitas bloger lain. Karena saya anggota Loenpia yang berada di Jawa Timur (tepatnya Surabaya), maka pada hari Sabtu, 20 Juli 2014, Saya bersama Blogger se-Jawa Timur mengikuti acara yang diadakan Blogdetik bersama dengan Aqua. Saya mengunjungi pabrik AQUA atau yang dikenal dengan PT. Tirta Investama dalam rangkaian acara bernama NgaBlogburit Offline. Kegiatan ini diadakan di dua kota dengan waktu yang terpisah. Acara pertama diadakan di Pabrik AQUA di Klaten, Jateng pada tanggal 12 Juli 2014 dan yang terakhir di Pabrik AQUA di Pandaan, Jatim pada tanggal 19 Juli 2014. Mau tau lebih?

Acara yang diikuti sekitar 125an peserta yang berasal dari seluruh Jawa Timur dan Madura ini berlangsung meriah. Acara berlangsung dari pukul 14.00 – 19.30 wib. Selama kurang lebih 30 menit, kami yang sebelumnya telah dibagi dalam 2 kelompok, diajak panitia berkeliling lokasi penggolahan AQUA kemasan 600ml dan 1500ml. Hanya 2 lokasi yang kami kunjungi dari 4 lokasi penggolahan.

Dari kunjungan di pabrik ini ada banyak hal yang saya pelajari. Ternyata cikal bakal botol aqua itu dari tabung kecil semacam tabung reaksi kimia dan baru ditiup sebelum diisi air. Setelah diisi air dan sebelum ditempel label, botol aqua harus melalui proses pengamatan manual. Nah proses pengamatan ini yang unik. Ada petugas khusus yang tugas pokoknya mengamati botol yang lewat di depannya. Jadi tugasnya sambil duduk dan melihat apakah ada bakteri yang masuk ke dalam air, sekecil apapun kotoran bisa mereka liat di bawah sinar lampu. Petugas ini bekerja selama 8 jam sehari dan bergantian setelah 1 jam bekerja. Sayang sekali saya hanya bisa bercerita tanpa disertai gambar, karena selama melihat proses produksi kami tidak diperbolehkan mengambil gambar.

 

Adek-adek alumni PAUD hasil binaan CSR PT. Tirta Investama

Setelah berkeliling melihat proses produksi, kami diajak mengunjungi desa hasil binaan CSR PT. Tirta Investama. Dari depan gapura masuk, kami disambut drumband karangtaruna. Ada beberapa kegiatan dari CSR Aqua di dusun Jatianom, Desa Karangjati, Pandaan. Diantaranya adalah membantu biaya operasional pos pendidikan PAUD Wanjati, Pelatihan Wanjati Bedding, Pengadaan Koperasi OneJati, dll. Menjelang waktu berbuka puasa, kami kembali ke ruangan dan mendengarkan cerita mengenai air dan kehidupan dari Prigi Arisandi. Beliau adalah seorang yang concern dengan air. Acara berhenti untuk buka puasa dan berlanjut dengan pembagian doorprice di akhir. Oiya, Aqua juga mengadakan lomba blog Anugerah Jurnalistik AQUA (AJA) IV. Untuk info selengkapnya bisa dilihat di sini ya.

4 Comments
  1. misbach says

    salam kenal mas dr malang.
    kita satu pasukan, tp aq berangkt dr arjosari malang.
    factory visit seperti ini jarang2 mas, smg bisa ktm diaen acara.

  2. Yogie says

    *sedekah komen*

    waaaahh… posting!

  3. Ahli Gigi S.A.S says

    Kerrennnn :))
    (y)

  4. baju batik kantor says

    hebat ya, klo gak salah aqua merek pertama kali untuk produk air mineral, tapi sampai orang2 hafalnya merek aqua. sering kali dijumpai perkataan tolong ambilkan air aqua itu ya, padahal yang ditunjuk merek lain.

Leave A Reply

Your email address will not be published.