Vlog, Apaan Tuuuh?

Media player yang diembedd dalam postingan di blogVlog adalah kependekan atau singkatan dari Videoblog, sebuah ungkapan untuk menggambarkan gabungan video dan blog. Secara umum vlog dapat diartikan sebagai blog yang memasukkan unsur/media video. Video yang dimasukkan dalam blog menjadi bagian dari posting yang kita masukkan, biasanya dalam posting, kita hanya memasukkan unsur teks, gambar dan link, namun akhir-akhir ini banyak para vlogger (sebutan bagi para pencandu vlog) yang mulai membuat posting yang menyertakan video. Aktifitas vlogging mulai marak pada tahun 2005, tapi jauh sebelum itu sebenarnya para blogger telah memasukkan konten video di dalam blog, tetapi tidak menggunakan layanan video hosting (artinya video yang dimasukkan belum dapat dimasukkan komentar atau dikomentari). Vlog saat ini tengah menjadi tren baru dalam blogging, yang telah pula memiliki ribuan pencandu di seluruh dunia.

Berikut ini adalah Timeline perkembangan vlog :

  • 1998 – Adrian Miles publishes a paper called Cinematic Paradigms for Hypertext
  • 2000, November – Adrian Miles posts his first (known) videoblog entry ever on November 27, 2000.
  • 2004, January 1 – Steve Garfield launches his video blog and declares that 2004 would be the year of the video blog.
  • 2004, June – Peter Van Dijck and Jay Dedman start the Yahoo! Videoblogging Group, which becomes the center of a community of vloggers.
  • 2004, September – iPodderX, the first desktop video aggregator, is released
  • 2004, December – mefeedia.com is the first vlog directory to use an aggregator.
  • 2005, January – VloggerCon, the first videoblogger conference, is held in New York City. ANT (now: FireAnt), is released, and claims to be the first video aggregator to support every common video format.
  • 2005, February – FreeVlog, a step-by-step guide to setting up a videoblog using free tools and services, launches.
  • 2005, May – Steve Jobs announces audio and video podcast support in iTunes
  • 2005, June – The Yahoo! Videoblogging Group grows to over 1,000 members.
  • 2005, July – VlogMap.org launches using Google Maps and Google Earth to display vloggers worldwide.
  • 2006, June – Vloggercon 2006, the second annual videoblogger conference, is held in San Francisco.

Saya sendiri mulai aktif vlogging belum begitu lama (maret 2006), biasanya saya lebih prefer menggunakan layanan video hosting YouTube.Com. Kebetulan layanan blog gratis yang saya gunakan adalah Edublogs.Org, yang memasukkan fitur vlogging dalam fasilitas postingnya. YouTube.Com sebenarnya merupakan sebuah layanan video hosting, dimana kita dapat meng-upload video, memberikan keterangan dalam video, memberi komentar terhadap video lain, dan menariknya layanan ini diberikan secara cuma-cuma alias gratis. Sebenarnya selain YouTube.Com kita dapat memanfaatkan layanan serupa seperti GoogleVideo maupun I-Film. Berikut ini adalah contoh video yang coba saya upload di YouTube :

  • Diam, sebuah video klip dari band Blastproof
  • Bebas, sebuah video klip dari band Jangan Bening

Kedua band diatas adalah band saya waktu masih aktif bermusik, dalam band tersebut kita mencoba membuat lagu, merekamnya di studio dan kemudian memproduksi video klip-nya. Ayo upload video yang anda miliki, lalu buat posting baru dalam blog yang isinya menceritakan tentang isi video, selanjutnya masukkan alamat video yang dapat diembeddkan dalam posting (dalam blog engine misalnya wordpress harus telah terinstall plugin yang mendukung vlogging), biarkan orang lain menikmati video dan mengkomentari video tersebut. Happy vlogging!!!!!.

9 thoughts on “Vlog, Apaan Tuuuh?

  1. indiebrainer says:

    Yup, bandwit memang jadi masalah… bener mas youtube telah diakuisisi oleh Google dalam bentuk saham senilai $1,65 juta. Itu bukti bahwa google ingin mematangkan fasilitas vlognya, soalnya dia merasa kalah dengan youtube :d

  2. Gora says:

    Vlog tidak akan menjadi saingan siapaun mas… Vlog hanyalah sebuah pengembangan blog, dimana blog dapat mentyertakan media video dalam postingannya…

Berikan komentarmu...