Karena Loenpia Lebih Enak Dimakan Bersama!

Tahu Pong Jalan Gajah Mada

21

Saya kurang tau apakah tahu pong itu asli dari Kota Semarang, kelihatannya memang yang terkenal dari Kota Semarang, jadi saya anggap makanan ini salah satu khas dari Kota Semarang. Kenapa disebut tahu pong? Karena di tengah atau dalamnya kopong alias kosong. Di Semarang mungkin ada beberapa tempat yang menjual tahu pong tetapi menurut saya yang paling terkenal tentu saja warung tahu pong yang ada di Jl. Gajah Mada.

Cara Penyajian
Tahu pong di Jl. Gajah Mada disajikan dengan gimbal (keripik udang yang digoreng) dengan kuah petis dan bawang putih yang disajikan secara terpisah. Dan dilengkapi juga dengan acar mentimun.

Untuk porsi disajikan dengan jumlah yang cukup besar. Bagi yang kurang kuat makan direkomendasikan untuk makan 1 porsi berdua karena dengan tanpa nasipun saya tidak kuat untuk menghabiskannya (walaupun saya dikenal jago makan)

Tahu Emplek
Selain itu ada menu lain yang disajikan di warung tahu pong Jalan Gajah Mada ini, yaitu tahu emplek. Bedanya dengan tahu pong adalah tahunya padat dan ukurannya cukup besar sekalipun untuk dimakan 2 orang. Kuahnya sama dengan tahu pong dan biasanya disajikan dengan telur utuh.

Cara mencapai
Tahu Pong Gajah Mada cukup mudah untuk dicapai dari Simpang Lima. Cukup menggunakan angkutan kota yang melewati Jalan Gajah Mada dan letak warung terletak di pinggir jalan sehingga mudah ditemukan. Warung tahu pong ini terletak di samping apotik K-24.

Alternatif Lain
Warung tahu pong lain yang saya tahu bisa ditemukan di Jalan Depok, dari warung tahu pong Jalan Gajah Mada lurus sedikit lagi lalu belok kiri langsung setelah bertemu perempatan lampu merah. Warung tahu pong bisa ditemukan di pojokan jalan di depan toko sepatu bata.

Gambar tahu pong diambil dari situs kompas.

21 Comments
  1. heri bastian says

    saya termasuk orang yang gemar makan tahu, tapi di kota malang belum ada warung yang khusus menjual tahu pong khas semarang, karena mohon bisanya dibuka warung tahu pong khas semarang cabang kota malang, trims

  2. Pak Lik says

    Pak Lik fans berat tahu gimbal.
    Klo mudik (sekarang di Jakarta), makan tahu gimbal adalah sesuatu yg wajib.

    Cerita donk.
    Sekalian tempat2nya yg maknyus ya…

    🙂

  3. Conyo says

    Ada dua versi tahu pong tuh. Satunya seperti yang di resensi ini (samping Apotik K24 atao seberang Gereja Bethel), dan yang satunya di sudut perempatan Gajahmada-Depok. Kalau dirunut kebelakang, sejarahnya ada di yang Depok itu, bahkan mereka pampangkan juga arsipnya. Sedangkan soal rasa, terserah panjenengan semua dalam penilaiannya.

  4. Mommy Arya&Kinan says

    Sumpeh enak bgtz, kebetulan kami menginap di hotel Gumaya, sebelah Tahu pong ini.
    Saran supaya bisa mencicipi semua menu tahu, bisa pesan Tahu Komplit, 1 porsinya lengkap dg semua menu tahu.
    Wajib dicoba.

  5. coeloen says

    pak lik kalo bisa tahunya satu 100 biyar yg beli buanyak

  6. riswan says

    trstrang kota sya jg diknal dng sbtn tahu sumedang wenak lho.tp pnsran dngn tahu dr kota smrng sm g ya rasanyo pngn nyoba aq, kirimin dong k-riswan_ciling@yahoo.com liat d gmbry thu y g-de bgt bnr g?bs knyng donk mkn atu dong,sarua wae rasa tahu mah dimana2 ge bhan2y dr kcng ijo bnr g?

  7. tania says

    rrrrrrrrrrr

  8. INEZ says

    Waaah.. ngiler. jadi pengin pulang ke SRG

  9. yanti says

    sering liat tapi belom pernah nyoba
    langsung meluncur ke TKP ah….

  10. man says

    untung istri saya sekarang bisa buat tahu campur…eh kolaborasi tahu kupat & tahu campur ding….dengan bahan seadanya disini……sing penting tersalurkan

    disini tahu nya terlalu halus…malah kayak makan bean curt

  11. arief says

    sayang…
    balikpapan jauh dari semarang…
    dadi pengen mulih….
    emaaaakkkk……!!!!!

  12. Animusparagnos says

    Tahu gimbal…nyam, salah satu yg aku rindu dari Semarang & tiada duanya. (^_^)

  13. lila ss says

    halo, numpang nanya, bisa ngga saya kopi sedikit isi dari artikel sini untuk blog saya yang lagi under construction? pengennya sih tentang semarang dengan segala manusia dan pernak pernik di dalamnya, tapi masih idle melulu hehehe. kamsiyah….

  14. lila ss says

    halo, numpang nanya, bisa ngga saya kopi sedikit isi dari artikel sini untuk blog saya yang lagi under construction? pengennya sih tentang semarang dengan segala manusia dan pernak pernik di dalamnya, tapi masih idle melulu hehehe. kamsiyah…. oya, saya semarang asli dan domisili semarang juga

  15. hendro-w says

    wah.. saya mungkin orang yang rugi nih.. hampir 10 tahun di semarang belum coba tahu pong jl.gajahmada. lihat artikel ini jadi pengen….langsung ke TKP ah… makasih infonya ya.

  16. eMMa says

    wah jadi penen mam tahu pong…

  17. ivo says

    di depan SPBU kaligarang, ada juga…

  18. putri says

    Sedapnyaaaaaa…. jadi pengen nyobain kesana.. Thanks ya infonya..
    Visit akhmad06.student.ipb.ac.id

  19. tiwi says

    weleh2…jd nelen ludah…kl aku ke semarang kopdar yah faril, jd guide tour..heheh..

  20. Nurokhim says

    Hemmm. Ada Variasi Baru dari makanan jenis tahu. Bisa jadi peluang usaha. Namanya TAHU BULAT.

  21. sujito says

    hmm..uenak lho tahu pong

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Rolex Replica Replica Watches