Haram dan halal itu ?

hitamputih

Berawal dari curhatan temen tentang keadaan dirinya yang serba bingung, dan belum merasa nyaman dengan semua yang ada di dia dan semua yang dah dia lakuin. Satu hal yang gw senengin temen ini sangat asyik buat ngobrol, dia sangat menghargai pendapat orang lain. Dan terbuka, saking terbukanya dia menganggap semua hal itu wajar (juga dalam hal perbuatan yang maaf haram).

Ada beberapa kalimat yang sampai sekarang masih gw pikirin. “ Kie, Halal dan haram itu sangat tipis, seperti cinta dan benci”…trus terang gw agak bingung ..dan agak tidak sependapat dengan kalimat itu, tapi gw ga bisa njelasin. Hmmm akhirnya gw bilang” cinta dan benci itu memang tipis kalo u dah cinta ma orang trus karena hal kecil lu sakit akhirnya jadi benci. Dan cinta pada seseorang itu sangat complicated, ga sederhana. Karena cinta yang paling indah adalah Cinta kepadaNya. (dan tak ada kata benci untukNya) tapi halal dan haram itu jelas-jelas beda dan sederhana”.

Tapi untuk hal haram dan halal?…hmm ga sesulit yang dibayangin, halal dan haram itu sudah jelas adanya. Seperti yang di tulis oleh Dr Jusuf Qardhawi “Cara berfikirnya Islam dalam persoalan halal dan haram sangat sederhana dan jelas. Cara berfikir ini merupakan satu bagian dari amanat yang besar yang tidak diterima oleh langit, bumi dan gunung dengan dalih semua tidak sanggup memikulnya, tetapi kemudian manusia sanggup”

Firman Allah:

“… RahmatKu meliputi segala sesuatu, maka akan Kutetapkan dia itu untuk orang-orang yang taqwa dan mengeluarkan zakat serta orang-orang yang mau beriman dengan ayat-ayatKu. Yaitu orang-orang yang mau mengikuti Rasul, Nabi yang ummi yang telah mereka jumpainya tertulis di sisi mereka dalam kitab Taurat dan Injil. Nabi tersebut akan memerintah mereka untuk beramar ma’ruf dan nahi mungkar, dan menghalalkan yang baik, dan mengharamkan yang jelek dan menghilangkan dari mereka beban yang berat dan belenggu yang ada atas mereka.” (al-A’raf: 156-157)

Berarti sudah jelas persoalan halal dan haram sangat sederhana dan jelas. Jika kita sulit untuk membedakannya maka ilmunya belum banyak atau mungkin hatinya sudah tertutup oleh hidayahNya. Kalo tipis ato ngga …hmm..ya..persepsi tipis disini adalah dekat. apa bener halal itu dekat dengan haram?

Semoga semua kembali ke jalan yang Lurus, dan dekat padaNya. dan gw jg masih mencari jawabannya.

19 thoughts on “Haram dan halal itu ?

  1. tomboati says:

    Halal dan Haram masalah apaan ya?..
    Label Halal yang ngeluarin MUI dan Dept. POM
    apa ada hubunganya dengan narasi di atas nggak ya?…

  2. nabila says:

    definisi haram untuk mas munif cm satu:
    yaitu ga halal…
    definisi halal untuk mas dendi cuma satu:
    yaitu ga haram…
    kalo definisi syubhat?

  3. ikankoi says:

    halal dan haram, halal kalo dibalik jadi lala…h sedangkan haram kalo dibalik jadi marah. Artinya, halal kalo dilakuin la..la..la..(oke2 aja). Haram kalo dikerjakan akan marah…siapa yang marah??? tanya pada rumput yang bergoyang, ato cabai yang menjadi merah

  4. escoret says:

    haram tuh klo kita ga pke parfum…eee.itu harum ding yoo..???
    banyak pengkategorian haram dan halal…
    roti,itu halal tapi klo roti curian beda lagi urusan ttg halal dan haram…
    jadi,haram halal itu luas….ntar di bahas pas kodar di smrng aja deh…hehehhe

    ple-q itu haram…percaya ga..???
    hehheheh…kabooorrr..!!!!
    hidup kian..kain….naik..dlll….

  5. Deddy says:

    ple-q itu halal kalo buat nia kelak.. 😛
    tapi kalo ple-qnya dirica-rica plus dijadikan surungan jelas haram…. 😀

  6. kian says:

    yang nentuin ya Allah..Setiap agama pasti punya petunjukNya kan kalo islam ya ada di alquran dan hadists

  7. Nev says:

    Ngga semua halal dan haram yang nentuin tuhan
    manusia juga diberi ruang untuk menentukan hal2 baru
    semisal cloning……. 😀

  8. Ramli Rais says:

    Mengucapkan “Selamat Natal” kepada umat nasrani adalah haram.

    Adapun hal-hal lainnya yang haram bagi umat muslim adalah:
    – makan mie instant => karena temuan oran Cina
    – memakai pakaian tekstil => karena ditemukan oleh Kristiani
    – makan nasi => karena berasal dari Cina
    – memakai kendaraan bermotor => karena temuan bangsa Kristiani
    – mengikuti ajaran Wali Songo => karena semuanya orang Cina
    – menggunakan listrik => karena temuan bangsa Kristiani
    – menggunakan komputer => karena temuan bangsa Kristiani
    – menggunakan internet => karena temuan bangsa Kristiani
    – kiblat mengarah ke Mekah => karena itu penyembahan berhala
    – naik haji => karena itu penyembahan berhala
    – menganggap buku al-qur’an suci => karena itu penyembahan berhala
    – mengelilingi ka’bah 7 kali => karena itu penyembahan berhala
    – sholat 5 kali sehari => karena ini penyembahan berhala
    – mempercayai surga, neraka & akhirat => semuanya ini adalah berhala

    Bagaimana dengan saudara-saudara kita umat muslim yang membela Islam dengan merusak tempat-tempat ibadah umat lain, tapi mereka memakai pakaian tekstil dan mengendarai kendaraan bermotor? Sedangkan tekstil dan kendaraan bermotor adalah temuan dan teknologi bangsa Nasrani.

    Bagaimana dengan saudara-saudara kita umat muslim yang membela Islam dengan meledakkan bom untuk membunuh umat lain? Sedangkan bom itu adalah temuan bangsa Yahudi.

  9. RAJA says:

    wah…. boleh juga nih puitis sekali…
    Cinta?….
    ia merupakan Obat
    ia juga merupakan racun
    ia akan selalu membahagiakan Anda
    ia juga bahkan akan menyengsarakan anda
    ia akan membawa anda untuk tetap terus hidup
    ia juga akan membawa anda untuk mati

    ia HALAL
    dan
    ia juga HARAM

Berikan komentarmu...