Bandeng Bakar Juwana

Lele bakar? itu mah biasa. Apalagi gurame bakar, menu yang pastinya paling sering dipesan di warung atau restoran yang menyajikan bakaran ikan. Tapi kalau bandeng bakar bagaimana? Sepertinya ikan bandeng adalah salah satu jenis ikan yang tidak biasa untuk disajikan dengan bakar-an dan kalaupun bisa ditemukan pastinya hanya bisa ditemukan di beberapa kota di Indonesia.

Bandeng bakar JuwanaSemarang merupakan salah satu kota yang terkenal dengan makanan ikan bandengnya, apalagi kalo bukan bandeng presto yang menjadi menu wajib oleh-oleh dari semarang selain lumpia-nya. Salah satu toko yangterkenal di Semarang dengan ikan bandeng prestonya yaitu Toko Juwana. Toko Juwana merupakan salah satu toko yang berdiri di Jl. Pandanaran yang menjual bandeng presto dan panganan khas jawa tengah lainnya. Selain itu Toko Juwana juga mempunyai restoran yang menyajikan bandeng sebagai menu utama. Toko ini juga berdiri di Jl. Pandanaran dan berbeda toko dengan toko khusus oleh-oleh Juwana. Kalau kamu memulai dari arah Simapang Lima, toko ini terletak disebelah kiri jalan sebelum toko oleh-oleh Juwana dan mudah ditemukan karena papan namanya yang lumayan besar. Sewaktu berkunjung ke restoran Juwana sabtu kemarin karena kunjungan seorang teman lama dari Jakarta yang kangen sekali dengan makanan bandeng, mata saya tertuju pada menu yang tidak biasa saya baca yaitu bandeng bakar. Karena sepengetahuan saya belum pernah ada menu ikan bandeng bakar yang tersaji di restoran lain. hanya diperlukan sekitar 10-15 menit sampai bandeng bakar tersebut disajikan. Kalo rasanya sih tidak usah ditanyakan lagi, enak pake banget. Rasanya manis legit karena bumbu kecapnya meresap ketika dibakar dan jangan khawatir mengenai durinya karena bandeng tersebut mungkin sudah dipresto sebelumnya karena durinya sama sekali tidak terasa sewaktu dikunyah.  1 paket ikan bakar beserta nasinya sekitar Rp. 30.000-an, kalau untuk ukuran 1 perut sih pastinya kenyang sekali. Jadi kalau sekali-kali ingin mencicipi bandeng bakar datanglah ke Jl. Pandanaran, Semarang 🙂

PS: sorry sekali nih buat fotonya kalo kurang fokus, soalnya sehabis menggigit dengan ganas baru inget dengan ide postingan, nanti di update deh 😀

18 thoughts on “Bandeng Bakar Juwana

  1. kian says:

    pertamaaaaaaaaaaaaaa….
    wuiihhh…jadi laper nehhhh….
    mahal juga ya….

    aku minta traltir aza kalo ke semarang ya mas

  2. escoret says:

    Wah pandanaran ya..????
    arah dr simpang lima kebarat ya..???
    ntar aku serbu…!!!
    thx riviewnya…mantabz kaleee..!!!!

  3. Fany says:

    di jalan2 balik dari puncak ke Jakarta juga ada kok yang jualan bandeng bakar 😀
    Kalo semarang emang blm pernah tau…

  4. koprilia says:

    huahuauhauh kalian kie kok pada aneh yah ketika liat/denger presto juwana…eh pada inget aku ga uey..
    ah basi klo bandeng juwana…wegah mangan ik…
    bandeng..??? panganan opo seh kui…?? enak ga ik???
    bandeng??? dibuat dari apa seh itu???

  5. koprilia says:

    bandeng??? panganan opo seh kui??? dibuat dari apa seh itu??
    bandeng??? mendemi orak??? dan bandeng??? klo di makan pake sedotan enak ga??
    juwana?? mana itu juwana?? juwana itu nama kota atau nama orang??
    juwana??? masuk dlm peta semarang g??
    juwana?? didut pernah kejuwana g??

  6. koprilia says:

    bandeng ki panganan opo seh??? bandeng??? iso di makan nggo sedotan g??
    juwana?? masuk dalam peta semarang g??
    juwana kie nama orang yah??

  7. Nev says:

    Mantabz banget seperitnya… 😛

    btw, kopril pasti punya dendam pribadi dengan pemilik bandeng juwana!

    aku siap mendukung kopril jadi camat juwana!

  8. BankBosi says:

    bandeng……?
    ndak seng rasane gurih kae po….
    mang rasane mak nyus tenan kok,
    iki mau bar panggang-panggang nang kampus
    mak nyus,,,,,,,, ( az…az….. terlelap akhire )

  9. nove says:

    :-w nunggu siapa yang maw nraktir. menu ini asli bikin lapeeerrrrsssszzzz….!!! kok tega sich posting yang kaya gini????:d

  10. nove says:

    teman-teman di semarang ada yang tahu alamat Jalan Kalisari Baru 3 Semarang Selatan? aku stay di Lampung…(jauh banget ya?) aku mau ke alamat itu.. ada yang bisa jelaskan secara runtut rute menuju kesana. aku start dari Lampung naik kapal laut ke Jakarta. sampe jakarta aku naik apa sebaiknya?
    mohon dijawab ya. terimakasih bantuannya.

    salam:)

  11. sesy says:

    @ nove: nove dr jakarta kamu naik kereta aja dari senen or gambir, trus turun stasiun tawang. dari tawang paling gampang naik taksi, tp kl mau naik angkot km mesti keluar trus naik angkot no 33 turun dr cipto, dari situ naik bus jurusan boja, or weleri, or kendal, turun halte kalisari. dari situ nanya tukang becak or kantor polisi aja sekalian secara situ deket poltabes

  12. anto says:

    :)>-salam kenal boeat bocah2 smrng ayo podo semangat aemi smrng k depan
    bwt pemerintah setempat tolomg di urus parapemgamen di jalanan biar ga” NYEPET-NYEPETI MOTO’

    :-c:@)=))>:)

  13. Susi says:

    Mau tahu dong alamat lengkap bandeng juwana ini.
    Sekalian no.teleponnya.

    Tks,
    Susi

  14. aku says:

    :)>-
    mesthine aku wis bosen banget karo sing jenenge bandeng, merga wiwit bayi iki pangananku.
    bandeng bakar lah, bandeng dipindang asem lah, bandeng serani lah, dendeng bandeng lah, etc…. malah saiki ana pepes bandeng, otak-otak bandeng, bandeng asap etc.
    Nanging kala aku adoh saka kampungku Njuwana, kadang2 kangen banget karo bandeng Juwana, dadi yen entuk oleh2 bandeng ya girang banget.
    Trus yen lebaran kaya ngene biasane aku bali ngomah sowan bapak ibu tercinta, ra lali balike nggawa oleh2 ra kacek ya mesthi ana bandenge… arep ngerti respon wong sing tak aturi oleh2 bandeng??? Sapa wonge mesthi sueneng banget… wah dadi pengin cepet bali Njuwana.

Berikan komentarmu...