Online Bookmark

Internet adalah sumber informasi yang sangat luas. Kita bisa mendapatkan berbagai macam informasi dari internet. Mulai dari resep masakan, tutorial bahasa-bahasa pemrograman, sampai karya ilmiah.

Begitu besarnya dan banyaknya informasi di Internet, sulit bagi kita untuk mengingat alamat dari informasi-informasi penting yang pernah kita dapatkan di Internet. Misalkan saja alamat website untuk sebuah artikel seperti ini:

http://www.smashingmagazine.com/2007/01/26/tutorials-round-up-ajax-css-javascript-php-mysql-and-more/

Solusinya adalah dengan menggunakan fasilitas bookmarking yang tersedia pada masing-masing browser. Pada browser Firefox dan Opera, untuk mem-bookmark suatu halaman web kita menekan Ctrl+D (tombol Ctrl dan D secara bersamaan). Pengaturan bookmarks dapat dilakukan dengan menuju ke menu Bookmarks > Organize Bookmarks (untuk lebih lengkapnya silakan ke sini). Tentu saja solusi ini efektif untuk pengguna internet yang mengakses internet hanya dari satu komputer saja. Lalu bagaimana dengan pengguna internet yang hanya bisa mengakses dari warnet?

Jawabannya adalah, dengan menggunakan layanan online bookmarking.

Online bookmarking adalah situs yang menyediakan fasilitas untuk menyimpan catatan situs-situs yang pernah kita kunjungi. Dengan menggunakan layanan online bookmark, dengan mudah kita dapat membuka lagi halaman-halaman web yang menarik perhatian kita, tanpa perlu mencari-cari lagi di mesin pencari.

Salah satu situs penyedia layanan online bookmark adalah del.icio.us. Sebenarnya, del.icio.us lebih tepat disebut sebagai layanan social bookmarking. Jadi selain kita bisa menyimpan halaman-halaman yang kita anggap menarik untuk keperluan sendiri, kita juga bisa saling berbagi bookmark dengan teman-teman lain. Misalkan, halaman bookmark ini.

Free Image Hosting at www.ImageShack.us

Halaman bookmark milik ahmaddendi di del.icio.us

Dengan menggunakan layanan seperti del.icio.us, kita dapat menyimpan sebanyak mungkin bookmarks. Pengorganisasian bookmarks dilakukan dengan memberi masing-masing bookmarks tag-tag tertentu. Del.icio.us pun menyediakan fasilitas pencarian, sehingga kita dapat dengan mudah mencari bookmark kita.

Free Image Hosting at www.ImageShack.us

Sebuah bookmark dengan tags yang menyertainya

Baru-baru ini teman kita Fany, dalam blognya, menuliskan tentang kegelisahannya akan fenomena copy-paste semena-mena yang sering dilakukan para penulis blog. Seringkali para penulis blog melakukan hal ini tidak dengan maksud menjiplak, melainkan untuk menyimpan artikel tersebut sebagai koleksi pribadi (bookmark). Nah, dengan menggunakan layanan online bookmarking seperti del.icio.us ini, kita tidak perlu susah-susah meng-copy-paste tulisan orang lain dan dituduh sebagai plagiator.

Selain del.icio.us, ada juga ma.gnolia, linkagogo dan banyak lagi situs penyedia layanan (social) online bookmarking lainnya.

Selamat ber-bookmark ria :-p

14 thoughts on “Online Bookmark

  1. Fany says:

    ya ampun.. dari tadi baru ada 1 komen.. nih keduax! kekeke… ojo nesu den…

    lha mbok gitu posting :-“

  2. huda says:

    wah2x.. tumben kontennya edukatif :p

    aku juga udah ikutan del.icio.us
    sekarang malah banyak banget situs2 serupa, jadi bingung

Berikan komentarmu...