Serabi Notosuman (Solo) di Semarang

Pagi hari menunggu teman bersiap dalam perjalanan ke Agrowisata Tlogo, Tuntang, belum sarapan dan tiba-tiba cacing-cacing di perut memberontak ketika hidung saya mencium aroma yang sangat harum dan kelihatannya lezat. Aroma itu ternyata datang dari Warung Serabi Notosuman cabang Sukun, Banyumanik. Langsung saja saya merogoh kocek untuk mencoba kelezatan Serabi Notosuman ini.

Menurut kolega saya yang memang tinggal di Sukun, warung serabi Notosuman buka dari jam 6-an pagi sampai siang atau sore ketika serabi jualannya sudah habis. Ada 2 rasa yang ditawarkan, rasa biasa dan rasa coklat. Begitu serabi digigit, hmmm….rasanya mak nyes!! (melebihi mak nyus :p ). Rasa manis dan kekenyalan tepungnya berpadu dengan kepingan coklat yang menghiasi permukaan serabi. Harganya sih cukup murah, yang biasa dijual dengan harga Rp.1400 dan Rp.1600 untuk yang coklat.

Menikmati serabi ini mengingatkan saya akan masa kecil saya di Jakarta. Ketika kecil saya selalu membeli serabi jenis ini setiap kali pulang dari gereja. Sampai saat saya memakan serabi Notosuman ini saya tidak tahu kalo makanan ini dinamakan serabi (kacau juga :p ). Serabi yang dijual didepan gereja Blok B (gereja saya di Jakarta) biasanya dalam bentuk yang lebih kecil dan lebih garing pinggirannya sehingga lebih crispy.
Se-pengatahuan saya ada beberapa jenis serabi, seperti serabi yang dituang santan diatasnya tetapi kebetulan saya belum pernah mencoba serabi jenis lain, ada yang mau berbagi? 😀

Hint: menurut tukang loenpia di milis ada 1 lagi cabangnya di Jl. Thamrin di seberang gedung  Thamrin Square

23 thoughts on “Serabi Notosuman (Solo) di Semarang

  1. Lutfi says:

    Lhaa yang bener mana nih notosuman atau notokusuman ? sama engga yang di majapahit (pake mobil) deket bank niaga ?

  2. dhana says:

    notosuman de yg bener , kalo notokusuman tu plesetan aja kaya sate sapi kempleng di plesetin jadi sate sapi kempling di magelang

  3. zam says:

    awalanya tempat jualan Srabi yang terkenal ini dulunya berada di Jalan Notokusuma yang kemudian karena lidah jawa, kepleset jadi Notokusuman dan kemudian berubah lagi jadi NOTOSUMAN

    Srabi ini berlokasi di Jl. Muh. Yamin, Solo.

    Di Solo sendiri, ada 2 versi Srabi Notosuman. Yang pertama terletak di paling barat, sedangkan yang lain merupakan kios dari anak-anak pendiri yang pertama.

    semoga bermanfaat.. 😉

    asem.. dadi pengen pulang kampung.. :((

  4. teresa says:

    wah,ini dia…
    serabi ini juga udah ada di Salatiga, dan bapakku gemar banget deh. meskipun secara pribadi aku lebih cocok dengan serabi berkuah santan a’la Ambarawa…(itu lho jalur Magelang-Semarang, kok lupa namanya…), tapi bahagia juga ngeliat bapak antusias banget beli-beli dan menikmati serabi ini….8->

  5. lowo says:

    seRABI ???
    hmmm.. boleh juga nih infonyah…
    ituw,,, gambar kedua kok “meses”nya luntur ya.. 😀

  6. ari says:

    “menurut tukang loenpia di milis ada 1 lagi cabangnya di Jl. Thamrin di seberang gedung Thamrin Square”

    Mungkin t4nya gak tepat di dpn Thamrin Square, tp di deretan seberangnya. Klo masuk Thamrin dr Pemuda, di kiri jalan..
    *maap klo agak salah kasih petunjuk, tp gak salah klo serabi’nya enak..*

  7. tuna says:

    😕 jadi pengen nyicipin…kalo sama serabi yg ada dibandung enak mana ya?disana banyak variasi rasa juga ..8-|

  8. Ahmed says:

    di Jalan Majapahit [daerah Pandean Lamper] juga ada. (setelah jembatan Banjir Kanal Timur, sebelum lampu merah Jl. Kelinci, posisi di sebelah kiri jalan kalau dari Barat/Simpang Lima).. yuk…. :)>-

  9. eyangebaby says:

    jadi kekepingin pulang ke semarang nyicipi serabi maknyes bersama cucuku.hampir empat tahun ga pernahh makan kue kesukaanku . huuuuuuuuuuuuuugh:((

  10. BunSal says:

    *versi Lombok yak*
    dikampungku di Lombok Timur sana, ada 3 versi serabi.
    serabi santan yang sdh gurih dan dimakan tanpa kuah apapun.
    serabi biasa, yg ditaburi parutan kelapa dan siraman air gula merah.
    terakhir, serabi warna/ni yang makannya dengan kuah santan putih yg kental [setipe dg serabi Salatiga, bedanya, serabi Salatiga justru kuahnya sudah disertai gula merah].
    pas kerja di Denpasar Bali, adanya serabi kecil2 warn putih dan hijau dg parutan kelapa plus kuah gula merah yg dikemas terpisah.
    yg bikin binun, gimana mo ngenalin smua serabi tsb ke Adi yak :D..Jauh smua je…[kcuali yg Salatiga].

  11. astari says:

    Dah pada nyoba serabi yang di sepanjang jalan Ambarawa-Magelang gak ?
    Itu yang ada santan gula merahnya juga.
    Serabinya sih enak, tapi pas dikasih santan kok berasa eneg ya?
    Santannya terlalu manis!
    Tapi tergantung lidah @ orang yak ?:d

  12. bagong says:

    serabi notosuman sebenarnya enak tapi kok mahal saya pernah lihat dan beli serabi yang murah dan enak cuma 800 bagusnya lagi dia pakai bungkus yang menarik pokoknya serabi ini pas dihati saya anak saya sampai setiap hari makan 3biji kalau serabi ini udah buka dijalan raya pasti laku keras dan cepat habis

  13. Tari says:

    Rasa srabi notosuman enak gila…tapi tambah dong variasi rasanya biar banyak pilihan. Kemasan Udah OK,…tapi biar lebih solo banget , kasih variasi warna biar kelihatan solo banget! Ok… Selamat Selalu!. Trim layanannya!

  14. satria says:

    apa sih resep serabi solo notosuman? trus kira2 kl mo join ma serabi notosuman untuk d pasarkan d Pekanbaru Riau bisa g ya? (kt mo cb2 jd pengusaha serabi ne….) sapa seh pemilik serabi solo notosuman yg asli? serius ne mo buka cabang d pekanbaru riau…. tp ngomong2, enaknya sampai skrng masih terasa tu serabi…(padahal aku dah d pekanbaru 3 th loh, g pernah nyicipin tu makanan pasar yg berasa makanan bintang 5)

  15. adi says:

    di daerahku juga ada yg jualan serabi,daerah ngampin, ambarawa serabinya sama dg yg di salatiga. disepanjang jalan arah magelang itu berjejer puluhan penjual serabi.

  16. agos himawan says:

    ini serabi samakan ame yg di jl mh tamrin semarang………
    punyanye ko anesss,sekarank anak nye berape….?jd pengen makan serabiii.di medan kagak ade serabi yg enak….
    dari agos di medan,,

Berikan komentarmu...