Karena Loenpia Lebih Enak Dimakan Bersama!

New Seven Wonders of the World

56

Ketika saya mengunjungi blog GotChance kemarin, saya baru tahu kalau Borobudur, candi Buddha terbesar di dunia, tidak termasuk dalam daftar New7Wonders yang didasarkan pada voting internet. New7Wonders adalah suatu proyek pemilihan monumen-monumen yang layak untuk dijadikan/dianggap Keajaiban Dunia.

Ketika saya mencoba mencari-cari informasi di Wikipedia tentang Tujuh Keajaiban Dunia yang sebenarnya, Borobudur juga tidak pernah termasuk dalam daftar. Malahan, Bali ada di sana sebagai Man-made Travel Wonders of the World. Hal ini tentu saja membuat saya kaget karena sejak SD saya diajarkan bahwa Borobudur adalah salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia. Menurut buku teks sejarah saya sewaktu sekolah dulu, Tujuh Keajaiban Dunia adalah Borobudur (Indonesia), Koloseum (Italy), Tembok Besar Cina (China), Menara Miring Pisa (Italy), Menara Eiffel (France), Taj Mahal (India), and Ka’bah (Saudi Arabia).

Yah, apa mau dikata? Inilah daftar Tujuh Keajaiban Baru Dunia:

Fakta yang cukup aneh adalah dualisme versi yang ada di Wikipedia. Wikipedia versi Bahasa Indonesia mengatakan bahwa Borobudur termasuk dalam Kandidat Kuno untuk Tujuh Keajaiban Dunia, sedangkan versi Bahasa Inggrisnya tidak mencantumkan sama sekali kata “Borobudur” di sana.

Sekarang pertanyaan untuk diskusi:
Mengapa harus 7? Bukankah lebih banyak lebih baik? Lalu, mengapa ada dualisme seperti itu di Wikipedia? Apakah data-data yang ada di Wikipedia tidak obyektif dan akurat? 😈

Gambar Candi Borobudur di atas diperoleh dari Guam.org.gu, sedangkan gambar ketujuh Keajaiban Baru Dunia didapat dari website New7Wonders.

56 Comments
  1. DWI says

    kalau borobudur g’ termasuk 7 keajaiban dunia…
    bknkah diindonesia ini msh banyak keajaiban2 lainya,
    mungkin salah satunya danau toba??????????

  2. dwi says

    wahhhhhhh… berarti QT dikibulin ama buku dunk…
    bknkah ini semua karena qt tdk menjaganya dngn baik,coz bangunan dr borobudur telah banyak diperbaharui coz dah bnyk yg rusak………

  3. desi says

    kembali ke 20 th yg lalu….wakt msh smp stady tour ke borobudur..sayang skali waktu suamiku ke indo tak ada wakt ajak suamiku ke brbdr..insya alloh nt ada kesempatn akan ak kenalkn pd suamiku ttg keindahan brbdr

  4. They Damz says

    borobudur bwt saya adalah sesuatu yg amaizing bngt,…mw ada new 7 wonders atau bahkan akan ada banyak lagi keajaiban dunia yg baru bagi saya borobudur adlh sesuatu yg dibangun dengan begitu banyak keajaiban,………..new 7 wonders adalah 7 keajaiban dunia yg dipilih orang”,….tapi untuk borobudur dy adlh keajaiban sejati untuk semua misteri dibalik semua ceritanya,…….

  5. Asty A. Masdar says

    Bagus juga tuh usul dari Tomboati, saya dukung dech..sip..*_^

  6. indah says

    borobudur akan selalu ada di hati masyarakat indonesia. betul tidak ?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Rolex Replica Replica Watches