Karena Loenpia Lebih Enak Dimakan Bersama!

Migrasi WordPress Manual ke Fantastico

9

Pada jaman dahulu kala, ketika banyak dari kita belum mengenal apa itu Fantastico dan perusahaan hosting belum mengimplementasikannya dalam layanan mereka kepada para pelanggannya, instalasi dan update WordPress dilakukan secara manual.

Instalasi manual WordPress meliputi kegiatan download WordPress engine dari wordpress.org yang dilanjutkan dengan seting wp-config.php dan kemudian upload file hasil ekstraksi/pemekaran ke dalam server hostingan kita untuk selanjutnya membuat database mysql untuk menampung tulisan-tulisan kita nantinya.

Sedangkan update dilakukan dengan mengganti semua file kecuali folder wp-content dengan file yang lebih baru yang kita dapat dari wordpress.org.

Setelah ritual-ritual yang agak-agak rumit itu dilakukan, kemudian baru kita dapat melakukan instalasi atau update WordPress yang sebenarnya hanya beberapa langkah yang mudah.

Tapi ketika kemudian Fantastico ditemukan dalam belantara internet, semua kesulitan akan instalasi manual WordPress menjadi sejarah dan hanya akan dikenang oleh para bangkotan-bangkotan WordPress seperti anda, anda dan anda serta mereka dan bukan saya, karena saya masih indil-indil dalam hal yang beginian 😛

Dengan Fantastico, instalasi WordPress dapat dilakukan hanya dengan tiga langkah mudah. Cukup dengan klak-klik klak-klik maka segalanya akan beres tanpa ada ritual konfigurasi dan upload karena segalanya dilakukan di server hostingan tempat kita menyewa space. Selain itu proses update juga dapat dilakukan dengan tidak kalah mudahnya.

Dengan kemudahan yang ditawarkan oleh Fantastico tersebut, mau tidak mau banyak dari kita yang kemudian ikut tergiur untuk merasakan sekaligus icip-icip demi menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Tapi masalahnya adalah bagaimana kalau sejak awal sudah terlanjur menginstalasi WordPress menggunakan metode manual.

Berikut langkah-langkah yang saya lakukan dalam merubah WordPress hasil instalasi manual dengan Fantastico dan terbukti berhasil untuk saya :

  1. Backup data. Seperti halnya kopi, blog itu menjadi berharga karena isinya. Maka proses backup sangat diperlukan demi menjamin bahwa semua hasil karya yang berupa pemikiran yang dituangkan dalam tulisan tersebut tidak musnah akibat sesuatu hal yang tidak kita inginkan dalam proses migrasi ini. Untuk itu sebuah plugin yang bernama wp-xmlmigrate2 diperlukan untuk proses ini dan setelah plugin terpasang maka kita dapat segera melakukan backup berdasarkan category dan menyimpannya di dalam komputer kita dalam format xml. Yang pelu diingat di sini adalah beberapa hosting melimitasi ukuran file yang akan diupload ketika akan merestore tulisan kita, maka perlu dipertimbangkan untuk membuat beberapa backup dalam beberapa kategori kalau jumlah tulisan sudah sbanyak sehingga ukuran filenya menjadi relatif kecil.
  2. Simpan WordPress manual. Setelah proses backup tulisan sudah kita lakukan, langkah kedua yaitu menyimpan file WordPress lama kita. Untuk menyimpan, seandainya dibutuhkan, kita cukup membuat folder baru di hosting kita dan memindah semua file WordPress ke dalam folder baru tersebut. Karena format nama file Fantastico untuk database umumnya tidak umum, maka kita tidak perlu menghapus file database kita kalau hosting kita mengijinkan file database lebih dari satu.
  3. Install WordPress via Fantastico. Fantastico dapat diakses melalui CPanel. Apabila kita memiliki space hosting dan tidak mengetahui akses CPanel kita, maka dapat ditanyakan kepada pihak hosting. Seperti yang diinfirmasikan di atas, instalasi melalui Fantastico sangat mudah dan cepat dan file yang disediakan umumnya versi yang baru.
  4. Restore tulisan. Setelah WordPress terinstall melalui Fantastico, maka kita akan meperoleh WordPress yang baru dan bersih. Bersih dari semua postingan maksudnya 🙂 Setelah sampai pada tahap ini, maka kita dapat mengembalikan tulisan kita yang sudah kita backup sebelumnya. Untuk mengembalikan tulisan dapat dilakukan melalui wp-admin WordPress kita yang baru di Manage>Import>Wordpress> dan kemudian kita dapat memilih file backup di komputer kita melalui menu Browse dan kemudian klik Upload file and import. Kalau proses berhasil akan ada informasi mengenai tulisan-tulisan yang sudah dikembalikan ke dalam WordPress baru kita.
  5. Masalah. Kalau kemudian pada proses dan hasil akhir terjadi masalah, maka kita dapat menghapus instalasi WordPress melalui Fantastico dan mengembalikan file WordPress lama kita dari folder backup ke tempat semula dan WordPress lama akan dapat berjalan lagi.

😉 wedhouz.net

9 Comments
  1. escoret says

    eh wedous posting..!!!
    gimana kabarmu dhous..???

  2. didut says

    kayaknya kalo pake skrinsut bakal lbh mantabh nih pak 😀

  3. boku_baka says

    yaelah,
    saya ngeblog sejak juni 2005 dah fantastico…
    ini gunanya bayar hotingan.. masak udah bayar musti instal2 manual juga..
    kekekeke :d

  4. kian says

    iya neh..kalo ada skrinsut lebih oke..
    *jujur aq ga mudeng blas..lantaran..bacanya kepanjangan*

  5. Fany says

    ntar tak praktekin dhouz, awas kowe yo nek gagal! *ngancam pake golok* b-)

    huehuehue…
    tumben posting panjang2, dhouz.. 😕

  6. huda says

    Mendingan cara manual.. entah kenapa.. lebih puas aja..
    betewe, lomba plugin WP kemarin kan juara tiganya plugin utk ngupgrade WP. Pake itu juga bisa.

  7. ncomputing penganti-pc says

    salam kenal mas 🙂 🙂

  8. gerobak says

    Baru belajar WordPress…jadi numpang belajar yah..

  9. firman says

    kayanya klo aku mendingan pake cara manual kaya mas huda . kerena ada beberapa themes yang ngga bisa jalan bagus klo kita install via fantastico. opo aku sing “nggooh” ya.. hehehe…

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Rolex Replica Replica Watches