Loenpia Cinta Batik

mendadak batik1

Tanggal 2 Oktober 2009 merupakan hari dimana Batik mendapat pengukuhan dari United Nations Education, Social, and Cultural Organization (UNESCO). Pada tanggal tersebut, batik resmi ditetapkan sebagai warisan budaya dunia. Oleh karenanya Presiden Indonesia menganjurkan masyarakat Indonesia untuk bersama-sama memakai batik pada tanggal tersebut. Keanekaragaman jenis batik membuat batik banyak disukai masyarakat Indonesia, bahkan negara lain. Batik saat ini bukan hanya bisa dipakai untuk acara resmi, seperti kondangan, dll, tapi juga bisa dipakai untuk acara santai bahkan untuk sehari-hari di rumah.

Demi memeriahkan pengukuhan tersebut, maka tukang Loenpia baik yang bekerja terikat waktu dan tidak turut serta memakai baju batik. Batik bukan hal yang baru buat para tukang Loenpia. Dulu pernah ada kopdar akbar dimana para tukang loenpia diharuskan memakai batik sebagai dresscode nya. Khusus pada tanggal 2 Oktober kemarin para tukang loenpia yang memakai batik pada hari itu dipersilakan mengupload fotonya di milis. Pada malam harinya, acara JAMU yang diadakan di Friend’s Resto di Jl. A. Yani mengharuskan tukang loenpia yang datang memakai batik.

Batik

Acara yang dimulai pukul 19.00 tersebut sebenarnya hanya acara seperti kopdar-kopdar lain. Berbagai cerita dan tawa mengalir dari para tukang loenpia. Tak terasa waktu menunjuk pukul 21.30 dan berakhirlah JAMU dengan memakai baju batik hari itu.

Semoga batik tidak hanya berakhir dengan pengukuhan dari UNESCO saja, namun akan lebih dicintai oleh masyarakat Indonesia dan Loenpia akan ada kopdar batik lagi dikopdar-kopdar mendatang.

29 thoughts on “Loenpia Cinta Batik

  1. okky says:

    Batik Emang Muantabbbb!!!!
    @Kopret: ak emng lagi sariawan peng?
    *mbahas tak uncalke kandang kuda nil koe!*

  2. akira says:

    perhatian! bentar lagi unesco juga mau mengukuhkan koteka sbg warisan budaya dunia. hayoooo pake koteka semua!! LOL

  3. wongsableng says:

    eh itu hadiahe mbok diambil disumbangin buat force kan bisa, btw, nings photo BRT sing pas ngenteni kae mbok diupload, sing nek kameramu kui loh sig dipotobapae sin jogo suttle bus

  4. Yessi says:

    huwaaaa…aku ko mirip luna maya yow? kikikikkiikkiki…
    aku jaluk poto iki iso ra? meh displey nang blog….bole to? 😉

Berikan komentarmu...