Nasi Goreng Jawa Pak Doel Noemani

Kalo nasi goreng sih semua orang juga sudah tau. Tapi ada yang tau gak ya asalnya kenapa ada nasi goreng jawa? Atau ada yang tau nasi goreng padang atau sumatra? Pertanyaan itu cuman intermezo aja. Semenjak saya tinggal di Semarang, baru tahu kalau ada yang namanya nasi goreng jawa. Kalo nyari-nyari soal nasi goreng jawa, ternyata nasi goreng jawa itu nasi goreng yang bumbunya diulek pake ulekan. Tapi tentu saja kalo di warung bumbunya tidak ada yang diulek di tempat, bisa pegel pake banget kalo pesanan pas banyak.

Biasanya ada beberapa tempat favorit saya tapi kali ini mau bahas yang paling gampang ditemukan saja yaitu warungnya pak doel noemani (seperti tertulis didepan warungnya). Warung nasi goreng jawa ini terletak persis didepan seberang hotel Novotel, Semarang di Jl. Pemuda. Sepertinya kalau pas jam makan warung ini ramai sekali oleh pembeli. Saya tidak tahu apa ini khas warung nasi goreng jawa tapi kalo di semarang setiap warung nasi goreng jawa pasti memakai tungku arang dan memang enak kok rasanya.

Kalo baru pertamakali makan di warung nasi goreng jawa sebaiknya jangan memesanΒ  nasi goreng..loh?!? Iya, pesan aja nasi ruwet. Nasi ruwet itu nasi goreng jawa yang dicampur dengan mie. Sebetulnya minggu lalu sewaktu kopdar kuliner dengan toekang loenpia yang lain saya juga pertamakali mencoba nasi ruwet. Saya selalu ragu dengan rasanya, “jangan-jangan rasanya campur aduk” gitu dalam hati. Tapi minggu kemarin saya beranikan memesan nasi ruwet dan ternyata rasanya tidak seruwet namanya. Rasa nasi gorengnya cukup mendominasi dengan rasa mie yang ‘ringan’ sehingga tidak mengganggu rasa secara keseluruhan. Sebagai pelengkap diatasnya ditaburi suwiran ayam dan bawang goreng.

Favorit saya satu lagi kalau sedang makan di warung ini adalah sate daging ayam dan jeroannya.Β  Biasanya kita bisa memilih berbagai macam sate yang terhidang dimeja dan minta untuk dibakarkan. Biasanya proses pembakaran berjalan cepat karena dagingnya sendiri kelihatannya sudah dimasak. Kalau ke warung nasi goreng jawa saya bisa menghabiskan lebih banyak sate daripada nasinya hehe~Β  Hmm…jadi pengen makan sateΒ  πŸ˜€

26 thoughts on “Nasi Goreng Jawa Pak Doel Noemani

  1. teguh says:

    kalau dari karak, bisa disebut nasi goreng jugakan??? kan prosesenya juga digoreng πŸ™‚
    *sambil meropong milis loenpia.net*

    itu bukannya kerak telor?!? πŸ˜›

  2. zam says:

    jangan kaget kalo ente mesen nasi goreng di magelang. karena secara default, nasi goreng magelang adalah ya nasi ruwet itu. nasi dicampur mi.. πŸ˜€

    di jogja, ada istilah nasi Magelangan, yg artinya ya nasi ruwet itu tadi.. πŸ˜€

  3. didut says:

    # zam : makasih buat infonya zam..asli sering ke jogja tp gak pernah makan nasi goreng πŸ˜›

    # ari : wakakakkk..itu km aja yg makan porsinya gede

  4. [H]Yudee says:

    πŸ™‚ secara gw suka banget ma mie … mienya enak banget .. cuman bener kata arie, porsinya teramat dikit …

    besok-besok maning yuukk … makan bareng ke Novotel (depannya …) hehehe :)>-

  5. Arga says:

    Weh, kayaknya enak juga tuh. tapi ada juga yang enak loh, dah pernah ngicipin Nasi Goreng / Babat gongso nya Pak Kumis di Jalan Kawi ???

    Itu terasa banged loh. lezat juga, buruan dicoba juga.:)>-

  6. shuGy says:

    Hemm..dah pernah nyobain nasi goreng Bu jaikem (ungaran),disana ada jg menu nasi goreng kambing loh,nasi goreng babat gongso,mie goreng dll.. tp sayang klo kesana selalu rame terus.. jd gak kebagian tempat untuk makan.:((

  7. R. Lilik Siswanto says:

    salam kenal buat semuanya,

    Eemmmmmmmmmm….
    dari goresan (tulisan) Didut, saya di rumah (Bawen)sudah mencium aroma sedapnya NasGor Jawa Pak Doel Noemani… Wah, mesti dicoba nih, kalo saya pas meluncur di Semarang…
    O… ya, kalo teman-teman loenpianet lewat di Ambarawa, jangan lupa mencicipi Pecel Mbok Kami (sebelah utara terminal bus Ambarawa).
    Oke?:x

  8. marda says:

    dari foto cie kayakny..enyak tu…
    dalem sendiri belum pernah coba di situ tp..
    dalem yakin koq pasti lebih enak klo gratis….:)>-

  9. anik batam says:

    Saya penggemar nasi goreng juga nih..
    Saya harap nih nasi ruwet enak & lazis ya..
    Kemarin bulan Agustus (saya pulang ke Semarang)trus surfing internet katanya nasi goreng yg dekat stadion “Pak Taman” enak banget..yg deket stadion
    Ternyata rasanya nggak enak blasss dagingnya saumil..1 porsi nasi goreng rp 11rb tapi rasanya ngga enak..en sorry ya tempatnya agak agak kumuh(kalo kaki5 tapi tempatnya bersih mah mending)..jadi ngga pantes deh nasi goreng harga segitu..kecewaaaaa:((:((

  10. dhany says:

    Di depan Kubota Banyumanik juga ada nasi goreng enak dan murah….. Nasi Goreng Pak Min…! Ada satenya juga. Silahkan mencicipi… cuma 5 rb!!! :)>-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *