Membincangkan Photoblogging

Hembusan angin pagi Semarang di tengah suasana long weekend begitu membuai kita untuk bersantai menikmati liburan. Namun, itu tak menyurutkan niat kuat tim KoBer Loenpia.net untuk tetap menggelar KoBer Edisi Mei 2010. Tepatnya 29 Mei 2010, sebelum matahari mulai menyengat kulit, teman-teman Loenpia sudah siap menyambut tamu yang akan masuk ke Lobi Gedung Telkom Jalan Pahlawan, tempat acara akan berlangsung.

Satu persatu peserta berdatangan, tidak hanya dari Loenpia tapi juga dari berbagai komunitas di Semarang. Ya, KoBer #3 ini memang agak berbeda, jika biasanya hanya diikuti intern Loenpia, sekarang terbuka untuk umum. Memang ini salah satu cara supaya KoBer tetap menarik dan kreatif. Kali ini KoBer juga bekerjasa dengan Telkom, dan tetap terbuka untuk bekerjasama dengan pihak lain ke depannya.

Danindra, sang MC acara, menyalurkan anerginya untuk memulai acara dengan penuh semangat. Dua doorprize langsung dibagikannya untuk menambah semarak ruang yang dipenuhi sekitar 80 peserta tersebut. Setelah suasana mulai terbentuk, MC mempersilahkan saya sebagai korlap untuk membuka acara tersebut.

Tema Photoblogging: Pictures Speak Louder Than Words, cukup lengkap disajikan pembicara pertama, Ahmed Dee. Salah satu pegiat Semarangdailyphoto.com ini, mengupas pembagian blog begitu detail beserta contoh-contoh blog yang dia maksud. Tentu di dalamnya termasuk photoblog. Ahmed menjelaskan, photoblog bisa bermanfaat sebagai sarana berbagi keagungan ciptaan Tuhan, berbagai informasi, dan bahkan bisa untuk menjual foto. Selain itu, diungkapkan pula ada ajang penghargaan untuk photoblog yang bisa diikuti setiap pegiat photoblogging.

Sebelum pembicara kedua membagi ilmunya, Telkom sebagai pihak pendukung acara berbagi info tentang layanan konten speedy. Ada tiga portal yang diinformasikan, yaitu Kanal Bola, Pesona Edu, dan Full Trex. Pihak Telkom kemudian juga mengumumkan lomba blog, Speedy Writing Contest, dengan hadiah NetBook.

Rahman Hakim, pembicara kedua, yang juga pendiri Kfsemarang.com, berbagi berbagai teknik fotografi, bedah foto, dan cara menentukan harga sebuah foto. Untuk menghargai sebuah foto sendiri, ada berbagai faktor pertimbangan. Bisa dari lamanya waktu memotret, tingkat kesulitan, besar ukuran foto, tujuan penggunaan foto, dan faktor lain. Sesi yang sangat menarik ini diakhiri dengan praktek pemotretan model.

KoBer #3 ini berakhir sekitar pukul 02.00, seperti biasa sebelum acara selesai, peserta dan pembicara berfoto bersama.

17 thoughts on “Membincangkan Photoblogging

  1. slams says:

    PERTAMAXXXXX hehehee
    ini gak terpengaruh oleh harga minyak yang tembus US$ 72 Per Barel LHOO YA hehehe

    sukseskan KOBER #4 BULAN JUNI

  2. andri says:

    mas saya mau minta tolong sekalian minta bantuannya….
    saya punya blog,
    terus itu blog saya ganti layout,tapi kenapa malah tampilan layoutnya ambruladul,gak karuan….
    layoutnya gak mau ganti masih tetap layout yg lama,tapi setelah klik posting lama malah keluar layout yg baru,tapi setelah saya klik posting baru lagi balik lagi ke tempalte yg lama…
    itu kenapa ya…??
    tolong dikirim ke e-mail saya ya mas
    bapakekota@yahoo.com
    makasih sebelumnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *