Kunjungan Ketua MPR ke Unissula

assalamualaikum…

Hari Senin,22 Januari 2007 Nabila diajak sm ortu Nabil ke unissula,menghadiri Rapat Senat Terbuka dalam Rangka Memperingati Tahun Baru Hijriah dengan Orasi Ilmiah dari Hidayat Nur Wahid(ketua MPR).Nabil datang kesana agak telat,karena harus siap-siap dulu(waktu ortu Nabil berangkat Nabil sm sekali belum ngapa2in). Alhamdulillah walau dateng telat Nabil tetep bisa duduk depan karena ada Om Dudung(dulunya sih sekretaris bapak,tapi sekarang Nabil ga tau jadi apa) yang bantuin Nabil cari tempat duduk di deket Ibu.

Waktu Nabil masuk,,rektor Unissula sedang memberi pidato pembuka rapat senat. Secara garis besar pidato pak rektor berisi tentang bagaimana terbentuknya kalender hijriah,kalender hijriah yang dulu sempat menjadi penanggalan yang resmi digunakan di seluruh dunia,perang peradaban yang terjadi,yang membuat umat Islam sedikit demi sedikit mulai meninggalkan perdabannya sendiri,yang membuat umat Islam saat ini kebanyakan hanya menjadi followers,bukan leaders,dll.
Setelah pidato selesai,diputar video mengenai penanggalan hijriah yang digunakan di Indonesia.Ternyata,penanggalan Jawa itu berasal dari penanggalan hijriah hanya saja tahun dimulainya menyambung dari tahun Saka.Jadi pada dasarnya penanggalan Jawa dengan penanggalan hijriah itu sama.Penanggalan Jawa dibuat oleh Sultan Agung,dan sejak itu digunakan oleh seluruh kerajaan di Indonesia.Mungkin info ini banyak yg sudah tau,tapi baru tau ini.Cukup kaget juga sih,dan malu.Nabil orang Islam,orang Jawa,tapi yang begini aja Nabil ga tau!

Akhirnya sampailah pada sesi orasi ilmiah dari ketua MPR.Ketua MPR mengurai tentang kejayaan Islam di masa lampau.Bahwa sampai sekarangpun Spanyol(pusat peradaban Islam selain di Turki)masih mengandalkan peninggalan Islam untuk menambah devisa negara mereka.Salah satu contohnya kota Madrid yang merupakan hadiah dari umat Islam.Islam telah membangun peradaban yang sampai sekarang dinikmati dan digunakan oleh semua orang,termasuk orang barat.

Selanjutnya ketua MPR menjelaskan tentang sejarah masuknya Islam ke Indonesia dengan damai,sampai sekarang umat Islam telah menjadi umat terbesar di Indonesia. Ketua MPR juga menceritakan proses hijrah Rasulullah ke madinah,yang kemudian dijadikan patokan penanggalan hijriah oleh khalifah Umar.

Ketua MPR juga menjelaskan tentang masyarakat madani. Menurut beliau ciri-ciri masyarakat madani ialah masyarakat leaders(seperti yang dikatakan oleh pak rektor),membawa ketenangan,dll.Itulah yang harus dicapai oleh umat Islam saat ini.

Orasi ilmiah disampaikan oleh ketua MPR dengan lancar,dan lama(buat Nabil). Nabil sendiri sempat tertidur(jangan ketawa) beberapa menit sampai akhirnya dibangunkan oleh ibu. Padahal duduk depan,,malah ngantuk!Eh,tapi bukannya orasi dari ketua MPR membosankan lho!Isinya bagus kok,cuma Nabil malam sebelumnya kurang tidur jadi ya terpaksa tidur disana.hehehe….

Acara pagi(atau siang ya?) itu ditutup oleh bapak rektor unissula. Sebelum menutup acara beliau sempat berucap sedikit mengenai pentingnya kita bersyukur dan kembali meneruskan perjuangan Rasulullah dan para sahabatnya.

Keluar dari gedung fakultas kedokteran,bapak ketua MPR langsung membuka pameran IPTEK di gedung fakultas kedokteran juga(maaf nih buat yang merasa orang unissula,nabil ga hafal tempat2 disana). Sayangnya Nabil ga liat,soalnya Nabil langsung ngacir ke rektorat karena laper..Hehehe…

Yah,segini dulu aja liputan singkat dari Nabil. Agak telat memang,sebenarnya kemarin udah mau nulis tapi (lagi2) lupa password buat login ke sini.Waktu udah inget,Nabil baru sempat nulis sekarang!Oke,moga liputan ini bermanfaat.

wassalamualaikum…

7 thoughts on “Kunjungan Ketua MPR ke Unissula

  1. Gora says:

    Visualisasi dan video yang ditampilkan di acara tersebut yang buat saya lho Nabil… klo pengin liat lagi silahkan ke blog saya.. 🙂

  2. dendi says:

    wah nabil.. sayang banget ya nggak ada fotonya..
    Tulisannya bagus lho.. Informatif (walau agak2 agak narsis ;)) .)
    Jangan bosen-bosen yaa. Hidup Kucing!!

  3. nabila says:

    oh iya,,kmr juga ditawarin bpk jg buat liat tp nabil ga sempat ambil.ntar nabil liat di blognya om gora deh!
    ada fotonya koq mas,,tp lup adi upload.he5..
    eh,nabil br sadar nih,koq nama nabil blm masuk ke daftar tukang loenpia sih?
    Hidup Kucing!—>awas ya mas!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *