Membuat Toko Online di WordPress

Saya sangat tertarik mengotak-atik blog engine wordpress yang saya instal di belajarsendiri.com maupun di infosemarang,com. Kebetulan saat iseng searching di Google, saya menemukan plug-in wordpress gratis untuk membuat toko online menggunakan wordpress. Plug-in tersebut bernama WP e-Commerce Lite 2.0, buatan Instinct Entertainment. Aplikasi ini merupakan plugin shopping-cart (keranjang belanja) yang digunakan untuk memasarkan produk dan jasa secara online.

Cara instalasi-nya pun cukup mudah, Anda tinggal meng-upload folder wp-shopping-cart (bisa didapatkan disini) ke dalam folder wp-content/plugins/ dalam direktori wordpress. Selanjutnya tinggal melakukan setting, kustomisasi dan penambahan produk lewat Site Admin/Dashboard wordpress. Sebagai ujicoba, saya telah membuat sebuah toko online menggunakan plugin ini di toko.infosemarang.com. Atau, kunjungi situs http://www.filmshop.co.nz/ untuk melihat implementasi sebenarnya.
Namun yang menjadi kendala adalah, ternyata plug-in ini menggunakan Payment Gateway PayPal sebagai metode pembayarannya, padahal negara kita Indonesia tidak terdaftar dalam PayPal, sehingga kita belum dapat memanfaatkan sepenuhnya aplikasi ini untuk berjualan online melainkan hanya untuk melakukan ujicoba saja. Jadi, memiliki toko online dengan plugin ini masih sebatas impian saja ( . Anda punya solusi lainnya???

19 thoughts on “Membuat Toko Online di WordPress

  1. Gora says:

    Tapi ya itu peng… sayang Indonesia ngga terdaftar di PayPal… :(( Negara kita udah terlanjur di cap ngga baik dimata mereka… nasib.. nasib.. Aku masih cari-cari plugin WP lain yang support pembayaran via transfer bank… udah ada sie.. tapi ini baru proses eksplorasi..

  2. pepeng says:

    selama ini aku pke western union…klo ga via bank dollar.
    iya seh,paypal ga bisa msk endonesia…!!
    tapi,aku yakin msh banyak cara untuk ber-transaksi….!!
    Coba gor..??pikir lagi..ada cara yg lbh jitu gak?
    apalg km hbs nikah…otomatis bnyk ide…!!!

  3. joni says:

    pay pal sekarang udah bisa di pake d indonesia.

    toko.infosemarang.com ,bukannya ini domain parking??:-?
    wah ngejebak ni yah??

  4. Fuad Muftie says:

    Kan yg nulis bikinnya tahun 2006. Versi WP e-commercenya juga masih 2.0 waktu nulis. Sekarang sudah veri 3.6.7 mau 3.6.8

    Adakah yg sudah sukses pakai plugins tsb untuk pasar indonesia?

  5. anto says:

    pak, mekanisme toko online gmn si? saya mohon bantuannya dengan mengirin email ke alamat email saya. makasi…

  6. invideL says:

    yang saya masih bingung itu tentang cara pembagian ongkos kirimnya. gimana yah caranya biar shippingnya jadi kota2 di indonesia aja?

  7. thebatik says:

    Makasih mas, informatif sekali,.iya nih, kapan ya impian para pedagang online seperti saya bisa melebarkan sayapnya sampai luar negeri..sampai saat ini saya baru dapat kasih gratis ongkir se-indonesia, mungkin ada temen2 yang mau share lagi disini pengalamannya silakan..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *