Seru-seruan Rafting di Jeram Sungai Serayu

Hari Minggu kemarin tepatnya tanggal 22 Januari 2012, Loenpia mengisi liburan panjang untuk menaklukkan serunya arung jeram di Sungai Serayu dengan grade III – IV. Kami memutuskan berangkat dari Semarang Sabtu siang pukul 14.00 dengan 2 mobil untuk mengirit tenaga karena perjalanan ke lokasi arung jeram cukup jauh.

Dingin Dingin ya ngeWedang

Kami sampai di Parakan Temanggung sekitar pukul 18.30 karena jalan cukup macet mulai dari kota Ungaran dan baru lancar selepas Ambarawa. Sesampai di Parakan kami menginap di rumah @ipimaripi yang terletak di pinggir jalan raya menuju Wonosobo. Dan rombongan mobil ke 3 @elvibandanaku akhirnya menyusul datang pada pukul 22.30.

Setelah beristirahat semalam, dan diawali dengan sarapan pagi yang maknyus kami berangkat ke Wonosobo tepat pukul 7 pagi melalui lereng gunung Sindoro dengan jalan yang menanjak, sempit berkelok. Meski dengan kondisi jalan yang berliku tapi kami menikmati pemandangan yang sungguh indah dengan berbagai macam tanaman sayuran yang tumbuh subur di sekitar lereng Gunung Sindoro.

Ini Aslinya Kedinginan !
Tadinya kami ingin melakukan tea walk di sekitaran lereng Gunung Sindoro, tetapi berhubung suhu udara yang sangat dingin kami akhirnya memutuskan untuk singgah sebentar hanya untuk pipis saja!

Sekitar pukul 10.00 kami menemui rombongan mobil ke 4 dari Yogyakarta dan operator rafting dari Kompas Adventure di meeting point terminal Wonosobo. Dan kemudian kami ber 18 orang peserta plus skipper dan pemandu 4 orang berangkat menuju start point di Desa Capar Wonosobo.

Bergaya Itu Penting !

Sebelum mulai arung jeram, instruktur menjelaskan beberapa prosedur safety yang harus di terapkan para peserta untuk keselamatan bersama. Tepat pukul 10.30 para peserta di bagi dalam 3 perahu, dengan 1 perahu isi 6 orang.  Saya satu perahu dengan @elvibandanaku, @lawabiroe, Anggun, Said dan Ambar dari CouchSurfing.

Sebelum Turun ke Sungai

Perjalanan rafting yang menempuh jarak kurang lebih 20 km ini terbagi dalam 2 etape. Etape pertama saya duduk di belakang bareng @lawabiroe. Di etape pertama kami tempuh kurang lebih 1.5 jam dimana jeram yang kami lalui belum begitu banyak yang deras dan dalam.

Akhir dari etape pertama kami beristirahat ditemani sajian tempe kemul khas Wonosobo, kalau di Semarang sih biasa di sebut tempe mendoan dan minuman kelapa muda. Setelah beristirahat cukup kami melanjut etape ke 2 dengan pindah posisi. Saya duduk di depan bersama @lawabiroe.

SERU !

Di etape ke 2 inilah baru kami menemui jeram yang sangat deras dan dalam. Pada saat melewati jeram dengan batu yang besar dan jalur yang sempit akhirnya saya sukses kecemplung di Sungai Serayu. Padahal sebelumnya jika saya lihat dari atas sungai, arus tidak terlalu deras. Baru setelah saya tercebur baru merasakan betapa derasnya arus Sungai Serayu. Saya sempat tenggelam dan minum air sungai beberapa kali dan terseret kurang lebih 20 meter. Alhamdulillah saya berhasil di tolong rekan satu perahu.

Dan ternyata bukan saya saja yang jatuh ke sungai, @lawabiroe juga kena imbasnya karena tertimpa saya dan ikut tersebur sungai dengan sukses *hahahaha…pisss ya wooo*

Setelah naik perahu saya baru sadar pipi saya berdarah terantuk batu sungai yang cukup besar dan tajam. Ah, tapi pipi berdarah tidak saya rasakan karena terlupakan oleh keriangan dan kegimbaraan perjalanan rafting selama 2.5 jam.

Akhirnya kami finish di desa Kuthayasa Banjarnegara dan di jemput oleh kru dari operator. Setelah mandi dan ganti baju para peserta menikmati makan siang ikan bakar yang maknyus dan mengenyangkan. Kurang lebih pukul 6 sore kami baru meluncur kembali ke kota tercinta Semarang.

Benar-benar liburan dan pengalaman yang menyenangkan bersama teman-teman. Oh ya, untuk menikmati rafting di Serayu tidak mahal. Biaya hanya Rp.200.000/orang saja. Dan kami sudah berencana akan menikmati kembali pengalaman rafting di Sungai Bogowonto di Purworejo.

Nantikan cerita seru selanjutnya!

15 thoughts on “Seru-seruan Rafting di Jeram Sungai Serayu

  1. HP Yitno says:

    Wah serunya arung jeramnya. Pengen banget merasakan serunya arum jeram. Asyik deh kayaknya….
    Fotonya juga keren-keren and cool abiezzz. Pada kedinginan ya..??

  2. lasin says:

    baru aja ketemu se hay kenal tadi sore di acara pethasan eh ternyata sudah pernah main di kota kelahiran saya.. like lah pokokmen,, gmana gan tentang banharnegara gilar gilar

  3. Jelajah IPTEK says:

    banyak ilmu yang saya dapatkan disini, khususnya yang aku baca saat ini tentang rafting, jadi teringat masa lalu, terimakasih dan salam ukhuwah wahai sauadaraku.

  4. brameylianto says:

    salam kenal

    perkenalkan saya brameylianto hari market promotion dari cv.arung jeram serayu, mohon maaf saya mau menawarkan paket arung jeram di serayu.
    Bosan tempat wisata yang biasa-biasa saja atau kurang menantang? Mari rasakan sensasi wisata arung jeram di sungai serayu banjarnegara bersama kami Arung jeram serayu untuk informasi silahkan kunjungi website kami di
    http://arungjeramserayu.com/site

    pin:3135D400
    phone +6285247097777
    telp/fax : (0286) 5833313
    email : info@arungjeramserayu.com

    untuk mendapatkan harga paket arung jeram di sungai serayu silahkan invite pin bb saya atau bisa tinggalkan alamat email di inbook email kami, biar langsung kami kirimkan penawaranya via email.mohon maaf menganggu waktunya.
    jabat erat “dan semoga sungai mempertemukan kita”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *