Taifu Juusan-go (Angin Topan ke-13)

Hari ini Taifu Juusan-go (angin topan ke-13) memporakporandakan Jepang bagian Selatan seperti kota Miyazaki, Kumamoto dan lain-lain, hingga Hiroshima yang berada lebih ke Utara, menewaskan 8 orang, 1 orang hilang dan banyak lagi yang luka-luka. Kereta api Red Express milik JR Kyushu juga dibikin terguling. Sedangkan mobil, sepeda maupun sepeda motor dibikin jungkir balik. Malah ada mobil yang dibikin nyungsep ke sungai hingga menewaskan pengendaranya.

Mas Topan yang ini berkecepatan 40 m/detik, bergerak ke atas (Timur Laut) dengan kecepatan 40 km/jam. Diperkirakan malam ini atau besok pagi sampe di sini (Shikoku). Wah,..bisa-bisa besok pagi bangun tidur tau-tau udah di tengah sawah nih… 🙂 Smoga aja nggak lah ya,…

Terpaksa deh saya nggak bisa kemana-mana, takut nggak bisa pulang ke apartment. Besok Senin pun kita disuruh libur oleh Boss. Demi alasan keselamatan. Khan katanya Anzen Dai-Ichi (kira-kira artinya “Utamakan Keselamatan”).

Pulau Shikoku dihubungkan ke Pulau Honshu (pulau utama Jepang) dengan jembatan Akashi Kaikyo Ohashi,Naruto Ohashi dan jembatan Seto Ohashi serta armada kapal Ferry dan pesawat terbang. Jika terjadi hantaman angin topan seperti ini, maka demi alasan keamanan jalur-jalur penghubung tersebut akan ditutup. Pulau ini jadi terisolasi.

Angin topan di Jepang diberi nomor urut. Kadang dalam setahun hanya mencapai nomor urut 20-an, tapi bisa sampai 30-an. Meski orang Jepang sudah akrab dengan angin topan/taifu, jatuhnya korban tetap tak bisa dihindari. Tapi setidaknya bisa diminimalisir dengan berita yang disiarkan secara terus-menerus tentang si-kon angin topan yang sedang berlangsung, baik melalui tv maupun radio.

Masyarakat Jepang pun sudah terlatih menghadapi aneka bencana. Dan setiap pemerintah kota atau wilayah terus memberikan penyuluhan tentang penanggulangan bencana lewat selebaran, majalah ataupun koran yang disebarkan secara gratis.

Yah,..smoga topan segera berlalu. Seperti saya bilang, saya masih ogah jadi Superman yang bisa terbang kenthip

Salam dari Shikoku,

masfiq

http://www.AsianNetBisnis.blogspot.com

 

 

6 thoughts on “Taifu Juusan-go (Angin Topan ke-13)

  1. asepbs says:

    Untung saya hari ini sudah kembali ke Tokyo. Pekan lalu saya berada di Fukuoka selama seminggu, lewat Kyoyo dan Hiroshima. Waktu itu mendung terus dan banyak angin, mungkin pertanda taifu mau datang. Semoga Mas Topan tidak nyusul ke Tokyo. Juga tidak nyusul ke Pulau Shikoku. Amien.

  2. masfiq says:

    Syukurlah udah sampe Tokyo. Lihat Taifu lewat TV lebih aman khan,..:)
    Lha sekarang jendela kamar saya udah mulai berisik nih,.. Jadi nggak bisa tidur, padahal udah hampir jam 2 pagi. Ngantuk banget…|-)

  3. H412U says:

    ki o tsukete ne minna nihon ni iru hito…karada ni daiji ni site…

    maklum dijepang klo ga gempa ya angin topan…
    tapi lebih enakkan disana ketimbang di indonesia…
    disini nganggur terus blm dpt kerjaaan,
    pingin balik kesana nih…?!!!
    he..3x

    ganbarimashooka..?!!!!

  4. masfiq says:

    hai, domo arigato gozaimasu..

    wah..saya koq milih kerja di indonesia aja. daripada duit abis buat cari kerja atau cari jalan buat balik ke jepang, mending duit yang ada buat wirausaha. ini saran lho,.. toh tiap orang ada pertimbangan sendiri-sendiri khan? sekedar pengalaman, saya pernah buka cafe dengan modal Rp 250 rb Rp 75 rb hasil UTANG dari 2 temen saya.
    Alhamdulillah, rame.. artinya, buka usaha dengan modal seadanya juga bisa koq. Gak ada kewajiban buka usaha harus punya modal sekian puluh juta dsb… sekali lagi, ini sharing pengalaman.
    saya yakin mas khan udah ngerasain etos kerja orang jepang, pasti bisa lebih ganbaru daripada orang lain.

    jibun no kuni de issho ni ganbarimashoka?

    from shikoku-japan with love and peace,

    masfiq

    http://www.asiannetbisnis.blogspot.com

  5. h412u says:

    kochira koso arigato ne…..!
    saisho kita toki ne so to omottan dakedo sa…dandan kangaekata kawatta koto desune..
    ya itulah negara kita masih amburadul, birokrasinya terlalu bertele2…mau kerja harus ada relasi, mau buka usaha sendiri kog ya ga ada ide2 ..susah …he3x
    ya itulah orang, keinginan berbeda2..bukti dari keagungan Tuhan yang bisa menciptakan mahluknya berbeda2…
    ja mata ne …jikan attara mata aimashoo…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *