Besok Internet Datang

IklanAgak kaget juga pertama kali melihat iklan ini di salah satu TV Indonesia. Sambil berusaha menebak-nebak siapa yang membuat program ini, saya tersenyum dengan reaksi lugu setiap bintang iklannya ketika menanggapi kedatangan si Internet. Ketika iklan hampir berakhir dan logo sang perusahaan mulai muncul dengan jelas, maka terjawablah siapa yang beriklan. Ada perasaan kagum dan haru, meski diliputi perasaan ragu akan program ini. Seandainya betul-betul dilaksanakan dengan tulus, tentunya usaha ini tidak akan sia-sia. Bukan sekedar hangat-hangat tahi ayam.

Bercermin pada Kebumen, salah satu kota yang sukses dengan proposal program TI-nya… Seandainya program ini dapat diberikan secara gratis kepada masyarakat dalam jangka waktu tertentu dan dipelihara secara rutin (baik tutorial, perawatan hardware, maupun sosialisasi), tujuan untuk membuat masyarakat Indonesia melek internet tentunya tidak akan sia-sia. Dengan membuat mereka melek internet, banyak kemajuan yang tentunya dapat diperoleh (baik masyarakat maupun perusahaan sponsor tersebut pada nantinya).

Pada akhir tahun 1996, saya dan rekan-rekan kampus tidak pernah membayangkan bahwa si Internet akan menjadi sangat familiar bahkan mendominasi kehidupan kampus seperti saat ini. Waktu itu, pada saat awal kami melakukan sosialisasi internet di kampus dan SMA-SMA sekitar Semarang, internet masih dianggap sebagai barang mahal dan bukan hal yang penting. Namun berkat software PROXY yang masih jarang pada saat itu, biaya telepon dan internet dapat dibagi bersama. Meskipun dengan modem 36Kbps, akses internet dapat dinikmati oleh 20 user secara bersamaan (memang lambat, tapi tak terasa pada waktu itu 🙂 ). Setiap minggu, rekan-rekan di kampus saya menunggu sang internet datang ke lab komputer untuk dipakai bersama-sama. Mungkin perasaannya sama antusiasnya dengan tokoh-tokoh dalam iklan tersebut.. ketika menunggu internet datang besok.. 🙂

24 thoughts on “Besok Internet Datang

  1. ono says:

    jaman SMA dulu beloem tahu yg namanya internet “anakdusun…sih” dan justru rame-ramenya maen interkom ,80M an hingga larut malam.

    Sekarang…… makin gileee aja bisa mangkal di warungnya YM! hingga selarut ini.

  2. oppie_matthew says:

    Pertama kali “kenalan” ama internet kelas 2 SMA, gara2 kakak abis maen internet bareng2 di kampus, trus diceritain macem2 :P.

    alhasil, berangkat dari sekolah berempat ke warnet terdekat dengan bawa duit 10rebu doang, coz bayarnya kalo ga salah 8 rebu.

    busyet dah, aku baru tau kemudian kalo ternyata IEnya diseting biar gambarnya ga bisa keluar, biar loadnya ga lambat kali :P. pantesan ga ada gambarnya hihihihihihi

    piyuh…. gitu deh kenalan ama internet 😀

  3. Gora says:

    Gw jadi inget masa-masa SMA, sekitar tahun 1996/1997 an, sering nge-net di Warnet Wasantara di kantor pos Johar (tapi sekarang sudah tutup)… Demam IRC pake script yang dibuat sendiri.. he..he… :d

  4. pepeng says:

    mm….well..aku juga masih inget,pertama kenal internet di ajak ama tmn kuliah..pas semster1.pertama buka site2 porno,krn yg pling judah di inget….so..3 bln kemudian aku kepikiran bikin web…semua berangkat dari cuman angan2 pas mau molor…tapi sekarang…angan2 itu di depan mata….dan nyata….heheheh…
    Internet itu bagai mata pisau….
    tergantung kita yg menggunakan-nya…
    ati2 brooo ama internet….

  5. lowo says:

    ow, jadi inget waktu SMK dulu. Taunya cuman tulisan WWW yang di dimuat di harian Suara Merdeka pada hari2 tertentu.. aahh,, waktu itu ga peduli sama sekali,, ga mudeng sih,, taunya cuman bisa ngetik WS ama Lotus. Tapi sekarang kalo ga pegang YM atawa buka imel sehari aja kok terasa aneh ya.. heuheueu.. :d
    internet ohh internet… 😡

  6. kholix says:

    dikit kilas balik ke masa lalu pertama kenal internet diajak temen, pas sampai di depan kompi pengennya ingin tau gambar2 bokep molo hehe…:d, walau dengan bayar agak mahal sejamnya tapi asek juga, dan senggang 4 tahun kemudian baru akrab banget ma internet, warnet XMED pertama kali buka dapat gratisan:-“, dan tinggal orangnya seh mainan internet itu karena iternet seperti mata panah yang tergantung kemana kita arahkan…:)>-:)>-

  7. anh@r says:

    pertama kali kenal internet diajari cara bikin e-mail dan chatting sama petugas yang jaga. wuihh… seneng banget jadi keranjingan ke warnet.
    Pengalaman yang kadang biking senyum sendiri (kalo pas lagi ingat): ngajak cewek ke warnet sambil ngajarin cara memanfaatkan fasilitas internet kayak cara mudah bikin makalah lewat ambil artikel orang lain (he… he.. ngajari plagiat dah brani sombong)

  8. Ridwan says:

    Semoga ke depannya akan murah. Salah satunya indikatornya ditunjukkan oleh pricing Telkom Speedy. Memang belum semurah yang dibayangkan. 😕

    Di Bangkok, ADSL 256 kbps unlimited bisa diperoleh hanya dengan uang 150 ribu rupiah per bulan. Itu pun sudah dengan bonus 1 modem router di awal. 😮

    Tapi hal ini bisa terjadi karena adanya persaingan yang seimbang antar ISP di Thailand. 🙂

  9. adijundi says:

    :d saya juga gembira kalo internet bisa masuk kesekolah2.. karena pelajar bisa ngambil bahan2 tambahan dari internet.. so.. mereka ga perlu jauh2 ke warnet :d

  10. fian says:

    hehehe, iya yach… dulu sewaktu aku kelas 2 SMK paling jago internetan, ampe di mintai tolong ngajar pelajaran tambahan di skul aku dari jam pulang skul ampe 5 sore…

    ngajarin chat, bikin email, browser, dll kecuali desain :d…..

    jadi inget masa lalu nich… (ngajarin cewe cakep ampe kemaleman :d )

  11. Ridwan says:

    Ya… semoga program ini bisa melahirkan “Fian-Fian” baru di desa. So.. mereka juga bisa dapat kesempatan untuk ngajari cewek-cewek di desanya :)>-

  12. Hizalia says:

    Pertama kenal internet waktu SMP, biasanya di warnet sebelah gramedia pandanaran (waktu itu ada warnetnya). Ngomong2 soal speedy, baru aja ada pameran. Harganya? utk yg unlimited per bulannya 2 juta!!! :(( Jadi ngiler ma harga di Bangkok….

    Internet masuk desa –> ngadain pelatihan di desa yoook!

  13. hijuan says:

    say ingin marah jika tahun 2007 tidak ada internet gratis. sebab internet kan sekarang seperti kebutuhan pokok lebih kali

  14. "nYaA' says:

    😕 q pKiR..inTerNet it Udah kButuHan wjB kaLi y…cZ,duNia ni tuH udaH gLobaL…dan inTerNet itu saLah satU peNgembang9annya, maSa jaMan udah gNi bLm meLek inTernet???
    BwaD piHak2 tertenTuu
    biKin inTerNet jD gratisssssss duNnnn…
    byaR smw oR9 bs nikmaTin inTerNet,,,
    saMpe kaLan9an bwah,,,kaLo pRLu saMpe peLosok deSaaa!!:)>-

  15. nuruL says:

    xLu mnRt Q inTeRnEt tu bwT masYaRkt uda kYk beRita , ting9aL 0rng na ja , bs mEmanfaAtkan na dg baEk Pa g . . . . . . . gitu .
    m0ga ja pemErintah bs memPerkuAt Layanan & 0rang – 0rang dEsa bs mengakses inTernET dg mudah
    0kay . . . . . . . . .:d/:):-?:-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *