KoBer Etika dan Keamanan Internet Bersama Sam Ardi

Setelah beberapa kali dibahas dimilis, dirembug inbox sana sini dan meeting sak kobere, akhirnya #KOBER bulan Juli ini terselenggara dengan cantik. Narasumber tunggal kita @Sam_ardi akhirnya keblondrok sukses membagikan ilmu yang sangat berharga tentang “Etika dan Keamanan Internet” setelah terenyuh, tersentuh, terbujuk rayuan mawut Sodara @novpras.

#KOBER kali ini terasa spesial lho, kenapa? karena acaranya juga disiarkan dan bisa didengarkan secara langsung (streaming) lewat Radio Online Loenpia, bersama DJ Sejuta umat Dambaan Calon mertua, DJ @jeepban. Jadi teman-teman loenpia yang jauh disana, jakarta, jogja, bandung, australia dan bolivia yang tidak sempat datang ke Parahita Coffe Shop bisa mengikuti acara #kober lewat Radio @Ro_Lin.

Dari sudut kanan kita @sam_ardi, siapa yang tidak kenal dengan pria berjenggot tipis ini? Pakar IT dan ahli forensik dari malang yang sering dicari-cari @tifsembiring, dengan hasil pencarian di google Sekitar 33.000 hasil dalam 0,29 detik, memulai acara inti dengan memutarkan 3 video tentang social media, data data internet didunia, fakta dan prediksi tentang internet pada tahun 2011 ini, sungguh menarik dan dapat melihat internet dari sudut pandang yang baru.

#duh mungkin otak saya sudah mulai bebal, sampai gak ingat secara detail apa yang disampaikan, karena saat #kober berlangsung saya sibuk mendokumentasikan, motret dari berbagai sudut. Tapi intinya di Internet itu tidak ada yang aman, banyak celah untuk kejahatan dan penipuan. Jadi kita harus meningkatkan kewaspadaan dan pertahanan untuk melindungi data diri kita yang berharga.

Ada beberapa tips sederhana supaya aman dari Sam Ardi:

  • bila kita memakai komputer umum/warnet/pinjam teman, jangan lupa LOG OUT sebelum meninggalkan tempat
  • saat membuat Security Question, jangan gunakan pertanyaan dan jawaban yang mudah ditebak, misal tanggal lahir, kota asal, nama orang tua, nomor sepatu.  Namun bisa diakali dengan jawaban yang tidak nyambung misal “kota kelahiran anda? jawabannya “kwarepmyuuu”
  • Jangan memberitahukan password kepada siapapun, sekalipun itu pacar anda, karena password ibarat celana dalam, yang bersifat pribadi sekali.
  • Saat mendapat permintaan teman di facebook dan Social media lain yang anda tidak kenal, jangan asal approve, lihat dulu profil dan teman bersama anda
  • sering terjadi penipuan di facebook dan berbagai website Bank, form isian sama persis tetapi URLnya salah, alamat domainnya disamarkan, jadi periksa URL dulu sebelum memasukan User dan password.

Jadi itulah beberapa poin yang berhasil saya ingat dalam otak seberat 1.3 kilo dan rambut atas yang mulai menipis, selebihnya saya sibuk makan kentang dan nyruput es teh sambil foto-foto. Rekaman radio nanti akan diputar kembali sebagai media pembelajaran bersama.

Waktu 2.5 jam terasa begitu singkat, dan sepertinya masih banyak peserta yang tertarik ingin bertanya-tanya. jadi bila masih ada yang ingin ditanyakan bisa menghubungi lewat jalur pribadi, twitter dan blog mas @sam_ardi @slamsr @jeepban @loenpia. Sampai jumpa di #KoBer bulan Agustus.

10 thoughts on “KoBer Etika dan Keamanan Internet Bersama Sam Ardi

  1. slams says:

    jeeepp akhirnya udah bisa diganti jeep hehehe
    walaupun kemedol wajahnya… tapi temapuk jugak hehe
    ampun dijeeee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *