Kopdar “serius dan bermutu” ala Loenpia

Seperti yang pernah ditulis oleh Joice Wycoff dalam bukunya yang berjudul Mind Mapping, hal yang paling penting dan fundamental dalam menentukan kualitas perilaku adalah pengenalan terhadap diri sendiri. Dan rata-rata man

usia hanya menggunakan 0,01% dari kemampuannya artinya masih terdapat potensi 99,99% yang belum termanfaatkan dengan baik.

Di loenpia yang terdiri dari beragam pola pikir anggota milisnya memiliki beragam potensi yang sepertinya belum terangkat bakatnya. Dimulai dari yang masih bersekolah, enterpreanur di beberapa bidang, jurnalis, pendidik, profesional sampai dengan calon PHD di negara tetangga.

Hanya dimulai dari saling lempar tanya jawab pertanyaan di milis, seringkali secara tidak disadari dari situ kita bisa melihat potensi diri dari beragam anggota tersebut. Sebagai contoh ada seorang anggota di milis yang bertanya tentang administrasi “Shipping” ke luar negri. Lalu di jawab oleh anggota yang lain yang pernah atau memang sehari-hari mengurusi hal ini.

Dari diskusi-diskusi di milis itulah secara akumulutif blogger loenpia mengadakan konsep kopi darat (kopdar) serius dan bermutu ala Loenpia. Bertempat di rumah Pak Dwi Pramono disepakati kopdar dilaksanakan. Dengan ditunjuknya Danindra sebagai MC seumur hidup dan beberapa rekan loenpia yang bersedia membagikan potensi-potensinya untuk kopdar kali ini.

Dimulai dari Mas Cordiaz (IT salah satu koran terbesar di Indonesia) yang mempunyai pengalaman (menjual bandeng) marketting menggunakan Google Ads. Dari cara-cara mendaftarkan domain di google, sistem pembayaran iklan, trik supaya iklan kita bisa tepat serta trik-trik yang membuat penasaran rekan-rekan yang datang di kopdar ini.

Mas Cordiaz

Lalu Pepeng yang pekerjaan sehari-harinya sebagai marketing untuk salah satu perusahaan Furniture Luar Negri juga turut membagi-bagi pengalamannya. Bahkan trick bagaimana untuk mencari seller sampai mencoba mengenalkan caranya agar para hoby photography dapat memberikan atau menjual hasil karya photo nya lewat internet. Serta pengalamannya yang berhasil mengirimkan beberapa kontainer yang berisi furniture-funiture juga di sharing.

Pepeng

Wawan alias wedhouz yang pendiam ternyata mempunyai usaha di bidang shipping juga ikut memberikan pengalamannya selama dia membantu customer sehingga barang tersebut dapat sampai di tujuan (luar negri). Dari dokumen-dokumen yang diperlukan, pajak-pajak yang dikenakan untuk eksport-import sampai hal-hal teknis seperti ukuran kontainer, sampai kebijakan di tiap negara yang ternyata berbeda untuk teknis pengiriman barang.

Wawan "wedhouz"

Terakhir Yogie mantan carder yang sudah tobat ini memberikan contoh real bagaimana agar barang-barang dari luar negeri dapat sampai ke Indonesia. Dimulai dari mencari virtual office sebagai tempat transaksi ataupun pengiriman dokumen sampai dengan hal-hal apa saja agar biaya-biaya dapat diminimalisir. Lebih lengkapnya seperti sosial engineering juga dibahas oleh blogger selalu berkepala plontos ini.

Yogie

Walau kopdar kali ini temanya serius, tapi bukan loenpia namanya kalau terlalu serius. Diselingi dengan makanan minuman seadanya sampai candaan yang membuat keintiman semakin kuat antar anggotanya dan memang itulah gunanya kopdar bukan?Untuk sesi Ice Breaker ada doorprize bukunya Latree yang berjudul Suicide dan juga kaos, yang kali ini saya ternyata salah satu orang yang beruntung mendapatkan buku tersebut 😀

Cheerrsss

Bukan hanya anggota loenpia saja yang datang, rekan dari milis bengawan juga hadir. Terimakasih kepada Aneg Anindita serta Affifa yang turut hadir. Dari hasil kopdar serius ini, memang diharapkan akan berkelanjutan setiap bulannya tentunya dengan tema yang berbeda pula. Sehingga nantinya dari milis ini kelak muncul potensi yang besar dari para anggota loenpia, AMIEN.

Rekan Bengawan
Para pembicara kopdar "serius"
Serius??

29 thoughts on “Kopdar “serius dan bermutu” ala Loenpia

  1. danindra says:

    itu buku suicide karya mbak latri adalah pemberian pak dwi pramono, sama masih akan ada satu doorprize lagi..salut buat pembicara…salut buat korlap n mc nya..*dikeplak

  2. sofyanr says:

    sip… sayang sekali aku gak bisa ikut sampai tuntas. Terima kasih sudah mau berbagi ilmu karena berbagi tak pernah rugi.

    Smoga yang jadi pembicara kmarin makin lancar rizkinya.

  3. sesy says:

    kereeeeeeeeeennnnnnnnn
    tapi aku masih sebel karena gak bisa ikutan T.T
    lagiiiii dong, biar makin banyak ilmunya n makin banyak kesempatan buat ikutan. jd miss yang satu gak miss yang lain.

  4. bangjo says:

    wihihi.. kopdar kali ini dapet 1 kaos dan 2 buku sebagai doorprize 😀
    tapi yg lebih penting dapet banyak ilmu yg sangat2 bermanfaat!
    manstab!! semoga terus berkelanjutan Kober Loenpia..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *