Who Am I?

Introduction Nama saya Wiwien Wintarto. Kerjaan saya banyak. Penulis, novelis, tukang ngritik film, penulis skenario (tapi gagal!), blogger, Friendsterer, Multiplyer, chatter, gamer, etc etc, pokoknya semua berada di sekeliling peralatan komputer.

Dua hal yang paling berarti dalam hidup saya memang menulis dan komputer. Pertama kali saya mengenal komputer adalah tahun 1988 lalu, saat memori komputer masih 64 KB… OK. Waktu itu komputer masih merupakan barang langka yang sangat mewah. Pas pertama melihat dan menggunakanya (untuk nge-print dengan program Printmaster), saya berasa kayak lagi main film seri Automan (ada yang tahu atau inget serial itu?).

Tahun 2000, saya kerja di Wahana Komputer, mBangkong, sebagai penulis buku komputer. Proposal yang saya ajukan adalah teknik praktis membuat homepage dengan Microsoft FrontPage 2000. Mereka setuju, dan terbitlah buku Panduan Praktis Pembuatan Homepage dengan Microsoft FrontPage 2000.

Lucunya, sampai sekarang saya nggak ngerti bagaimana dulunya saya sampai bisa bikin itu buku. Saya belum pernah bikin homepage pakai FrontPage dan belum pernah mempraktikkan teknik-teknik dari program itu. Caranya aja sekarang udah lupa dan sama sekali gak mudeng. Mirip kalo ada buku Teknik Praktis Mengoperasi Usus Buntu yang ditulis bukan oleh dokter, melainkan tukang jahit!

Selesai satu buku, saya kemudian masuk Tabloid Remaja Tren di posisi editor mulai Maret 2001. Pangkat saya naik jadi Redaktur Pelaksana pada tahun 2002 dan kemudian Wakil Pemimpin Redaksi tahun 2004. Jabatan ini terus saya pegang sampai Tren ditutup pada bulan Desember 2005.

Selain jadi jurnalis, saya juga ngobyek bikin novel. Buku pertama saya, Kok Jadi Gini?, terbit bulan April 2005 di bawah label Teen’s Heart milik penerbit PT Elex Media Komputindo, yang biasa nerbitin buku-buku komputer (komputer lagi!) dan komik-komik Jepang itu. Berikutnya menyusul Waiting 4 Tomorrow (Mei 2005), The Rain Within (Agustus 2005), dan Rendezvous at 8 (Maret 2006).

Selepas dari Tren, saya jadi freelancer sampai sekarang. Saya nulis apa saja, terutama untuk Edisi Minggu Suara Merdeka, sambil melanjutkan kesibukan ngegame dan bikin novel. Ada juga satu-dua orderan bikin skenario sinetron pesenan beberapa produser Jakarta. Tapi usaha ini nggak pernah jalan dengan mulus karena mereka penyuka Hidayah sedang saya benci bukan main. Jadinya ya nggak pernah klop. Eyel-eyelan mulu! Kapan syutingnya?

Yang jelas, status kayak saya enak dan patut ditiru. Penghasilan not bad padahal nggak perlu ngantor 9 to 5 tiap hari, nggak ketemu bos yang nyebelin, nggak diatur-atur jadwal plus aturan, dan selalu punya waktu yang berlimpah untuk menggarap Age of Empires, Championship Manager, Sim City, The Sims, Grand Theft Auto, Master of Orion, or simply Pinball dan Free Cell!

10 thoughts on “Who Am I?

  1. masfiq says:

    Wuiih,hebat rek..! Tapi nggak bikin novel macem Nick Carter khan?.. 🙂 Bisa bikin pembaca-nya minum es teh bergelas-gelas he..he..
    Pertama kenal komputer tahun 1988? Sama dong, saya juga tahun itu baru kenal kompi di IMKA depan BPLP.
    Kalo nyalain kompi bisa ditinggal tidur dulu, baru ready for use.. 😀
    OK deh.. Youkoso Loenpia e (Met dateng di loenpia).. Ditunggu postingan-nya nih.. Cuma ya kagak ada honor lho,..

    from shikoku with love and peace,

    masfiq

    http://www.AsianNetBisnis.blogspot.com

  2. jiban says:

    SALUT bwt mz. wiwien, perlu diperhitungkan keberadaannya di loenpia, jangan sampe mz yg satu ini kabur dr tukang loenpia\:d/:-“:-“

  3. lowo says:

    selamat datang mas Wiwin…
    mana blognya ??
    mana photonya ??
    kaya’e mas yg satu ini kalo di poto tanpa ekspresi deh (sok cool)
    ekspresinya donkk, ekspresiiii… 8-|
    heuheuhe…
    kapan nonton bareng nih,, mosok rencana thok,, :d

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *