Membuat File MP3 Kompres Sendiri

Sebenarnya tips ini udah nggak begitu populer lagi, tapi buat yang belum tau akan cukup menarik. Bagi yang udah tau caranya, harap maklum ya.. karena ini memang ditujukan untuk yang belum tau aja, atau bagi yang selalu mengandalkan konter hape.

Akhir-akhir ini banyak konter hape yang menyediakan fasilitas bermacam-macam. Jadi nggak hanya untuk jualan hape dan voucher aja, tapi udah merambah ke bisnis lain, seperti jualan aplikasi, ringtone, dan mp3. Nah biasanya untuk aplikasi kita kena charge dari yang punya konter seharga 5000 rupiah. Dan untuk mp3 harganya cukup bervariasi, tergantung dari jumlah mp3, kualitas lagu, dan tentu lagunya itu populer apa ndak. MP3 yang ditawarkan oleh penjual itu adalah mp3 yang sudah dikompres lagi, bisa dibayangin khan? file mp3 yang merupakan kompresan, dikompres lagi ama yang jual untuk menghasilkan file yang ukurannya lebih kecil dan kualitas suara yang hampir “sama”. Parahnya kalo kompresannya ngawur, alias cuma make BitRate 24 KBits/sec. Padahal rata-rata file mp3 itu bitrate-nya 128 KBits/sec.

Nah, kita bisa bikin file kompresan sendiri, dan mengatur sendiri mau make BitRate berapa, sehingga akan menghasilkan file mp3 yang cocok dengan kita baik ukurannya dan kualitasnya. Sebelumnya saya tekankan, ni saya nyoba di ponsel Nokia yang sudah mendukung format mp3, jadi untuk ponsel jenis lain, saya blom pernah coba.

Okeh, peralatan yang dibutuhkan adalah:
1. HAPE (hehehe..)
2. Konektor (kabel data, irda, blutut, card reader) –> pinjem aja
3. Komputer atawa Laptop.
4. Software Sonic Foundry Sound Forge Full Crack. (aku make versi 6.0).
5. Makanan dan minuman ringan secukupnya.

Okeh, persiapkan dulu semuanya, yang agak susah paling cari software-nya aja, cari di rental CD terdekat, plus minta cracknya. Disini kita butuh 2 crack, yaitu untuk softwarenya sendiri yang menghasilkan serial number, yang satunya untuk crack fasilitas mp3-nya. kalo nggak di crack, kita cuma bisa bikin file mp3 sebanyak 20 kali aja. Kalo susah dapet cracknya, japri saya aja.

Udah dapet semuanya? sip, install dulu, trus siapkan file mp3 yang mau di kompres kedalam satu folder, bukan kenapa2.. Biar gampang organisirnya aja. Trus buka Sound Forge-nya. Setelah terbuka, klik Open untuk membuka file mp3 yang akan kita kompres. Setelah terbuka akan tampil semacam grafik wave (aku ga tau namanya). Nah setelah itu klik File -> Save As..

Klik Tombol Custom, lalu dibagian Encode Setting pilih bitrate yang anda inginkan. Biasanya saya make 56 KBits/Sec. Oh iya, Anda bisa menambahkan title, album, artist dan segala macem dibagian ID3 Setting. Kalo udah klik OK. Sekarang tentukan Save In anda.. maksudnya file itu mau disimpen dimana.. ehm, biar gampang masukin ke folder baru aja.. (misal mp3-kompress). Trus klik Save dengen mantab dan semangat… Tunggu bentar, dan jreengggg… file mp3 dengan ukuran lebih kecil sudah jadi buat Anda.. Sebagai contoh saya kompres file mp3 segede 4,40 mb, dengan bitrate 56 KBits/sec berubah jadi 1,54 mb.

Sekarang tinggal konekkan hape atau MMC anda ke komputer, trus pindahin aja ke hape.. Lalu denga Ultra MP3 anda scan file mp3 anda, dan jreengg file mp3 tadi udah tampil di playlist..
Gimana? bisa ndak? ternyata bikin 1 file mp3 cuma butuh waktu kurang dari 3 menit. Dengan gitu khan kita bisa gonta-ganti lagu sesuka hati.. hehehe…

32 thoughts on “Membuat File MP3 Kompres Sendiri

  1. ade says:

    wah ane baru tau ini ade milist ngumpul2 ginih…
    tapi bole juga tips kompress mp3nya
    ane mau japri kemana nih brur

    thanks

  2. olink says:

    wah bgus juga tuh ilmunya…sorry ya aga telat/….

    tp gw denger2 ada softwre yag khusus buat kompres mp3..
    namanya ogg vorbis dan itu masih open source…
    gw masigh nyari softwarenya di internet tp blum ktemu… tolong doung yg punya sofwarenya…

    thank’s

  3. Agus R.L. Situmorang says:

    Hai … !!!

    Sebelum nya saya minta maaf ya jika saya mengganggu waktu anda … , saya ingin meminta file Mp3 yang telah dikkompres ,apa boleh ya … , soal nya saya belm mengerti juga atuh gimana cara nya , ya jadi saya hanya bisa meminta file nya saja yang telah di kompress itu pun jika anda mau memberikan nya ke saya … , saya ingin menyimpan file Mp3 yang telah dikompres untuk menggangtikan file Mp3 Hp 6600 saya yang sempat hilang / terhapus karena di format ulang memory nya … !!!

    Atas bantuan nya saya ucapkan terimakasih … !!!

  4. mita says:

    :(( duh mbak-mbak sama mas-mas, katanya ada situs khusus buat dwnload lgsg software yg buat ngompres file mp3 yah,,,, jd gak harus pny software sound dkk…???? apa sih biar gampang,,, hehehe mumpung lagi OL. Trims ya

  5. rani says:

    Mas…
    Aq lagi bingung cari aplikasi kompres lagu nich..
    biasanya cuma dapat yg trial truz g nyampe akhir lagu…( suka kepotong truz lagunya )

    boleh minta aplikasinya ga…
    hehehehhe
    plissss T_T…

    kirim ke email aku ya…

    thanks sangaddd

    Rani

  6. raya says:

    sebenernya pengen ngikutin temen temen yang make Software Sonic Foundry Sound Forge Full Crack cuma,dah dicari gak ada…………………..
    gimana sih caranya kompres lagu make cool edit 2.0
    sebelum dan sesudahnya…….
    makasih ya………………

  7. bhe2 says:

    ribet bos
    enakan pake jukeBox
    o y ada tambahan..
    untuk yang make nGage classic or make hape yang udah ada bawaan player mp3nya and biasa pake headset..birate kadang jadi no.2 setelah kualitas suara
    birate kecil dengan suara yang pas2an
    or
    birate besar dengan kualitas suara yang ajiiibuneng
    jadi untuk yang make 3650,6600(hape yang g bisa jdug2 di kuping),mending birate kecil ajah y
    dari pengalaman ngageComunity,54kbps kayanya kekecilan d
    64kbps aja treablenya d ampuuuun buat kuping
    80KBPS u/mmc512 aja bisa buat 120mp3 lebih ko
    kalo kebanyakan..kasihan hapenya dong{yg g music edition}
    salam kenal u/semua
    keep play Rock&Roll…!!!!

  8. DALEM says:

    mau gampang pake cool edit pro. 5Mb bisa jadi 500-an KB. tergantung hpnya yg penting bunyi enak. nyari pake google, crack pake google

  9. wyldans says:

    carane ben program sound edit pro iso kanggo selama-lamanya piye. tulong yo. he…he…he…:-?

  10. wanto says:

    mas yoqie, mo nanya nih? sy ingin mengedit lagu mp3, tapi dibagian reff-nya aja! software yg sy pake MP3 Audio Editor 6.6. Thanks before!!

  11. ajay says:

    tai luh kalo bikin tulisan tuh jangan nanggung2 sekalian alamat buat dowloadnya kalo tulisan begitu doang sih anak tk jg bs nulis tinggal di copy paste aja. jangan2 loe jg dapet copy paste situs laen ya tuh artikel huh cemen luh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *