Hoax Nggak Sih?

Menurut CNN,disiarkan 3 hari yang lalu bahwa lempeng bumi di australia sedang bergerak ke utara menuju asia.diperkirakan bisa bertubrukan dengan lempeng bumi di selatan pulau jawa.Diperkirakan 11 hari setelah gempa jogja, atau rabu besok(7 juni) akan adagempa dahsyat dan memungkinkan terjadinya tsunami.Mohon doanya n plis forward ke temen-temen laen, jagan sampai putus di tangan kamu.

Pernah dapet berita kayak gitu? baik dari sms, e-mail, atau omongan orang-orang? Atau contoh paling sering aku dapet tu dari message di Friendster yang mengatakan kalo sebentar lagi Friendster akan ditutup. Atau harus mengirimkan sejumlah message ke beberapa teman, kalo nggak dikirim ntar accountnya bakal dihapus dari database Friendster. Atau semacam pesan berantai, dan lain-lain.

Tapi tahukah anda? Itu adalah hoax?
Apa sih hoax? Menurut Wikipedia Indonesia, hoax adalah usaha untuk memperdaya orang-orang agar mempercayai sesuatu yang salah adalah benar. Nah.. usaha itu bisa dilakukan dengan banyak cara, antara lain mengabarkan sesuatu itu dengan cara yang heboh. Atau menyebarkan disaat situasi kritis. Seperti isu tsunami yang akan menyerang tetangga kita (Djokdja) pas ada bencana gempa kemaren. Nah berarti isu juga hoax dong? Iya lah, kalo di dunia nyata namanya ISU, kalo di dunia maya bernama HOAX.

Sekarang gimana caranya biar nggak terjebak hoax? banyak banget caranya. Jangan langsung percaya dengan berita yang nggak jelas sumbernya. Dan kalo belum tau sumbernya secara tepat dan akurat, jangan langsung menyebarkan berita itu, karena bisa menjadikan suasana yang kurang kondusif. Ya nggak Pak KRMTRSN?

Nah, sebelumnya juga bisa ngecek di website yang khusus menampung segala hoax dan menganalisanya. Ada website begitu yang berbahasa Indonesia. Yaitu http://hoax.wordpress.com/. Blog itu memuat segala hoax yang sering berhembus di sekitar kita. Coba dicek ya.. Jadi biar nggak menjadi korban hoax.

Akhir kata, jangan langsung percaya tulisan diatas, karena bisa jadi anda baru saja membaca sebuah hoax.. hehehehe….

6 thoughts on “Hoax Nggak Sih?

  1. boku_baka says:

    teman teman, ini serius.

    wordpress ini telah dipasang sebuah plugin khusus untuk mendeteksi aktivitas anda. Bila anda sudah membuka postingan ini dan tidak meninggalkan pesan, maka sebuh rutin php akan mengeksekusi perintah di server untuk memancarkan ion-ion negatif ke muka anda melalui layar monitor komputer anda. Akibatnya sangat fatal. Anda akan bisulan 7 hari 7 malam! :d

    Segerah memberi komen dan beritahu keluarga dan teman-teman yang anda cintai.

  2. pipit says:

    Mas Yogie,

    >> Blog itu memuat segala hoax yang sering berhembus di sekitar kita.

    Belum “segala” hoax kok.
    Hanya saja mulai mengkoleksi hoax2 indonesia.
    Mudah2an bermanfaat.

  3. sandynata says:

    iya nih lagi ngumpulin hoax yg bahasa endonesa ato yang made in endonesa, soalnya kebanyakan juga buatan orang luar trus ada orang endonesa yang nge-translate abis dibikin versi endonesa 🙂

  4. Yogie says:

    Planet Mars akan menjadi bintang yang paling terang mulai Agustus. Besarnya akan terlihat sebesar bulan purnama. Puncak terangnya planet ini adalah tanggal 27 Agustus ketika Mars mendekat dengan jarak sekitar 34.65M mil dari bumi. Pastikan anda memandang ke langit pada 27 Agustus jam 12:30 pagi (Sabtu setelah tengah malam). Akan terlihat seolah bumi memiliki 2 bulan.Saat berikutnya Mars akan begitu dekat dengan bumi pada tahun 2287. Sebarkan kabar ini kepada kawan-kawan anda karena TAK ADA SEORANGPUN DARI YANG HIDUP SAAT INI akan menyaksikannya lagi..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *