Karena Loenpia Lebih Enak Dimakan Bersama!

Nikmatnya Aneka Kuliner Khas Semarang

8

Semarang kaya akan berbagai menu khas dengan cita rasa yang menggoda, tidak salah jika kota yang sering disebut sebagai Kota Lumpia ini menjadi salah satu tujuan wisata kuliner di Indonesia. Jika ada teman atau keluarga Anda yang berkunjung ke Semarang saat lebaran nanti, bisa Anda ajak untuk menikmati beberapa menu khas berikut ini.

Tahu Gimbal
Tahu gimbal sesuai dengan namanya memiliki bahan utama tahu goreng dan gimbal, dilengkapi dengan rajangan kol mentah, lontong, tauge, dan telur goreng. Kenikmatannya menjadi sempurna dengan disiram sambal kacang. Sedang gimbal sendiri, bagi yang belum tahu, adalah semacam bakwan goreng yang berisi udang. Gimbal inilah yang membuat tahu gimbal menjadi khas.

Untuk mendapatkan tahu gimbal di Semarang sangat lah mudah, karena makanan ini memang banyak ditawarkan di berbagai tempat, baik di kaki lima, maupun di rumah makan. Untuk yang di kaki lima, Anda bisa mengunjungi pusat pedagang tahu gimbal yaitu di Taman KB (Keluarga Berencana) atau juga sering disebut Taman Semarang, yang terletak di Jalan Menteri Supeno tidak jauh dari Simpang Lima. Harga yang ditawarkan mulia Rp 10 ribu – Rp 15 ribu.

Soto Semarang
Selain kuahnya yang bening, Soto Semarang yang terkenal akan kesegarannya ini juga kaya akan sayuran. Beberapa Soto Semarang bahkan menggunakan tomat untuk menambah kesegarannya. “Dengan irisan tomat buah dan daun bawang di atasnya, membuat soto khas Semarang tampak segar. Ditambah dengan suwiran daging ayam yang cukup besar dan taburan bawang goreng, sedapnya langsung terasa,” jelas Pak To, salah satu pengusaha soto khas Semarang.

Banyak tempat yang menawarkan soto khas Semarang. Yang paling banyak dijumpai adalah Soto Pak No, baik di tengah kota dan di pinggiran kota, soto Pak No menawarkan sajiannya. Selain itu ada Soto Bangkong, Soto Neon, Soto Pak Man, Soto Pak Darno, Soto Pak To, Soto Bu Wid, Soto Pak Mul, dan lain sebagainya. Harga yang ditawarkan mulai Rp 3 ribu – Rp 10 ribu.

Selain dua menu di atas, masih banyak menu khas Semarang lainnya, seperti Babat Gongso, Sego Ayam, Mie Kopyok, dan petis kangkung. Untuk Babat Gongso Anda bisa mencoba di Pak Taman di Dekat Stadion Diponegoro atau di Pak Karmin di dekat Jembatan Mberok atau di Manggala.

Untuk Sego Ayam atau Nasi Ayam menu ini mudah sekali dijumpai dan kebanyakan buka saat malam. Anda bisa mencari di kawasan Simpang Lima dan di sepanjang Jalan MT Haryono. Untuk Mie Kopyok salah satu tempat yang paling banyak dikenal ada Mie Kopyok Pak Dhuhur di Jalan Tanjung. Sedang untuk Petis Kangkung, Anda bisa mencoba di RM Bu Sri di daerah Jalan Pekunden. Tentu masih banyak berbagai menu khas lainnya.

8 Comments
  1. Pete says

    enak enak enak menggoda iman

  2. bobby says

    itu yang digambar nama makanannya apa? sepertinya menggoda…

  3. niff says

    @bobby: itu sego ayam khas semarang, gurih sepertinya gambarnya… 🙂

  4. Seka says

    woh, sedap nih !!

  5. threa says

    wah gambarnya aja enak pa lgi rasanya hhhh

  6. threa says

    hemmm menggoda

  7. sutris says

    tuch nasi ayamnya hampir sama kaya nasi liwet yg da di solo ya kak….:)

  8. wing84 says

    ada lagi “janganan” yaitu pecel bagi sebutan umum diluar semarang,
    lha sing petis kangkung itu kan yang disebut “pecel kangkung”itu makanan waktu kecil dulu

Leave A Reply

Your email address will not be published.