Wisata Kereta Uap, Ambarawa

Naik kereta api sudah menjadi hal yang biasam, tetapi naik kereta uap dengan bahan bakar kayu jati dan masih mengeluarkan bunyi yang keras tentu saja tidak bisa dinikmati oleh semua orang. Di Ambarawa, tepatnya di Museum Kereta Ambarawa kita masih bisa menaiki kereta api kuno yang masih menggunakan prinsip-prinsip ketel uap temuan James Watt.


Museum kereta Ambarawa pada awalnya dikenal sebagai Stasiun Willem I, dibangun pada tanggal 21.05.1873 dan digunakan untuk mempermudah mengangkut pasukan belanda menuju Semarang. Kota Ambarawa pada waktu itu merupakan daerah militer.

Stasiun Kereta Api Ambarawa diremikan menjadi Museum Kereta Api Ambarawa pada tanggal 08.04.1978. memang aktivitas stasiun ini ditutup sejak tahun 1970-an.Di museum ini terdapat 21 lokomotif kuno yang pernah digunakan oleh tentara Indonesia didalam pertempuran dalam menghadapi tentara Belanda. Sayang sekali kondisinya saat ini kelihatan kurang terawat dan banyak penjual yang mendirikan bangunannya sembarangan sehingga mengganggu keindahan museum yang berbentuk stasiun ini.

Jalur Kereta Bergerigi
Uniknya jalur kereta yang digunakan adalah jalur kereta bergerigi. Jalur kereta bergerigi ini digunakan untuk mendaki jalur kereta yang meninggi menuju Stasiun Kereta Bedono yang berjarak sekitar 9 Km.

Dari Stasiun Ambarawa hingga Stasiun Bedono ditempuh dengan waktu sekitar 1,5 jam. Pokoknya jalur kereta ini sangat eksotis karena kita dihidangkan pemandangan gunung merbabu di kejauhan dan sawah hingga rawa pening.

Saya hitung-hitung satu gerbong kereta bisa memuat 40 penumpang dan kereta ini membawa 2 gerbong sehingga bisa mengangkut maksimal 80 penumpang. Biasanya kereta api uap ini dibuka untuk umum pada saat-saat liburan saja dengan tarif Rp. 50.000,- per orang. Kalau mau sewa juga bisa dengan biaya sewa sekitar Rp.3.200.000.

Kemarin karena ikut wisata keluarga Mbak Etty 2 gerbong kereta uap ini hanya dihuni oleh beberapa orang saja. Sungguh nikmat naik kereta api uap kuno sambil melihat alam pedesaan disamping kanan kiri kereta.

Alur kereta dari Ambarawa hingga Bedono akan diselingi dengan perhentian di Stasiun Jambu untuk dibalik arahnya. Lokomotif dipindah ke bagian belakang untuk mendorong kereta naik hingga Bedono. Selain untuk mengganti posisi lokomotif, kereta juga akan berhenti beberapa kali untuk mengisi air untuk memanasi ketel uap. Kereta berhenti sekitar 15 menit untuk mengisi air ke kereta dengan alat bantu pompa.

Lokomotif uap ini membutuhkan waktu 2,5 jam untuk memanaskan 2000 meter kubik air dalam ketel uap. Kayu bahan bakarnya juga harus dari jenis kayu yang keras, setelah panas kereta baru digerakkan dan juga memerlukan masinis handal yang mengerti proses pembakaran energi kereta kuno.

Memang kelihatannya ribet hanya untuk menaiki sebuah kereta dengan perjalanan sekitar 2,5 jam bolak balik tetapi memang pengalaman menaiki kereta uap ini jarang bisa disamai oleh pengalaman perjalanan yang lain.

Jadi kapan kamu mau mencoba?

28 thoughts on “Wisata Kereta Uap, Ambarawa

  1. dp says:

    nek masalah larang, sakjane yo ora. Sepur kluthuk Jaladara neng Sala tikete malah Rp 200.000,- rute Jebres-Purwosari.

  2. choiri says:

    old locomotive train is very famous both for domestic and overseas tourist.Even hire for old train is very expensive but many people want to get on. unique and fantastic.

  3. umank says:

    Sabtu 23 Januari baru berkunjung ke Museum KA Ambarawa.. Setelah tanya-tanya ternyata Kereta UAP harus dipesan dulu.. Nah, ada gak info tentang perjalanan Kereta Uap yang umum??

  4. Pingback: Loenpia dot net | Komunitas Blogger Semarang » Blog Archive » KoLuKa AKhir Tahun 2009

  5. herman lufie says:

    Indonesia, sebenarnya banyak memiliki alam yang indah dan keunikan-keunikan seperti wisata kereta uap ambarawa ini. Namun sayangnya, kurang promosi dan pengelolaan yang baik. Semoga kereta api uap di ambarawa ini masih bisa eksis sampai 10 tahun lagi.

  6. Vita says:

    Saya pengin ngajak anak saya naik kereta uap itu. adakah informasi kemana saya harus nelpon untuk pesan tempat KA Uap Ambarawa ?

  7. moh alip says:

    perlu kita galakan wisata sejarah terutama kereta jaman dulu yg sekarang sdh pensiun, tapi tolong tiketnya jangan mahal2

  8. wawan says:

    Baru saja aku telp. ke no museum kereta api ambarawa di 0298-591035 kata petugas yang mengangkat telepon, museum kereta api ambarawa mulai tanggal 22 Juli 2011 lalu untuk sementara ditutup untuk umum, karena sedang dilakukan renovasi total. Diperkirakan renovasi ini akan berlangsung hingga akhir tahun 2011.

  9. abdul azis says:

    Bisa minta contac person buat info pemesanan ticket&info lainnya.
    Or ada marketing salenya ga’ ya…

  10. Rafly says:

    Apakah museum ini msh buka? Ada no telepon yg lain ga? Sy cb ke 0298-591035 tulalit trs. Sy berencana bulan depan ke sana.

  11. herbayu says:

    kapan bisa kesana, untuk informasinya agak sulit didapat. kita harus bisa menjaga peninggalan sejarah bangsa ini , agar tidak sampia punah. karena itu adalah aset bangsa yang mahal harganya

  12. ucok says:

    ayo donk …. kalo ada yg tau no telp tour/travel yg bisa di hub utk kesini ??

  13. Yudi Sulistiawan says:

    saya perwakilan dari mahasiswa teknik sipil transportasi UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA,,,,saya berencana mau sewa kereta ini,,apa ada nomer resmi yang bisa aya hubungi……terimakasih

Berikan komentarmu...