Musicademia oleh Twilite Orchestra

Tidak sering di Semarang diadakan pertunjukan musik klasik dalam skala yang besar. Kemarin sore Loenpia diundang oleh Sampoerna untuk menghadiri sarasehan dalam rangka pertunjukan musicademia yang akan diselenggarakan malam hari ini di Semarang.


Musicademia adalah pertunjukan musik klasik yang diinisiasi oleh Sampoerna melalui programnya yaitu Sampoerna untuk Indonesia bekerjasama dengan Twilite Orchestra. Acara sarasehan kemarin dimulai dialog dengan penyelenggara dari pihak Sampoerna, Addie MS sebagai konduktor, Lea Simanjuntak dan Christopher Abimanyu sebagai penyanyi yang akan mempersembahkan lagu-lagu pada hari H.


Addie MS mengatakan bahwa musicademia yang sudah memasuki tahun X dalam penyelenggaraannya bertujuan untuk mendidik kalangan anak muda untuk lebih mencintai musik klasik. Dikatakan bahwa musik klasik adalah satu bahasa musik yang dapat mempersatukan perbedaan bahasa, ras dan negara.

Dalam penyelenggaraannya tahun ini musicademia mengangkat tema Bagimu Pahlawan. Musicademia mengapresiasi jasa-jasa para pahlawan di masa lalu melalui musik simfonik yang mereka gubah dan bawakan di 2 kota yaitu Palembang dan Semarang. Tiket yang dijual hanya Rp.20.000, penjualannya disumbangkan untuk para pejuang veteran yang berada di Semarang. Ibu Niken dari Sampoerna mengatakan bahwa program ini bukan untuk mencari profit tetapi memang untuk mendidik anak-anak muda untuk lebih mencintai musik simfonik.


Selanjutnya secara spontan Lea Simanjuntak sempat mempersembahkan 1 lagu dengan suara indahnya untuk lebih menghidupkan acara press conference kemarin siang.


Acara kemudian dilanjutkan dialog dengan para veteran pejuang kemerdekaan yang berdiam di Semarang. Dialog -dialog lucu banyak terjadi dengan para pejuang kemerdekaan ini terutama yang berhubungan dengan musik-musik yang menggugah semangat perjuangan mereka pada masa lampau. Mereka mengatakan bahwa lagu yang menggugah semangat mereka tidak selalu musik yang menghentak tetapi lagu yang romantis seperti selendang sutra-pun mampu menggugah semangat mereka dalam berjuang.


Secara spontan juga beberapa veteran ingin mempersembahkan lagu perjuangan yang mereka ingat pada masa lampau. Addie MS mengiringi mereka dalam pertunjukan spontan ini.

Pertunjukan yang akan diselenggarakan hari ini di Hotel Horison pada pkl.19:00 ini, tiketnya sudah sold out. 1000 tiket sudah disebarkan melalui kampus-kampus di Kota Semarang. Bagi yang ingin mendapatkan tiket, datang saja ke venue 1 atau setengah jam sebelum acara. Ada kemungkinan panitia akan menambah kapasitas pertunjukan walaupun belum pasti mengingat kapasitas ruangan.

Mari mencintai musik negeri sendiri.

9 thoughts on “Musicademia oleh Twilite Orchestra

  1. [H]Yudee says:

    siaal ….

    malem pas sebelum press conf … aku liat dimas nov …
    cuman gara-gara aku cuman blogger abal2 .. mo nyamperin kok ga kenal …

    *naksir kaos eventnyaaah*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *