Semarang dan Angkutan Umumnya

Setiap daerah, baik itu kota besar kosmopolitan atau hanya sekadar desa kecil kluthuk yang penghuninya cuma puluhan KK, pasti memiliki apa yang disebut angkutan umum. Yang sedikit berbeda dari setiap daerah mungkin adanya angkutan umum yang khas, yang tidak ada di daerah lain. Misalnya Jogja yang khas dengan dokar atau andongnya. Lalu apa yang berbeda dari Semarang tercinta ini? Kita lihat, yuk!

Yang Berbeda

Seperti kota kota lain di Indonesia, Semarang memiliki berbagi jenis angkutan umum, mulai dari bus, angkot, kopata, taksi, ojek, dan lain-lain. Lalu apa yang istimewa dari angkutan kota di Semarang? yang istimewa di kota Semarang yang sepertinya jarang ada di kota lain adalah Bus Damri AC. Kenapa penulis bilang ini berbeda? Salah satunya adalah karena baru dua kota yang penulis tahu memiliki bus AC untuk dalam kota. Yang pertama Jakarta, dan yang kedua di Semarang ini.

Bus AC untuk dalam kota, sebenarnya dimulai oleh sebuah tourism agency di Semarang yang saat itu mencoba menawarkan konsep tour bus dalam bentuk shuttlebus dengan rute mengelilingi pusat kota sampai kota lama dengan tarif antara Rp. 5000,- sampai Rp.11000,- per orang. Sayangnya konsep ini tidak didukung dengan pemasaran yang baik sehingga akhirnya shuttle bus ini mengambil rute komersil. Dari pengalaman inilah maka pihak Damri sebagai salah satu penyedia layanan angkutan umum di Semarang menyediakan bus Damri AC dengan tarif Rp.3000,- per orang.

Pengguna

Dibanding dengan Jakarta yang setiap hari macet gara-gara terlalu banyak mobil pribadi, dan Jogja yang jumlah motornya tidak terhitung, penggunaan angkutan umum di Semarang terasa lebih optimal terutama di jam sibuk. Seperti jam berangkat sekolah, jam masuk kantor, jam pulang sekolah, atau jam pulang kantor. Setidaknya sampai sekarang meskipun banyak mobil dan motor di jalan, tingkat kemacetan tidak separah kota-kota besar lain. Masyarakat kebanyakan pun sepertinya lebih senang menggunakan angkutan umum dari pada motor atau mobil pribadi, terutama untuk perjalanan yang lumayan jauh. Bisa dibilang hanya daerah-daerah tertentu yang sulit dijangkau angkot lah yang memerlukan kendaraan pribadi.

Rute

Bicara soal rute, sadar atau tidak kota Semarang memiliki rute yang cukup unik. Bila kita mengamati beberapa rute di Semarang kita bisa melihat beberapa titik yang cukup ramai di Semarang, di antaranya daerah Johar, Penggaron, Mangkang, Banyumanik dan Tugu Muda. Empat daerah sebelumnya bisa dibilang wajar karena itu merupakan terminal angkutan umum, baik angkot ataupun bus. Bagaimana dengan Tugu Muda? bisa dibilang Tugu Muda adalah daerah persimpangan rute angkutan umum. Hampir semua rute melewati titik ini. Lihat saja, rute Terboyo – Banyumanik, rute Penggaron – Mangkang, rute Terboyo – Mangkang, bahkan rute bus luar kota pun banyak juga yang melewati titik ini.

Satu hal lain yang cukup istimewa di Semarang adalah rute angkutan umum bisa dibilang rute mata angin. Artinya rute angkutan umumnya membentang Utara – Selatan dan Barat – Timur. Atau dengan kata lain angkutan dari kota bawah kebanyakan menuju kota atas, dan angkutan dari daerah timur, hampir selalu mengarah ke barat. jarang kita bisa menemukan rute di luar jalur ini. Sayangnya sampai sekarang belum ada rute yang mengelilingi seluruh wilayah Kota Semarang.

Tarif

Menikmati Semarang dari atas angkot rasanya tidak ada salahnya juga. Dengan mengeluarkan uang antara Rp. 2.000,- hingga Rp.3.500,- kita sudah bisa sampai di tempat tujuan dan sedikit berpartisipasi mengurangi polusi di kota tercinta ini.

Kinds of the Public transport:

Buses, ai???angkotai???, pedicab, ojek, taxi, and Damri AC bus

Users:

Most people in Semarang. Full on working and school hours

Routes:

Mostly from Terboyo to Mangkang, Penggaron, or Banyumanik. Some from Penggaron to Mangkang. The others are to out of town.

Cost:

Around Rp. 2000,- up to Rp. 3500,-

43 thoughts on “Semarang dan Angkutan Umumnya

  1. Agus says:

    sebenarnya rute damri ac dari mana kemana aja sih ya..? jadi penasarn..pengen coba..klo ada yang tau di posting donk..thanks ya!

  2. Pingback: Kondisi Geografis Kota Semarang

  3. VIEE says:

    hieeeee…… aq pengguna angkot sejati…..
    pny sim tapi jarang&Ga berani naik motor

    BNYK Keuntungan naik angkot…
    *bisa lihat2 keadaan kota[cocok bwt anak PWK heeeeeeee maklum baru msk PWK!!!!!!!}
    *YA pokok nya bisa lihat keadaan KOTA SEMARANG TERCINTA INIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII (:

    ngomong2 TARIF ANGKOT JANGAN DINAIKIN LAGI DOOOOOOOOOOOOOOOONGGGGGGGGGGG

  4. hery says:

    yg saya ga abs pikir, knp semua orang semarang klo bilang angkot itu adalah “DAIHATSU” pdhal klo saya liat2 merk angkot yg dipake adalah carry..atawa kijang..knp yak???hehehe…

  5. Pak Lik says:

    Utk Bung Hery, “kemungkinan” merk angkutan kota di Semarang pada awalnya cuma kendaraan bermerk “Daihatsu” saja, dan itu berlangsung cukup lama.
    Baru merk-merk lainnya spt. Suzuki, Mitsubhisi, dll muncul.

    Mungkin hampir sama klo kita menyebut sepeda motor dengan “Honda”, mesin pompa air kita kenal dengan “Sanyo”, dll.

    🙂

  6. jack says:

    he..he..dulu DAIHATSU jurusan panggung paling parah…!!kena rob soale…!! smangat..!!!

  7. agung says:

    wah kalo dibilang bus kota ac cm di 2 kota salah mbakyu….neng medan bis damri jg ac, kira2 udh setahun yg lalu kali ya…bahkan pas saya mudik lebaran tahun lalu blm liat ada damri ac
    yg heran kalo soal angkot di smg kok gak ky di kota2 besar lain ya…yg menjangkau sampai pelosok kota, kalo di jakarta bahkan angkot masuk kampung2. smg cm di jln besar aja itupun sedikit, ngetmnya lama lg
    Btw semarang skrg kok jd makin ketinggalan dr kota2 besar lain taruhlah medan…..sbg org smg sy sgt menyayangkan
    GOD BLESS SEMARANG…..!

  8. iki says:

    pemkot semarang sedang berencana buka bus rapid transit (BRT) yang rencananya melayani rute Penggaron-Mangkang PP taon 2009. Eh sayang… masih juga rencana, sopir-sopir angkot sudah pada demo!! padahal kita butuh juga angkot dengan pelayanan lebih baek

  9. aditya says:

    ada satu pertanyaan: kenapa orang semarang kalo menyebut angkutan yang orange selalu dengan nama “Daihatsu”, padahal kan belum tentu mereknya daihatsu juga? coba aja tanya ke orang semarang…. hehehe.. selamat mencoba…

  10. akhlis says:

    dear HAHA,kalo mau ke gua kreo naik aja jurusan manyaran-gunungpati.biasanya bisany warna biru.tapi emang enaknya pakai motor,lebih leluasa.ada juga kolam pemancingan NGREMBEL deket2 situ.dulu suka hangout di sono bareng temen2 kuliah(guys,miz u all..)suasananya okeh bangets.dulu aq KKN dsana,desa Kandri.gak serame Sangeh,tapi not really bad lah…yg pasti banyak anak SMA pd mbolos n ‘mbojo'(setauku pas ke sana loh..tahun 2004)

  11. akhlis says:

    oh yeah,ada lagi kesanku tentang transportasi umum sejak tahun 2001 aku mulai kenal Semarang:pengamennya itu loh…bikin bete kadang…mau di’garuk’ kasian,dibiarin kok kadang ngganggu kenyamanan(terutama pendengaran). oh ya,satu lagi,ngetem!!!dan kendaraannya banyak yang tdk layak jalan. busnya berkarat sana sini,tempat duduk sobek,asapnya hitam pekat(emisinya pasti sudah jauh di atas ambang batas!).pernah aku naek angkot di depan dekat supir.eh lha dalah,kok tiba2 kendaraannya goncang keras banget.trus berhenti.anehnya posisi dudukku lebih rendah dari supir.dan aku melihat sebuah roda menggelinding di depan….perfect!

  12. Animusparagnos says:

    Sayangnya angkot di Semarang kurang terawat dengan baik, kondisinya sebenarnya sudah tidak layak pakai.

  13. Wendi says:

    mau tanya, dari terminal Banyumanik ke SMP Negeri 27 Semarang Jl. Ngesrep Timur Raya VI/4 manggunakan angkot jalur apa, nomor berapa, warnanya apa…trims sebelumnya…

  14. dini says:

    misalkan aku turun di banyumanik terus mau ke kota naiknya apa ya selain taksi, karena pernah naik taksi mahal banget..

  15. arief says:

    mohon bantuannya segera saya mau tugas naik bis dari bogor ke semarang tempat yang dituju adalah jalan gatot subroto bagm rute kl naik dari terminal terboyo

  16. Oppopycletala says:

    Siapa dan di mana untuk menyingkat musim panas ini pada hari libur, berbagi informasi Anda.

  17. Ruslan says:

    Numpang tanya……. Kalo angkutan dari terminal terboyo menuju kampus Unnes di bendan ngisor jalan lamongan pake apa? Trim’s atas infonya

  18. lia says:

    mo nanya nieee…..
    kalo dr terboyo ke jalan depok naek angkot apa? trus kl jl depok ke terboyo pa jg sama angkotnya? tqb4.

  19. shelly says:

    Mau nanya,kalo dari jalan gergaji mau ke stasiun poncol naeknya angkutan yg apa,wrna apa sama nomer brp..
    makasih

  20. Amelia says:

    Misiii… numpang tanyaaa…

    Gan, ane mau main ke Semarang nich tgl 1-2 Juni 2013… bisa ditunjukan tak arah tempat wisata plus angkot2 nya…
    Kami tiba di stasiun tawang jam 5 subuh, rencananya mau langsung pelesiran di sekitaran stasiun tawang menuju hotel pandanaran, minta bantu donk ada area wisata apa saja di situ dan naik angkot apa aja?

    Jam 12 siang kami check in di hotel pandanaran, rencananya siang nya mau pelesiran lagi di sekitaran hotel saja, adakah tempat wisatanya? naik angkot apa saja?

    jam 6 sore kami harus berangkat ke sri ratu convention hall untuk nonton konser, dari hotel pandanaran naik angkot apa ke sri ratu? berapa lama?

    kalau bisa disertakan juga ya tarif angkotnya…

    terima kasih gan … balas secepatnya yaaa 🙂

  21. Amelia says:

    Gan, tanya lagi…

    1. kalau dari hotel pandanaran ke curug 7 bidadari jauh ga? berapa lama perjalanan? naik angkot apa? tarif nya berapa?

    2. kalau dari hotel pandanaran ke pagoda jauh ga? berapa lama perjalanan? naik angkot apa? tarif nya berapa?

    3. kalau dari hotel pandanaran ke china town jauh ga? berapa lama perjalanan? naik angkot apa? tarif nya berapa?

    hatur nuhun gan 🙂

  22. Amelia says:

    Gan, ane mau tanya lagi :

    1. kalau dari hotel pandanaran ke taman budaya raden saleh jauh ga? berapa lama perjalanan? naik angkot apa? tarif nya berapa?

    2. kalau dari hotel pandanaran ke gedung batu jauh ga? berapa lama perjalanan? naik angkot apa? tarif nya berapa?

  23. Transporter says:

    Ada solusi kok, buat single traveller. Namanya Transporter (sama kyk di pilemnya, hehe..). Cuma bedanya di pilm pake mobil, di Semarang pake sepeda motor, karena lebih mudah menghindari traffic jam, dan lebih mudah pindah2 lokasi wisata. Enaknya lagi, si ‘rider’ ini berpengalaman baik dalam berkendara, maupun sebagai tour guide. Ini nmr hp bbrp Transporter yg saya tahu: 08882526712, 085713799984, 085865551027, 08586336996 (kalo belum ganti sih..)
    Demikian sekilas info.

  24. Pingback: Kondisi Geografis Kota Semarang | Muhammad Zaki

  25. debi says:

    Di bandar lampung juga ada bis damri ber ac. Ni yg nulis cuman mondar mandir jkrta smrng doang kali ya? Jadi taunya cman jkrta smrng thok !! Hahaa

  26. intan pratiwi says:

    kak boleh nanya, kalau dari stasiun poncol ke polimarin semarang naik angkutan apa ya ? terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *