Lumpia dan Loenpia.net

posting ini untuk memenuhi janji posting tentang lumpia semarang di blog

untuk orang orang terutama yang asli semarang pasti tidak asing dengan makanan khas kota semarang yang bernama Lumpia, seperti juga para blogger semarang tidak asing dengan adanya Loenpia.net ini. tapi gak semua orang tahu kan ceritanya lumpia semarang ini sampai se ngetren sekarang.

ok deh, gini ceritanya.

dahulu kala ada seorang pedagang dari Fujian, Chinayang berdagang di pasar Johar nan besar itu saudara-saudari. nah ceritanya si pedagang ini menjual makanan yang terbuat dari babi n rebung, dibungkus kulit yang dibuat dari campuran terigu n telur (aku sih membayangkan siomay or lumpia isi babi). kebetulan di ada juga yang menjual dagangan yang mirip tapi isinya rebung ma kentang bernama mBok Wasih. cerita punya cerita bukanya bersaing dua pedagang ini malah fell in love dan married. bukan cuma orangnya saja yang menikah tapi makanannya juga ikut menikah. dan isinya di ganti dengan ikan pihi, udang dan rebung.

makanan ini lumayan banyak juga yang suka sehingga pada tahun 1971diadakanlah Olympia Park di semarang yang dihadiri dan diikuti banyak orang. dari nama Olympia/Lypia ini lah maka orang menyebut makanan hasil perkawinan dua budaya ini dengan Lumpia

lumpia sendiri dalam perkembangannya memiliki beberapa aliran. dua diantara yang saya suka adalah lumpia gang Lombok dan Lumpia Jl. Pemuda. aliran yang lain ada aliran Jl. Mataram, mantan karyawan Lumpia Jl. Pemuda, dan aliran penggemar kuliner.

pada dasarnya lumpia Gg. Lombok, Jl. Pemuda, dan Mataram berasal dari satu generasi Lumpia asli semarang.

yang pertama adalah Lumpia Gg. Lombok. pemiliknya bernama Swim Swie Kiem merupakan generasi ketiga dari Lumpia asli. lokasi tepatnya di Gg. Lombok no 11 dekat dengan sebuah klenteng (lupa namanya). tempatnya agak kecil tapi ngantri kalau mau beli. sebuah lumpia isi campuran udang telur, dan rebung bisa di dapat dengan harga Rp. 7000,- lumpia ini (menurut saya) yang paling enak karena rasanya tidak eneg meskipun besar. terutama lumpia basahnya.

yang ke dua adalah lumpia mataram. pengelolanya, Budi Jatmiko dan Widyo Susanto adalah keponakan dari pemilik Lumpia Gg. Lombok. letak tepatnya tentu saja di Jl. Mataram di bawah papan reklame Sampoerna Mild di depan sebuah bengkel. isi dan harganya sama dengan Lumpia Gg. Lombok.

yang ketiga adalah Lumpia Jl. Pemuda. yang satu ini dikelola oleh mBak Lien dan Pak Edy yang juga masih keponakan dari pemilik Lumpia Gg. Lombok. seperti juga lumpia yang lain warung Lumpia ini ada di Jl. Pemuda tepatnya di sebuah gang depan Sri Ratu Pemuda. menyajikan Lumpia yang sama dan harga yang sama pula. bedanya rasa dari Lumpia Pemuda ini lebih “njawani” karena sedikit manis.

trus apa hubungannya ma Loenpia[dot]net?
yang pertama tentu saja karena saya nulisnya di Loenpia.net
yang kedua karena jelas jelas sama sam dari semarang, wong namanya juga mirip
ke tiga sama sama enak di lidah dan di perut.

Nah, jadi siapa yang mau mencoba atau beli? jangan lupa kirim kirim ke rumah saya yach……………………..

NB: buat yang ngedit tolong cariin gambar lumpianya ya dah diusir dari perwil ki.

*udah tuh*

33 thoughts on “Lumpia dan Loenpia.net

  1. Asep BS says:

    teman saya, wartawan dari bandung, adityas anas ashari, selalu ngiler bila denger lumpia. setiap dengar kata semarang langsung terbayang sesosok lumpia, katanya. makanya waktu kami mau ke jepang bersama september lalu bahkan dia minta dibawain lumpia. begitu tak kasihno, langsung dibabat habis. padahal jumlahnya sekitar delapan potong medium rasa udang dan ayam. saya cuma disuruh memenin makan satu potong. hidup lonepia

  2. key _v says:

    Enak lagi… kalo Loenpia[dot]Net bikin Lunpia yang super besar seukuran manusia dewasa ato yang lebih G-de lagi biar nanti bisa dimakan warga semarang bareng-bareng….+ bisa nambahin daftar panjang buku hariannya MURI /// Hebat Tuh…

  3. lia aja says:

    😡 mank makanan kas atu ini paling enak se indonesia, ga ada duanya suiiiiip tenan:)>-

    aq kangen ma lumpia smg, ntar klu pulang ke smg beli ach bwt temen2 disini

  4. ateenk says:

    😮 ma yogi piye kabare….eh di semarang hujan terus ya….
    bu yuni nyariin saya ya…..,aku sekarang di jakarta nich…..pergi ga bilang bilang jadi di cariin terus….

  5. pututik says:

    Saya belum sempat bergabung dengan situs ini kayaknya, maaf saya juga dari semarang lho *ampuuun siapa yang tanya* segera pututik akan bergabung

  6. loenpia mbak lien says:

    loenpia mbak lien “halal”. keistimewaan rasanya terletak pada resep loenpianya. memang hanya ada 1 rasa, tapi diformulasi sangat detail dengan tidak meninggalkan ciri khas semarangan. mampir dan coba ya…

  7. Emilie says:

    Di Jakarta ada lumpia semarang yang enak, rebungnya tidak bau pesing dan penyajiannya lebih bagus baik dari penampilan maupun bungkusnya. Rasa kalau menurut saya sih lebih enak banget cuma memang lebih kecil, tapi yg penting rasanya kan? Lokasinya di Bendungan Jatiluhur (Bend Hil) kalau gak salah sebelah Dr.Kulit Titik Moertolo.

  8. Deviana Aryanti says:

    Aku pengen tahu apakah yang dijalan Lombok tu Lumpianya halal gak ya ? Sebab dari beberapa tulisan dibeberapa tempat katanya gak halal .. Thx

  9. cella says:

    ada lunpia semarang wenaaak nih..
    di jalan kedungdoro, tepatnya di seberangnya toko Sinar Yong..
    namanya Loenpia Semarang Ny. Giok
    wah..bakal ketagihan deh setelah cobain..aq aja ga bisa berenti kalo maem ini..ha9
    walopun tempat jualnya sederrrhana bgt,tp rasanya..nyem3!!
    dnger2, katanya mereka maw ikut pameraya makanan di Gramedi Expo tanggal 2-5 Juli 2009
    mereka juga terima pesanan vegetarian loh..
    pesan/butuh info lbh lanjut??telp aja di 031-7406416 & 081615142570
    Buruaaaan!!rugi kalo ga coba!!

  10. Tea says:

    BAru tau site ini. Asyik juga ngomongin lumpia. Walaupun suka tapi agak jarang makan. Padahal aku orang semarang asli. Yang aku kurang suka itu minyaknya. Karena lumpia biasanya digoreng dengan sistem deep frying. Jadi takut muka tambah berminyak ajahh… hehe…

    Buat yang pengen konsultasi gizi dan tanya jawab tentang diet secara gratis, silahkan kunjungi http://www.konsultasidiet.blogspot.com

    Salam kenal….

  11. Retno says:

    Wuihh jadi ngiler kalo ngomongin lumpia. Sayang di bontang/kaltim lumpiax gak seenak dr smg. Cuti lebaran nanti rasanya lumpia akan mjd salah satu kuliner yg akan aku buru.

  12. sisi says:

    Guys,

    Mau tanya nih.. ada yg tau supplier kulit lumpia semarang di Surabaya?
    Gw coba telpon ke yg di kedung doro Ny. Giok itu, ga jual kulitnya, cuma jual lumpianya..

    thanks guys!

  13. fei-fei says:

    Di Surabaya ada yang jual lumpia frozen juga loh….rasanya alami tanpa msg, tanpa pengawet, tinggal digoreng aja, praktis sekali, khususnya untuk pekerja seperti saya,ada saos mayo juga yang difrozen….enyakk deh….nih telp-nya 031-91558922, 085860848803

  14. reina says:

    Kalo a biasa beli kulit lumpianya di Petemon Barat 110,di seberang klinik dokter, kulitnya fresh from the oven….dijamin tanpa pengawet, tipizzz kayak kain..

  15. bunny says:

    ada yg punya no telp pedagang/produsen kulit lumpia gak?
    aku butuh banget neh.. kalo ada yg tau, plis sms ke 083 114 017 672

  16. bayu says:

    Bgi agan/sis yg membutuhkan kulit lumpia harap hubungin saya adlh suplayer kulit lumpia bertempat di palembang ni no hp gw 089654851210

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *