Menyembunyikan File Dari Pengintip

Pernahkah anda mempunyai file-file penting? file penting disini tidak terbatas hanya file ketikan, skripsi, atau yang lain. Gambar dan foto juga termasuk file penting bukan? apalagi kalo (maaf) gambar porno alias bokep.

Pasti anda nggak mau koleksi foto-foto anda diketahui oleh orang lain bukan? terutama diketahui oleh keluarga anda khan? wah bisa jadi berabe kalo misalnya sampe ketahuan. Apalagi kalo komputernya bukan personal, melainkan milik umum, yang hanya dibatasi oleh account atow folder yang di password. Kalo account dan password folder sih gampang dijebol, pake tools yang tepat dalam waktu kurang dari 5 menit pasti sudah terbuka. Dan si pengintip akan tau apa saja yang anda simpan.

Nah untuk mengatasi hal itu, saya memiliki trik yang cukup ampuh untuk (hanya) mengelabui para pengintip-pengintip iseng itu. Apalagi para pengintip itu biasanya nggak memiliki kemampuan tentang komputer, kalaupun tau ya hanya sedikit.. maklum, kerjaannya khan cuma ngintip punya orang aja, jadi nggak ada waktu untuk belajar.

Nah, caranya adalah dengan mengganti ekstensi file-nya.
Contoh..
Misal saya punya file gambar berjilbab-nya mbak Sarah Azhari (sarah.jpg), tapi karena saya khawatir ketahuan ama temen saya, maka saya ganti nama file-nya jadi = sarah.zip

Dan, berhasil!!! file yang tadinya berupa gambar, berubah jadi file zip, yang kalo dibuka tidak akan bisa, karena winzip tidak bisa meng-ekstraknya, khan ini sebenernya bukan file yang dikompress..

Lalu ini juga berguna bagi anda yang ingin mengirimkan attachment e-mail berupa file aplikasi. Kebanyakan mail server akan mem-blok file yang berekstensi .exe, karena bisa diindikasikan sebagai virus, maka dari itu, sebelum anda meng-attach, ubahlah file aplikasi anda jadi ekstensi lain, misalnya program.exe menjadi program.txt. Biasanya sih lolos dari scanning mail server, tapi tidak dijamin lhooo…

Kalo anda menggunakan Windows XP, anda tidak bisa langsung mengubah ekstensi file anda, karena secara default Windows XP akan menyembunyikan ekstensi file anda, untuk mengatasi hal itu, anda bisa masuk ke menu Tools -> Folder Option -> Tab View. Kemudian un-check pilihan “Hide extensions for know file types”. Nah sekarang anda bisa mengubah file anda menjadi ekstensi lain. Tapi jangan sampe lupa ekstensi aslinya lhoo.. karena bila anda ingin membuka file anda lagi, anda harus mengembalikan ke ekstensi semula.

14 thoughts on “Menyembunyikan File Dari Pengintip

  1. Yogie says:

    hihihi….
    ntar kalo ditaroh dibawah kasur bisa penyok doong..
    trus kalo kangen ama koleksinya gimana??
    hihhi…

  2. fian says:

    kalau aku sich sepandai-pandainya tupai melompat pasti pernah kepleset kok hehehe
    masalah file tersembunyi mending di simpan di flasdisk dan di password lagian flasdisk kita kan ga mungkin di pinjamkan, meski pun di pinjam pasti kita tau jadi file rahasia kita bisa secret ditangan kita terus hehehe….

  3. oppie_matthew says:

    Lha… aku tuh orang yang pelupa, kalo dah aku buat jadi .zip trus nyampur ama file .zip beneran gimana donk. apalagi kalo aku lupa pernah ngerubah file ini jadi .zip, bisa pusing neh…. hehehe. lebih pusing dari pada file kita kebuka ma orang 😛

  4. lovepassword says:

    Kalo ada program semacam ACD See, langsung ketahuan kalo itu gambar atau bukan soalnya thumbnailnya ditampilkan. Kalo gambar jpg diubah zip maka gambar thumbnailnya masih ada. Masih kelihatan kalo itu gambar. Cara lain mengatasi tipuan model begini adalah dengan memakai pembuka file universal : Program yang bisa membuka berbagai macam file. Kalo lebih niat lagi dilihat headernya sangat mungkin juga akan ketahuan. Tapi emang ribet sih.

    Ide bagus, tapi akan lebih bagus lagi bila dikombinasikan dengan proteksi lain.

    SALAM
    GBU

    lovepassword say peace

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *