Masjid Agung Jawa Tengah

mesjid agung

Beberapa waktu yang lalu, Aku, Dendi dan beberapa teman mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid Agung Jawa Tengah terletak di Jalan Gajah, tak susah kok untuk menemukannya, dari jauhpun menaranya sudah keliahatan. Saking besarnya masjid ini, pertama kali ke sini agak bingung juga navigasinya, bahkan untuk sholat saja bingung, nih dimana sih ya?.. hehe dasar ndeso. Tapi lama-kelamaan hafal juga, apalagi setelah melihat keseluruhan bangunan ini dari atas menaranya.

Masjid ini sudah lebih dari setahun yang lalu dibuka dan telah digunakan untuk shalat Idul Fitri 1024 H yang lalu, walau demikian hingga sampai saat ini proses pembangunannya masih terus berlangsung. Pada halaman depannya saat ini sedang dipasang tiang-tiang raksasa untuk payung masjid. Menaranya juga masih dalam proses penyempurnaan. Menara Masjid Agung Jateng ini setinggi 99 meter atau equal dengan bangunan berlantai 19. Rencananya di lantai 2 menara itu akan dipakai sebagai perpustakaan untuk literatur Islam, sedangkan di lantai yang lain lagi akan dipakai sebagai musium kebudayaan Islam. Kita bisa naik sampai ke puncak menara dengan naik lift dan membayar Rp.2000,-. Sesampainya diatas pemandangannya benar-benar memukau, semakin menyadarkan kita akan keagungan-Nya. Suasananya segar, anginnya gila-gilaan, lain sekali ketika di dibawah yang panas ketika siang. Di puncak menara tersebut juga terdapat teropong-teropong pandang yang canggih. Kota Semarang bisa terlihat dari sana, sampai kapal yang hendak berlabuh di pelabuhan pun terlihat jelas. Untuk menggunakan teropong itu kita harus membayar Rp.1000,- untuk 1,5 menit pemakaian. Pokoknya kalau berkunjung ke Masjid Agung, sempatkanlah untuk naik ke menaranya ya.

mesjid agung
Full View: Barulah ketahuan bentuk bangunan keseluruhan Masjid Agung ini. megah ya.

Untuk Foto2 lainnya, klik link “Selengkapnya..”

mesjid agung under construction
Under Construction : Pemasangan payung-payung elektronik raksasa

mimbar mesjid agung
Mimbar : Bagian dalam dari ruangan utama Masjid Agung

mushaf mesjid agung
Mushaf : Mushaf Alqur’an raksasa yang ditulis oleh Drs. Hayat dari Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo

bedug mesjid agung
Bedug : Bedug Ijo Mangunsari yang ada di ruangan utama, di halaman juga ada bedug lain sih.

menara mesjid agung
Menara : Menara Masjid Agung, dilihat dari halaman utama.

pandangan dari menara mesjid agung
Viewtifull! : Pandangan dari puncak menara… ya noise gambar yang disebelah kanan itu sengaja hehehe.. :-p

77 thoughts on “Masjid Agung Jawa Tengah

  1. Hanie says:

    Assalamu’alaikum semua..

    Wah,,wah,,masjid yg satu ini patut diacungi jempoL deh!

    Pernah beberapa kali kesana, dari pas jaman masih awal2 dibangun sampe pas udah jadi, wuiiih..makin takjub aja, SubhanAllah..! Ga ada matinya deh!! :)>-
    View-nya oke banget, apa lagi pas habis subuh,fiuh..kolaborasi siluet langit yg kemerahan + nuansa cahaya menara masjid yg masih terlihat keperakan di langit yg masih sedikit gelap oke banget!! Hehehe…

    Gw pernah denger penjelasan ttg filosofi bangunan mesjid ini,ternyata dalem banget bo’!
    Beneran deh, masjid ini ga cuma keren dari tampangnya aja, tapi juga maknanya, hehe..

    Anw,buat temen2 yg pengen tau/belajar arsitek masjid lebih banyak, dateng aja ke:

    http://www.arsitekturislam.multiply.com

  2. IQTIROBUL FUDLLA says:

    assalamualaikum
    aq mau tanya gimana cara mengkopi lagu-lagu sholawat dari radio DAIS. alangkah baiknya dais mempunyai website sendiri dan menyediakan lagu-lagu sholawat agar kita semua bisa mengisi MP3 kita dengan lantunan-lantunan sholawat.
    I 😡 DAIS

  3. Dahlia says:

    Hallo there…

    Perkenalkan saya Dahlia, saat ini saya sedang membuat modul pelajaran IPS SD kelas 5 yang membahas tentang kerajaan Islam Indonesia.
    Untuk modul itu saya membutuhkan gambar-gambar Masjid Agung ini yang beratap tumpang dengan kubah diatasnya, juga menaranya, sekaligus tampak dalam masjid yang menampilkan Mihrab dan Mimbar.

    Bolehkah saya meminta foto-foto digital Masjid Agung yang saya butuhkan tersebut dari Mas Budiyono (betul namanya?)?
    Modul ini tidak untuk dijual, tapi untuk digunakan internal di sekolah saya saja.
    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

    Dahliani – dahlianis@yahoo.com

  4. Subiyantoro says:

    Assalamu’alaikum

    9 tahun merantau di Bandung, kemarin Lebaran pulang mampir ke MAJT, sampai gak percaya di kota kelahiranku ada masjid semegah itu. Bagus banget, cuma sayang saat sholat kok sepi ya jamaahnya ?
    Usul ke pengurus nih, tata tertib yang sudah terpasang kurang terlihat dari luar, jadi bisa saja orang setelah melewati batas suci baru tahu aturan-aturannya.
    Yang kedua, wanita yg sedang haid tidak diperbolehkan masuk. Tapi jika dari arah parkir langsung naik ke atas (yang ada payungnya tuh)via tangga petugas tidak akan tahu. So aturannya sebaiknya diletakkan di batas area suci.
    Ketiga, penjaga lokernya harus selalu standby dong, biar pas ada yang mau nitip sandal dll bisa terlayani dengan baik.

    Kesimpulannya sih, aku pengen balik lagi ke Semarang kalau liburan ntar. Tahun ini Lebaran yang berkesan bis ake MAJT selain menikmati kemacetan di jalan.Buat pengunjung yang bawa anak kecil tolong dijaga juga ya, suaya gak gaduh, gak makan didalam area sholat dan yang satu ini nih…jangan sampai ngompol di situ, Pak Bu tolong diawasi putra-putrinya…kalau mau wisata diluar area sholat saja.

    Trims sudah boleh mampir di blognya.

  5. aji says:

    Bro n Sis, numpang nanya Ibu Siti Chalimah Fadridjah yang Deputi Gubernur Bank Indonesia itu kan bikin mesjid di Semarang, ada yang tahu gak namanya apa?

    thx kalau ada yang jawab…

  6. RIYA LINTANTINA says:

    seneng jawa tengah memiliki masjid yg sangat megah….klo berada disana seperti berada d tanah suci….hehehe….tanah suci indonesia.

  7. soff says:

    masjid agund semarang bukan tempat ibadah,tp kok tempat mesum, gimana sih,tlg bagian satpam,klo tau ada yang cium2 an langsung aja di telanjangin sekalian okey,,,,

  8. arief says:

    saya bangga menjadi orang semarang karena orang semarang mempunyai masjid yang begitu megah,tetapi saya sangat kecewa kalau masjid agung semarang kurang bisa menciptakan suasana yang islami, saran saya untuk remaja kota semarang ambilah contoh para ulama semarang yang terkenal dengan para wali yang hafal al qur’an dan jadikan masjid agung semarang dengan suasana yang islami dan qur’ani. maju terus semarang…!!

  9. Satyani says:

    Wah kalo liat smua foto keren bgt…bangunannya gak kalah ma bangunan dunia. Setau aku Arsiteknya adalah anak bangsa IR. Achmad Fanani, dulu beliau lulusan UGM Jogja… Ternyata Made in Indonesia gk kalah ya sm Made in Luar.. 🙂 Bravo Pak Fanani

  10. dedy says:

    Mas-mas akau dr Jakarta Sekitar bulan Juni ato Juli mao wisata rohani ke MAJ, boleh minta tolong sama mas-mas alamat dan No. telp. MAJT dan tempat2 nginap di Semarang. Nuwun

  11. wong benda says:

    Indah,,,,,,memang indah,,,,,,bagus memang bagus,,,,,,,,
    apa masjid hanya indah?????
    apa masjid hanya bersih??????
    yah pasti tidak donk,,,,,,,
    masjid agung semarang yang harusnya buat sholat,,,,,,,jama’ahnya buanyak,,,
    dan dijaga kesucian serta ketertibannya,,,,,
    masjid buat nongkrong,,,,,,,pacaran lagi,,,,,,na’udzubillah mindzalik,,,,,,,
    berkunjung si berkunjung,,,,,,tapi buat apa berkunjung kalo waktunya sholat tidak sholat,,,,,,bagaimana solusinya dong?????????????

  12. Joe Tail says:

    sebuah informasi yang sangat inovatif dan merupakan sebuah ide yang menarik untuk dipelajari, dan saya sangat senang dengan tulisan anda yang membuat saya selalu belajar dan belajar, terima kasih atas ide dan kreasinya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *